10.11.21

TIPS DAN TRIK : MENJAGA KESEHATAN MENTAL

Ujian Mid Psikologi Inovasi Semester Ganjil 2021/2022

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, MA

IMELTA INDRIYANI ALFIAH / 19310410062 (Kelas A)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Pandemi Covid-19 telah membuat banyak orang, hampir dari semua kelompok umur di berbagai negara, terpaksa menjalani kebiasaan baru yang berpotensi meruntuhkan kesehatan mental. Kesehatan mental menurut seorang ahli kesehatan Merriam Webster, merupakan suatu keadaan emosional dan psikologis yang baik, dimana individu dapat memanfaatkan kemampuan kognisi dan emosi berfungsi dalam komunitasnya, dan memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari (Dewi dalam Zulkarnain dan Fatimah, 2019). Berikut beberapa cara menjaga kesehatan mental yang perlu dilakukan setiap hari:

 

1.      Bangun relasi yang sehat dan positif

Membangun hubungan baik dengan orang lain bisa membantu menjaga kesehatan mental.Terhubung dengan orang dapat meningkatkan harga diri, memberikan kesempatan berbagai pengalaman positif, sampai memberikan dukungan emosional.

2.      Kenali hal yang mempengaruhi mental & fisik pribadi

Selami lebih mendalam mengenai kepribadian, kondisi fisik, perkembangan dan kematangan, kondisi psikologis, keberagamaan, sikap menghadapi  problema hidup, kebermaknaan hidup, dan keseimbangan dalam berpikir diri.

3.      Jaga kesehatan dan pola makan

Di dalam penelitiannya Adi, Mangalik, dan Ranimpi (2020) dikatakan bahwa Gizi merupakan salah satu faktor penting yang menentukan tingkat kesehatan dan keserasian antara perkembangan fisik dan mental.

4.      Luangkan waktu untuk diri sendiri

Ketenangan hidup, ketenangan jiwa atau kebahagiaan batin itu tidak banyak tergantung pada faktor-faktor dari luar akan tetapi lebih tergantung pada cara dan sikap menghadapi faktor tersebut sebagai upaya tercapainya keseimbangan berpikir.

5.      Istirahat dan tidur yang cukup

Ketika segala sesuatunya mulai terasa membebani pikiran, coba istirahatkan fisik dan mental. Kurang tidur dapat berdampak negatif pada kesehatan mental. Untuk itu, tidur yang cukup juga menjadi bagian dari cara menjaga kesehatan mental. Pastikan untuk tidur yang cukup setiap hari.

6.      Berolahraga teratur

Tubuh yang aktif bergerak tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tapi juga berkontribusi positif pada kesehatan mental. Aktif bergerak dapat meningkatkan harga diri dan memotivasi diri sendiri. Fisik dan mental juga makin prima jika seseorang rutin berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari. Pilih jenis olahraga di luar ruangan. Menghirup udara di luar ruangan bisa membantu meredakan stres.

 

Cara-cara diatas memang tidak harus kita lakukan secara berurutan dan langsung semuannya, kita butuh waktu dan proses untuk melakukannya, apalagi belum tentu akan berjalan lancar. Memang terlihat mudah, tapi nyatanya ini tidak akan semudah yang kita pikirkan namun juga tidak sesulit apa yang kita bayangkan. Selama pandemi ini, kita harus pintar-pintar menjaga diri secara fisik maupun mental. Jangan sampai kita menjadi orang yang mengalami gangguan kesehatan mental ya!

 

DAFTAR PUSTAKA

Zulkarnain dan Fatimah.(2019). Kesehatan Mental dan Kebahagiaan. Mawa’izh: Jurnal Dakwah dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan. Vol. 10, no. 1 (2019), pp. 18 38.DOI:https://doi.org/10.32923/maw.v10i1. 715

Adi, Mangalik, & Ranimpi. (2020). Correlation between Dietary Habit and Nutritional Status with Mental Health Status of Elementary School Students. Jurnal Kesehatan. Vol 11 (1) . Hal. 93 – 100. ISSN 2086-7751 (Print), ISSN 2548-5695 (Online)

 

 




 


0 komentar:

Posting Komentar