8.11.21

 

Nama   : Shafly Ardhya Saputra

NIM    : 20310410027

Prodi   : Psikologi (Kelas Karyawan)

 

Stress dalam Dunia Kerja

            Stres kerja adalah tanggapan atau proses internal atau eksternal yang mencapai tingkat ketegangan fisik dan psikologis sampai pada batas atau melebihi batas kemampuan pegawai. Stress kerja bisa berupa perasaan yang menekan atau merasa tertekan yang dialami karyawan dalam menghadapi pekerjaan. Bisa dikatakan bahwa stress kerja adalah umpan balik atas diri karyawan secara fisiologis maupun psikologis terhadap keinginan atau permintaan organisasi. Stress kerja merupakan faktor-faktor yang dapat memberi tekanan terhadap produktivitas dan lingkungan kerja serta dapat mengganggu individu.

            Stress akibat kerja terjadi ketika seseorang tidak dapat memenuhi tuntutan atau kebutuhan dari pekerjaannya. Terlalu banyak yang harus dilakukan, kurangnya waktu, kurangnya informasi dan kurangnya sumber daya untuk menuntaskan pekerjaan. Beberapa contoh stress kerja yang sering terjadi di lingkungan sekitar kita antara lain, takut dipecat atau di-PHK, jam kerja yang terlalu panjang, terlalu banyak pekerjaan, atau jam kerja tidak jelas, target untuk memenuhi ekspektasi pemberi upah meningkat, tanpa diimbangi kepuasan kerja.

Tenggat waktu yang berdekatan, beban kerja yang semakin menumpuk, deadline dari atasan, hingga tugas yang memusingkan pikiran adalah “makanan” sehari-hari yang menjadi penyebab stres kerja. Jika stres kerja sudah tak tertangani lagi, maka kesehatan fisik dan mental bisa menjadi taruhannya. Janganlah Anda putus asa. Sebab, ada berbagai cara untuk mengatasi stres kerja yang efektif dilakukan. Cara mengatasi stres kerja untuk para pekerja :

1. Mulai hari dengan senyuman

Terkadang, stres tidak hanya datang saat sudah sampai di tempat kerja. Pagi hari yang padat, seperti berkutat dengan jalanan yang macet, sudah cukup membuat kepala Anda pusing bukan kepalang. Apalagi, pikiran pun dipenuhi dengan pekerjaan yang menanti di meja kantor.

Hal-hal ini hanya akan memperburuk stres kerja. Mulailah hari dengan senyuman dan hal-hal baik, seperti melakukan perencanaan kerja yang tepat untuk mengantisipasi segala rintangan di kantor, dan sikap positif. Inilah “rahasia” cara mengatasi stres kerja yang ampuh.

2. Jangan malu bertanya

Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap stres kerja adalah ketidaktahuan Anda terhadap ekspektasi atasan. Jika Anda memahami permintaan atasan, maka akan ada “benang merah” yang bisa membantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan. Selain bisa menjadi cara mengatasi stres kerja, Anda jadi mengetahui yang harus dilakukan di kantor.

3. Jauhi konflik di kantor

Tak terelakkan bahwa dalam dunia kantor kerap terjadi konflik yang kemudian menjadi benalu terhadap kesehatan fisik dan mental. Jauhilah konflik antar kolega kantor, seperti menghindari gosip atau membuat masalah dengan rekan kerja. Selain itu, jika memungkinkan, hindari juga orang-orang yang tidak bisa bekerja dalam satu tim. Sebab, stres kerja juga bisa datang dari sesama rekan kerja.

4. Menggunakan waktu dengan efisien

Melakukan perencanaan untuk menghadapi hari-hari Anda di kantor, bisa menjadi cara mengatasi stres kerja yang efektif. Misalnya, memanfaatkan waktu dengan efisien, agar Anda tidak telat. Sebab jika terlambat, Anda bisa merasa kacau dan serba terburu-buru. Bertanggung jawab dalam menggunakan waktu secara efisien, dapat menjaga diri Anda dari efek negatif yang bisa menimbulkan perasaan stres kerja. Pekerjaan Anda pun bisa lebih cepat selesai karena pikiran terbebas dari rasa stres.

5. Menciptakan lingkungan kerja yang nyaman

Merasa tidak nyaman ternyata bisa memicu datangnya stres kerja. Contoh kecilnya datang dari kursi yang Anda duduki seharian. Jika kursi itu membuat Anda tidak nyaman, maka stres kerja bisa datang semudah itu. Bahkan, suasana kerja dengan kolega yang berisik, juga bisa memicu stres kerja. Maka dari itu, ciptakan lingkungan dan suasana nyaman sebagai cara mengatasi stres kerja yang ampuh.

6. Jangan lakukan banyak hal bersamaan

Multitasking atau melakukan banyak hal dalam waktu bersamaan bisa menimbulkan perasaan stres kerja. Sebab, hasil dari pekerjaan yang dilakukan bersamaan dengan pekerjaan lain, bisa tidak maksimal dan tidak fokus. Cara kerja ini terkadang tidak efektif dan bisa menimbulkan stres kerja. Mulailah bekerja dengan cermat dan tidak tergesa-gesa, apalagi mengerjakan banyak pekerjaan dalam waktu yang bersamaan.

0 komentar:

Posting Komentar