11.11.21

Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

 Ujian Mid Semester Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, MA

Bayu Pratama / 19310410022

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Masa pendemi seperti sekarang ini membuat pikiran menjadin tidak tenang. Baik memikirkan bagaimana menjaga kesehatan fisik maupun mental agar tetap terjaga. Kesehatan mental sendiri sangatlah penting. Kondisi mental yang sehat membuat individu bisa berpikiran jernih, menyelesaikan masalah dengan baik dan selalu produktif walaupun dalam keadaan pandemi. Menurut World Health Organization (WHO), kesehatan mental merupakan keadaan sejahtera secara fisik, mental, dan sosial, bukan hanya ketidakhadiran suatu penyakit, yang meliputi penilaian subjektif terhadap kesejahteraan psikologis, efikasi diri, otonomi, dan aktualisasi diri seorang individu. Mental Health Foundation mengungkapkan bahwa kesehatan mental yang baik itu apabila kita mampu memanfaatkan potensi diri dengan baik, mampu mengatasi kehidupan, dan mampu memainkan peran penuh dalam hubungan sosial. Sebenarnya, kesehatan mental dengan kesehatan fisik itu saling berkaitan. Apabila kesehatan mentalnya mengalami gangguan, maka akan berpengaruh terhadap kesehatan fisiknya.

Menjaga kesehatan mental agar tetap terjaga merupakan tanggung jawab dari setiap individu. Menurut Dewi, dkk (2021) saat ini kegiatan positif sangat dibutuhkan dimasa pandemi COVID-19 untuk menjaga stabilitas mental seseorang. Ada banyak hal positif yang masih bisa kita lakukan meski berada dalam kondisi pandemi. Olahraga secara rutin, pola makan yang sehat, memilah milah informasi dan menjalin komunikasi merupakan beberapa hal yang bisa dilakukan.

Olahraga secara rutin sangat membantu membuat fisik menjadi lebih kuat. Olahraga juga bisa menjadi sarana untuk melepaskan stress maupun pemikiran negatif. Fisik dan pemikiran yang baik individu akan lebih produktif melakukan aktivitas bekerja maupun belajar. Selain olahraga, kebutuhan nutrisi yang baik ataupun pola makan yang sehat akan membantu meningkatkan imun tubuh dan meningkatkan fungsi otak untuk berpikir dengan optimal. Makanan yang sehat berpengaruh dengan mental yang sehat.

Memilih ataupun menyaring informasi yang beredar baik itu dari sosial media maupun dari lingkungan terdekat sangatlah penting, karena sekarang ini banyak beredak hoax atau berita yang tidak benar. Dengan memilih informasi yang valid dan jelas kebenarannya akan membuat tidak mudah terpengaruh ddengan berita-berita yang beredar sehingga kesehatan mental tetap terjaga. Menjalin komunikasi dan menjaga pergaulan yang positif tentu sangat membantu terjaganya kesehatan mental. Lingkungan pergaulan mempunyai pengaruh besar terhadap kondisi kesehatan mental.

Kesehatan mental sangatlah penting, dengan menyadari betapa pentingnya kesehatan mental perlu dilakukan upaya-upaya untuk menjaganya. Dengan kesehatan mental yang baik fisik juga akan menjadi baik karena kebanyakan penyakit datang dari pikiran yang tidak sehat kemudian membuat kondisi fisik menjadi drop. Kesehatan mental yang baik membuat protiktifitas semakin meningkat.



Referensi :

Dewi, dkk. (2021). Mengembangkan Kreativitas Pada Masa Pandemi COVID-19 Melalui Kegiatan Positif Di Rumah Pintar Al-Ikhlas Jakarta Raya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Kreasi Mahasiswa Manajemen, Vol. 1 No. 2. ISSN: 2775-6076.

World Health Organization. Mental Health: A State of Well-Being. Diakses dari https://www.who.int/ diakses pada 11 November 2021



0 komentar:

Posting Komentar