12.11.21

TIDAK APA MEMINTA BANTUAN, ITU TIDAK BERARTI ANDA LEMAH

Ujian Mid Psikologi Inovasi Semester Ganjil 2021/2022

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, MA

Devi Nurmala Sari / 193104100248 (Kelas A)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

Hari Kesehatan Mental Sedunia diperingati setiap tanggal 10 Oktober. Pada dasarnya pengertian kesehatan mental yang baik adalah kondisi ketika batin manusia berada dalam keadaan tenteram dan tenang. Jika seseorang memiliki mental yang sehat, maka ia akan dapat memiliki hubungan yang positif dengan orang lain.

Di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang berlangsung, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan tujuan kampanye Hari Kesehatan Mental kali ini adalah meningkatkan investasi dalam kesehatan mental.

Hari Kesehatan Mental sedunia pertama kali diperingati pada 10 Oktober 1992. Peringatan tersebut digagas oleh Wakil Sekretaris Jenderal Federasi Dunia untuk Kesehatan Mental (WFMH), Richard Hunter. WFMH sendiri merupakan organisasi internasional yang berdiri pada 1948 untuk meningkatkan pemahaman mengenai kesehatan mental dunia. Selama tiga tahun pertama, tak ada tema yang diusung dalam peringatan, akan tetapi pada 1994 mulai dibuat tema-tema khusus.

Tema awal saat itu adalah “Meningkatkan Kualitas Layanan Kesehatan Mental di Seluruh Dunia”. Saat awal-awal diperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia adalah momen bagi pemerintah, organisasi dan individu yang memiliki kepedulian terhadap kesehatan mental untuk mengatur program yang fokus pada aspek perawatan kesehatan mental.

Hari Kesehatan Mental Dunia sendiri biasanya diperingati tidak hanya satu hari. Biasanya kegiatan digelar berhari-hari bahkan sepanjang bulan menjelang 10 Oktober karena sebagai upaya edukasi jangka panjang kepada masyarakat. Selanjutnya, laporan kepada WFMH biasanya dilakukan oleh negara-negara pada 10 Oktober.

Seiring perjalanan waktu, Hari Kesehatan Mental Dunia semakin berkembang. Melalui peringatan ini, federasi membuka jalan untuk mempromosikan kesehatan jiwa dan menciptakan kesadaran tentang isu-isu yang berhubungan dengan kesehatan mental.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan masalah kesehatan mental.  Faktor tersebut bisa disebabkan oleh kepribadian seseorang, kemampuan beradaptasi menghadapi masalah, beratnya tantangan pekerjaan, masalah keluarga, atau kehidupan berelasi.

Berikut salahsatu cara untuk membantu menjaga, menguatkan, serta memperbaiki kesehatan mental salah satunya adalah berbicara dengan orang lain dapat membuat perasaan Anda menjadi lebih baik dan membantu memperbaiki kesehatan mental. Ajaklah pasangan, sahabat, rekan, keluarga untuk berdiskusi mengenai perasaan, pikiran, emosi, dan pengalaman yang Anda rasakan.

Karena anda tidaklah sendirian. Bercerita dengan kawan juga bukan berarti anda lemah. Apabila Anda merasa masalah kesehatan jiwa Anda cukup membebani, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan tenaga profesional seperti psikiater maupun psikolog untuk mendapat penanganan yang tepat.

 

Sumber:

Desi, P. (2021). Sejarah Hari Kesehatan Mental Sedunia.

Aida, N, R. (2020). Hari Kesehatan Mental Sedunia, Sejarah, dan Pentingnya Investasi Mental.

Gerald, M, S. (2021). Cara Menjaga dan Memperbaiki Kesehatan Mental

0 komentar:

Posting Komentar