3.11.21

SUKSES DIDAPATKAN DARI AKSI BUKAN BERDIAM DIRI

 

Mita Dwi Wijayanti (19.310.410.037)

Mata Kuliah: Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu: Dr. Arundhati Shinta, M.A.

Fakultas Psikologi 

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


                Poerwardarminta (2007: 27) dalam kamus besar bahasa Indonesia mengungkapkan bahwa sukses memiliki arti yang sederhana tapi mendalam, jadi kesuksesan bisa diartikan keberhasilan atau keberuntungan. Kesuksesan adalah keberhasilan seseorang dalam mencapai sesuatu. Sedangkan keberhasilan memiliki arti yaitu suatu pencapaian terhadap keinginan yang telah kita niatkan untuk kita capai atau kemampuan untuk melewati dan mengatasi diri dari suatu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat (Helmet 2012:32)

                Setiap orang pasti menginginkan kesuksesan didalam hidupnya, namun cara meraih kesuksesan dari setiap orang itu berbeda-beda dan tidak bisa disamaratakan. Ada orang yang memang sejak kecil sudah mengetahui ingin menjadi apa kedepannya dan sudah memiliki plan apa saja yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Namun ada juga orang yang tidak memperdulikan apa yang akan dia lakukan  tetapi harus sukses dan bisa memberikan kebahagian bagi semua orang. Karena sejatinya sukses merupakan tujuan yang harus dicapai dengan usaha dan juga kerja keras yang harus dilakukan didalam hidupnya, kesuksesan bukan hanya tentang materi tetapi juga non materi. Orang bisa dikatakan sukses apabila orang tersebut bisa bermanfaat untuk dirinya dan untuk orang lain yang berada disekitarnya. Banyak hal yang harus dilakukan ketika ingin mencapai suatu kesuksesan, salah satunya bisa dimulai dari diri sendiri bahwa kita harus memiliki keyakinan dan berkonsisten bahwa kita bisa mennggapai hal-hal yang kita inginkan, dengan memperjuangkan hal tersebut. Karena tidak akan ada orang sukses yang hanya berdiam diri tanpa melakukan apapun.

                    Kesuksesan itu tidak dapat diraih semudah dengan membalikkan telapak tangan, banyak hal yang mesti kita kerjakan agar kita bisa meraih kesuksesan tersebut, diantaranya yaitu berani, mencoba, dan tidak takut. Berani disini memiliki arti sebuah sikap untuk terus berusaha tanpa ada keraguan didalam dirinya, El-Bantanie melalui Pangalila (2008:9) dalam buku Berani Hidup Berani Sukses, '"Air mata tidak akan menghapus dukamu, berharap tidak akan membuatmu sukses, hanya keberanian yang bisa membawamu kesana". Sedangkan mencoba merupakan hal pokok yang diperlukan dalam menggapai kesuksesan, karena kita tidak akan mampu mengukur kemampuan kita dalam menyingkirkan rintangan disetiap jalan menuju kesuksesannya. El-Bantanie (2008:15) berpendapat bahwa orang yang tidak tahu tetapi mau melakukan adalah salah satu tipe orang yang mau mencoba melakukan sesuatu meskipun dia mengetahui bahwa dia  akan menemukan kesulitan bahkan kegagalan. Hal tersebut bisa dijadikan sebagai alat untuk menyadarkan seseorang bahwa sukses itu membutuhkan proses yang tidak instant. Dan selanjutnya tidak takut, rasa tidak takut ini harus ditanamkan didalam diri setiap manusia, dengan rasa ini orang yang ingin mencapai kesuksesannya tidak akan pernah mengkhawatirkan tentang kegagalan, karena dia tidak takut. Dengan kegagalan kita bisa mengetahui letak kesalahan kita dimana dan kita juga bia belajar menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. 

                Sukses merupakan sebuah pilihan dan setiap pilihan pasti memiliki resiko yang akan kita dapatkan dan kita juga harus bisa bertanggung jawab dalam menghadapinya. Ketika kita telah memutuskan untuk bisa menjadi orang yang sukses berarti didalam hal ini harus ada harga dan pengorbanan yang perlu dibayarkan. Sesuatu hal yang luar biasa ketika kita sudah bisa membiasakan diri untuk berani menghadapi resiko dan menghadapi kemungkinan kegagalan. Apalagi jika kita telah terbiasa untuk berani mencoba segala sesuatu tanpa ada kata menyerah. Paksakan diri kita untuk mau mencoba melakukan sesuatu daripada kita hanya berdiam diri dan menjadi pengamat. Seberapa besar kesuksesan yang kita dapatkan akan berbanding lurus dengan seberapa banyak pengorbanan yang kita berikan. Karena sukses bukan sesuatu yang kita peroleh hanya dengan bersantai tetapi juga harus ada tindakan yang nyata untuk bisa mewujudkannya.



Referensi:

El-Bantanie, Muhammad Syafi'e. 2008. Berani Hidup Berani Sukses. Jakarta: Republika. (Diakses pada 2 November 2021)

Helmet, Dodot. 2012. Tentang Kenyataan. Rumah Makna. (Diakses Pada 2 November 2021)

Poerwardarminta. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka. (Diakses pada 2 November 2021)

0 komentar:

Posting Komentar