3.11.21

BIMBIGAN BELAJAR ONLINE AMBI X EDUPROJECT.ID

 

Bimbigan Belajar Online AMBI X EduProject.id

TUGAS ESSAY PSIKOLOGI INOVASI

(PENGABDIAN MASYARAKAT)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Elvira Julia / 19310410075

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA


 

Bimbingan belajar atau les privat selain bisa dilakukan secara langsung juga bisa dilakukan secara online (Enterprise, 2010). Bimbingan belajar secara online dirancang untuk memungkinkan proses pembelajaran jarak jauh melalui internet tanpa harus bertatap muka dengan pengajarnya. Bimbingan belajar online dapat memberikan alternatif pilihan bagi siswa yang memiliki akses jaringan internet untuk memperoleh layanan bantuan belajar yang efektif, efisien, dan interaktif secara optimal.

Lebih lanjut (Enterprise, 2010) menerangkan bahwa selain untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian, para siswa bisa mengikuti bimbingan online bimbingan belajar online ini hanya sekedar untuk belajar lebih dalam tentang bidang studi tertentu di luar apa yang sudah diajarkan guru mereka. Komunikasi antara para murid dengan tutor (guru) juga dilakukan secara online melalui video, audio, ataupun e-mail. Karena banyaknya para pelajar yang sudah bisa mengakses internet, prospek bisnis online tutoring (les privat) ini akan sangat menjanjikan.

EduProject.id merupakan proyek edukasi belajar yang dilakukan dengan konsep kolaborasi bersama komunitas yang terkait dibidangnya. Yang bergerak dalam bidang pendidikan non-formal diberbagai sector pendidikan lingkungan, pendidikan sosial dan pendidikan lainnya yang dilakukan melalui kolaborasi. Program bimbingan belajar daring ini diberikan secara gratis kepada seluruh peserta didik SMA sederajat se-Indonesia tujuannya agar mereka mampu mengembangkan kemampuan akademik dengan baik dan lebih memahami mata pelajaran di sekolahnya terutama dalam masa pandemic covid-19 bimbingan belajar ini melibatkan relawan seluruh penjuru negri,

Sedangkan AMBI merupakan sebuah organisasi yang mewadahi para mahasiswa dari seluruh Indonesia di bidang Pendidikan. Bimbingan belajar ini merupakan kolaborasi antara AMBI dengan EduProject.id, bimbingan belajar gratis ini diberikan kepada SMA sederajat kelas 10 dan 11, dalam bimbingan belajar ini siswa siswi dapat memilih 2 pelajaran yang diminatinya adapun bimbingan pelajaran yang diberikan seperti pelajaran biologi, Bahasa Inggris, ekonomi, fisika, kimia, matematika, sejarah, sosiologi, dan geografi.  Waktu bimbingan belajar pun dilakukan pada malam hari dengan jadwal yang sangat fleksibel yaitu menyesuaikan jadwal siswa pada hari senin sampai sabtu.

Program ini juga menyediakan webinar Pendidikan dengan narasumber dari berbagai kalangan dan bimbingan konseling bagi para siswa siswi yang memiliki permasalahan dalam pembelajaran ataupun permasalahan diluar pembelajaran yang akan ditangani oleh mahasiswa bimbingan konseling dan mahasiswa psikologi. Adapun yang menjadi pengajar dalam bimbel ini merupakan mahasiswa di seluruh Indonesia yang telah melalui proses seleksi terlebih dahulu dan proses pembelajaran dilakukan melalui google meeting, zoom dan whatsapp menyesuaikan kondisi tutor dan siswa.

Terkhusus tugas saya dalam bimbingan belajar ini yaitu sebagai bimbingan konseling (BK) yang bertugas di kelas IX Bahasa Inggris 4 dan kelas IX Ekonomi 6. Pengabdian ini dilakukan sejak tanggal 1 Oktober sampai 30 November dimana tugas BK saat mata pelajaran berlangsung hanya mengobservasi, seperti mengecek keaktifan siswa di dalam kelas, mengamati cara totor (guru) dalam menyampaikan materi seperti apa dan memberi masukan jika ada yang tidak sesuai, mengecek dan mengontrol kehadiran siswa dan hal tersebut hanya dilakukan pada hari rabu dan kamis pukul 19.30-20.30 WIB untuk satu kelas hanya akan diisi oleh 1 orang BK. Selain itu adanya sesi konsultasi dengan siswa diluar jam pelajaran yang dilakukan pada hari selasa dan kamis yaitu untuk sesi 1 pukul 13.00-15.00 dan sesi 2 pukul 15.15-17.15 WIB.

Selain itu, dalam bimbingan belajar online ini BK mengadakan seminar khusus untuk seluruh siswa dengan judul yang berbeda tiap breakout room nya. Dalam webinar tersebut tentunya siswa akan masuk pada room utama untuk menyimak materi dari BK dengan judul yang terbilang umum, namun setelah pemaparan materi utama selesai siswa diperkenankan untuk memilih breakout room sesuai dengan judul webinar yang dibutuhkan oleh siswa. Didalam breakout room tersebut seluruh siswa akan menyimak materi yang telah dipilih oleh siswa dan tak hanya itu, siswa juga akan bermain game bersama dengan tutor BK karena disetiap breakout room terdapat 4 hingga 6 orang BK yang menghandle breakout room tersebut dengan tugasnya masing-masing seperti ada yang memaparkan materi dan ada juga yang meramaikan breakout room dengan games.

Lampiran 

Training Member BK 


Pembelajaran kelas IX Ekonomi dan Bahasa Inggris melalui Google Meeting
Webinar Oleh BK untuk siwa-siswi AMBI X EduProject.id


Pendaftaran Konseling Siswa


DAFTAR PUSTAKA

Enterprise, J. (2010). 30 Bisnis Berbasis Ide Untuk Siapa Pun. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

0 komentar:

Posting Komentar