11.11.21

 

TIPS MENJAGA KESEHATAN MENTAL

 

Tulisan untuk Ujian Mid Psikologi Inovasi yang diampu oleh 

 

Dr. Arundati Shinta, MA.

 

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta 

 

WINDYANGRENI MIKA / 19310410047

Kelas A



Kesehatan mental merupakan sebuah kondisi dimana individu terbebas dari segala bentuk gejala-gejala gangguan mental. Individu yang sehat secara mental dapat berfungsi secara normal dalam menjalankan hidupnya khususnya saat menyesuaikan diri untuk menghadapi masalah-masalah yang akan ditemui sepanjang hidup seseorang dengan menggunakan kemampuan pengolahan stres. Kesehatan mental adalah hal penting yang seharusnya dapat sangat diperhatikan, sama seperti menjaga kesehatan fisik. Karena kondisi kestabilan kesehatan mental dan fisik harus saling diperhatikan karena keduanya sama-sama mempengaruhi. Gangguan kesehatan mental bukanlah sebuah keluhan yang hanya akan diperoleh dari garis keturunan saja, karena saat kita merakan stress berlebih, maka akan berdampak pada gangguan kesehatan mental. Pieper dan Uden (2006) mengatakan bahwa kesehatan mental adalah suatu keadaan dimana seseorang tidak mengalami perasaan bersalah terhadap dirinya sendiri, memiliki estimasi yang realistis terhadap dirinya sendiri dan dapat menerima kekurangan dan kelemahannya, kemampuan menghadapi masalah-masalah dalam hidupnya, memiliki kepuasan dalam kehidupan sosialnya serta memiliki kebahagiaan dalam hidupnya.

Jika kita melihat dari data penderida Kesehatan mental, berdasarkan Data Riskesdas tahun 2007 diketahui bahwa maka di Indonesia sendiri prevalensi gangguan mental emosional seperti gangguan kecemasan dan depresi sebesar 11,6% dari populasi orang dewasa. Berarti dengan jumlah populasi orang dewasa Indonesia lebih kurang 150.000.000 ada 1.740.000 orang saat ini mengalami gangguan mental emosional (Depkes, 2007). Hingga saat ini masih sangat banyak orang yang menyepelehkan mengenai penyakit mental, dan bahkan orang-orang dengan gangguan mental tersebut malah dikucilkan dan dianggap seprti orang aneh. Setiap individu seharusnya dapat menjaga dan menyadari pentingnya kesehatan mental nya. Lalu upaya apa saja yang dapat dilakukan untuk dapat menjaga kesehatan mentalnya, beberapa diantaranya yaitu:

1.     Katakan hal positif kepada diri sendiri. Karena cara kita dalam berpikir tentang diri sendiri dapat memiliki efek yang kuat pada kejiwaan kamu. Ketika kita memandang diri kita dan hidup kita secara negatif, maka kita juga merasakan efek negatifnya. Sebaliknya, jika membiasakan diri menggunakan kata-kata yang membuat lebih positif, maka hal ini membuat kamu lebih optimis.

2.     Olahraga. Saat berolahraga saat itu tubuh akan melepaskan endorfin yang membantu menyingkirkan stres dan meningkatkan suasana hati kamu sebelum dan sesudah berolahraga, itulah sebabnya olahraga adalah cara penangkal stres, kecemasan, dan depresi yang ampuh.

3.     Pahami kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Setiap individu adalah unik, yang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jadi dengan memahami letak kekurangan dan kelebihan kita, maka akan membuat kita mensyukuri semua itu.

4.     Selalu berfikir positif/Berhenti berfikir berlebihan. Dengan berhenti berfikir berlebihan akan membuat kita semakin kepikiran, karen itu sebaiknya tetaplah berfikir positif terhadap setiap hal yang terjadi untuk menghindari fikiran berat dan stress.

5.     Membangun relasi sosial. Dengan membangun hubungan baik dengan orang lain bisa membantu kita dalam menjaga kesehatan mental. Karena terhubung dengan orang dapat meningkatkan harga diri, memberikan kesempatan berbagai pengalaman positif, sampai memberikan dukungan emosional.

6.     Ceritakan masalah kepada orang lain. Dengan menceritakan setiap masalah kita kepada orang lain, maka akan membantu kita untuk meringankan beban pikiran.

Menjaga kesehtan mental sama dengan menunjukkan kecintaan kita terhadap diri sendiri. Karena itu untuk menjaga kesehata mental dapat kita lakukan dengan beberapa cara sederhana diatas. Namun jika sudah mulai merasakan dampak yang lebih berat lagi, sebaiknya untuk berkonsultasi atau menghubungi psikiater atau psikolog terdekat.

SUMBER: 

https://books.google.com/bookshl=en&lr=&id=Gan8DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=PENGERTIAN+KESEHATAN+MENTAL&ots=4dN4PYXgH1&sig=Euy4cIuSGvQlx_4BKd9K_Iq_rXk

Putri, A. W., Wibhawa, B., & Gutama, A. S. (2015). Kesehatan mental masyarakat Indonesia (pengetahuan, dan keterbukaan masyarakat terhadap gangguan kesehatan mental). Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2)

0 komentar:

Posting Komentar