12.11.21

5 PILAR UTAMA DALAM MENJAGA KESEHATAN MENTAL

Tulisan ini untuk Ujian Mid Psikologi Inovasi

Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.

Fakultas Psikologi

 Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Tirsa Venta Han/19310410058

Kelas Reguler A

    Hari kesehatan mental dunia diselenggarakan pada tanggal 10 Oktober 2021. Banyak instansi dan organisasi yang turut serta memeriahkan hari kesehatan mental dunia dengan menyelenggarakan berbagai lomba dan event yang bertema kesehatan mental. Salah satu organisasi yang turut serta adalah Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia Nasional. ILMPI mengadakan lomba poster dan video reels bertema “Bagaimana cara menjaga kesehatan mental?”. Hasil karya setiap peserta kemudian di posting ke Instagram pribadi masing-masing. Lalu, sebenarnya bagaimana cara menjaga kesehatan mental dengan baik? Simak tulisan ini.

    Sehat mental artinya seseorang yang terbebas dari adanya gangguan mental yang berdampak pada perilaku kesehariannya.  Kesehatan mental merupakan hal yang masih dianggap remeh oleh kebanyakan masyarakat di Indonesia. Oleh karena itu, banyak sekali kasus gangguan mental yang masih terjadi sampai saat ini. Berdasarkan data Riskesdas tahun 2007 (dalam Putri., dkk, 2015), diketahui bahwa prevalensi gangguan mental emosional seperti gangguan kecemasan dan depresi sebesar 11,6% dari populasi orang dewasa. Berarti dengan jumlah populasi orang dewasa Indonesia kurang lebih 150.000.000, ada 1.740.000 orang saat ini yang mengalami gangguan mental emosional.

    Kebanyakan masyarakat lebih mementingkan kesehatan fisik daripada kesehatan mental. Padahal,  keduanya adalah hal yang sama-sama penting dan perlu dipedulikan. Secara tidak langsung, sebenarnya kesehatan mental akan berdampak terhadap kesehatan fisik. Misalnya, jika diri Anda mengalami stress karena suatu masalah dan sulit untuk mencari solusinya maka itu bisa membuat fisik Anda juga ikut sakit karena terlalu banyak berpikir. Jadi, bukan saja hanya kesehatan fisik yang harus dijaga, namun kesehatan mental saat ini pun adalah hal yang harus diperhatikan juga.

    Persoalan sederhana yang timbul akibat dari ketidakpedulian terhadap kesehatan mental, salah satunya adalah Anda rentan mengalami gangguan mental yang lebih serius yang akan mempengaruhi perilaku keseharian Anda dan bahkan berpengaruh juga terhadap kesehatan fisik. Bayangkan saja, jika Anda mengalami gangguan mental yang lebih serius maka mungkin saja Anda akan cenderung tidak dapat mengontrol emosi dalam keseharian Anda, apakah hal ini harus dibiarkan? Tentu tidak boleh dibiarkan. Idealnya, bila kesehatan mentalmu dijaga maka akan berdampak positif bagi perilaku dalam keseharian Anda dan juga kesehatan fisik Anda.

    Tulisan ini tertuju kepada seluruh masyarakat yang masih menyepelekan kesehatan mental. Jadi, pertanyaan yang harus dijawab dalam tulisan ini adalah bagaimana cara menjaga kesehatan mental? Hal ini penting karena dua hal. Pertama, menjaga kesehatan mental akan menjadi langkah awal untuk mencegah terjadinya gangguan mental yang lebih serius. Kedua, sehat secara mental akan membuat diri Anda menjadi pribadi yang lebih bahagia karena dapat mengontrol emosi dengan lebih baik.  

    Pilar-pilar utama dalam menjaga kesehatan mental menurut Dandi Birdy seorang Anger Management adalah sebagai berikut :

  1. Pilar Emosional. Pada pilar pertama atau emosional, seseorang harus mengalirkan emosi yang dirasakan bukan malah mengalihkannya pada hal lain. Kebanyakan orang jika sedang emosi melampiaskan dengan melakukan hal yang disukai untuk mengalihkan perhatian, padahal itu hanya akan menumpuk emosi dan bisa meledak kapan saja.
  2. Pilar Fisik. Pilar kedua untuk menjaga kesehatan mental adalah menjaga fisik dengan istirahat cukup, olah raga dan makan makanan sehat. Sebab, fisik yang sakit akan berpengaruh pada psikis seseorang dan begitu juga sebaliknya.
  3. Pilar sosial. Pilar yang ketiga adalah sosial. Artinya dukungan sosial dari orang-orang terdekat, sahabat, pasangan dan orangtua. Saling mendukung bersama, saling menguatkan itu berpengaruh besar.
  4. Pilar spiritual. Pilar keempat adalah spiritual, artinya lebih mendekatkan diri dengan Tuhan, beribadah dan berdoa juga perlu untuk menjaga kesehatan mental. 
  5. Pilar intelektual. Pilar kelima adalah intelektual. Berpikirlah positif dan filter informasi dari berbagai sumber untuk mendukung dalam menyelesaikan masalah.

    Sehat secara mental akan  membawa dampak yang luar biasa terhadap diri Anda.  Oleh karena itu, menjaga kesehatan mental itu sangatlah penting. Jadi sekarang ini, mulailah peduli terhadap kesehatan mental Anda. Jangan sepelekan kesehatan mental, sebab gangguan mental bukanlah hal yang menguntungkan diri Anda.


 DAFTAR PUSTAKA

Putri, A. W., Wibhawa, B., & Gutama, A. S. (2015). Kesehatan mental masyarakat

Indonesia (pengetahuan, dan keterbukaan masyarakat terhadap gangguan kesehatan mental). Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2).

0 komentar:

Posting Komentar