11.11.21

MENJAGA KESEHATAN MENTAL KITA

Essay 3  Persyaratan Ulangan Tengah Semester


 Psikologi Manajemen dan Organisasi

 

Semester Ganjil 2021/2022


Imanuel Deo S./ 20310410023

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu : Dr., Arundati Shinta, M.A 



     Kesehatan mental merupakan komponen internal yang sangat penting dari kesehatan.  WHO menyatakan: "Kesehatan adalah keadaan sejahtera fisik, mental dan sosial yang utuh dan bukan hanya bebas dari penyakit atau kelemahan."  Implikasi penting dari definisi ini adalah bahwa kesehatan mental lebih dari sekedar tiada gangguan atau cacat mental. Kesehatan mental adalah keadaan sehat dimana individu menyadari kemampuannya, dapat mengatasi tekanan hidup, dapat bekerja secara produktif dan mampu memberikan kontribusi kepada antarn personal. Kesehatan mental adalah dasar bagi kemampuan individu  sebagai manusia untuk berpikir, beremosi, berinteraksi satu sama lain, mencari nafkah dan menikmati hidup.  Kesehatan mental mencakup kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial kita.  Itu mempengaruhi cara kita berpikir, merasa, dan bertindak. Ini juga membantu menentukan bagaimana kita menangani stres, berhubungan dengan orang lain, dan membuat pilihan. Kesehatan mental penting pada setiap tahap kehidupan, dari masa kanak-kanak, remaja hingga dewasa.

     Kesehatan mental merupakan komponen yang sama pentingnya dari kesehatan secara menyeluruh dalam tubuh kita. Misalnya saja depresi meningkatkan risiko berbagai jenis masalah kesehatan fisik, terutama kondisi jangka panjang seperti diabetes, penyakit jantung, dan stroke. Demikian pula, adanya kondisi kronis dapat meningkatkan risiko penyakit mental. Penting untuk diingat bahwa kesehatan mental seseorang dapat berubah seiring berjalannya waktu, tergantung pada banyak faktor.  Ketika tuntutan yang dihadapi pada seseorang melebihi sumber daya dan kemampuan maka, kesehatan mental mereka dapat terganggu.  Misalnya, jika seseorang bekerja berjam-jam, atau mengalami kesulitan ekonomi, mereka mungkin mengalami permasalahan pada kesehatan mental mereka.

     Maka dari itu kesehatan mental merupakan salah satu faktor penting dalam hidup ini dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Banyak cara kita untuk menjaga bahkan membangun agar kesehatan mental kita terjaga. Apabila kesehatan mental tidak kita jaga maka akan sangat sulit untuk menjalani aktifitas sehari-hari dalam hidup ini. Intinya tidak hanya kesehatan fisik saja yang patut kita pertahankan dan kita jaga, tetapi juga kesehatan mental kita. Berikut beberapa cara untuk menjaga kesehatan mental kita agar tetap sehat dan terjaga. Yang pertama ialah tidur efektif, tidur dengan masalah kesehatan sangat berkaitan, kurang tidur dapat meningkatkan risiko kesehatan yang buruk, dan kesehatan yang buruk dapat mempersulit tidur, gangguan tidur bisa menjadi salah satu tanda pertama dari ketidaknyamanan, pada masalah kesehatan mental yang umum seperti kecemasan dan depresi seringkali dapat terjadi karena kurang tidur.  Yang kedua, menjaga pola makan, ya makanan adalah salah satu faktor penunjang kesehatan mental, apabila kita dapat menjaga pola makan dengan teratur kita juga bisa menjaga mood atau perasaan kita agar tetap baik, perasaan yang baik akan berpengaruh pula pada kesehatan mental kita. Yang ketiga adalah menghindari merokok, minum minuman beralkohol, dan mengonsumsi obat-obatan terlarang, faktor ini jelas mempengaruhi kesehatan mental kita, tidak hanya kesehatan mental kita saja yang akan terganggu tapi juga kesehatan fisik kita dalam tubuh ini, jauhi ini agar tubuh kita tetap fresh dan pikiran kita tetap jernih. Yang keempat adalah dapatkan sinar Matahari, faktor ini juga tidak kalah pentingnya karena sinar Matahari dapat memberikan kita banyak manfaat terutama mendapatkan vitamin-vitamin yang berguna untuk ketahanan tubuh kita, sinar Matahari juga baik untuk menjaga pikiran kita agar tetap fresh. Dan yang terakhir adalah selalu terhubung dengan orang lain dan bersosialisasi, faktor ini penting untuk menjaga ketahanan kesehatan mental kita, karena kodratnya manusia adalah makhluk sosial, dimana membutuhkan peran dan bantuan orang lain untuk hidup, apabila kita hidup sendiri mustahil semua masalah hidup akan terselesaikan.

 

Sumber referensi :

https://promkes.kemkes.go.id/pengertian-kesehatan-mental

https://www.halodoc.com/kesehatan/kesehatan-mental

 

 

 

 


0 komentar:

Posting Komentar