8.11.21

MEMILIKI RASA KETERIKATAN : KARYAWAN SUKSES MENINGKATKAN KINERJANYA

 Tugas Essay Psikologi Inovasi

Tirsa Venta Han 

19310410058 

Dosen Pengampu : Dr. Arundhati Shinta, M.A

Fakultas Psikologi 

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


             Karyawan di sebuah perusahaan memiliki peran penting atas kesuksesan perusahaan tersebut. Perusahaan dikatakan sukses apabila kinerja karyawannya baik, prestasi kerja karyawannya baik, serta karyawan-karyawannya memiliki rasa keterikatan. Employee engagement/rasa keterikatan adalah seperti perasaan bangga menjadi bagian dari perusahaan, proaktif dalam melakukan inisiatif dan mencarai peluang untuk memberikan kontribusi terbaiknya, walaupun unsur tersebut akan membuat cakupan mengenai konsep employee engagement menjadi lebih luas (Macey dan Schneider, 2008; Robinson dkk., 2004).

                Rasa keterikatan ini sebenarnya jarang dimiliki oleh para karyawan sehingga terkadang karyawan justru menujukkan sikap yang tidak antusiasme dalam bekerja. Perusahaan yang didominasi oleh karyawan yang seperti ini dalam bekerja tentu akan berdampak buruk bagi perusahaan itu sendiri serta kinerja karyawan tersebut akan cenderung terlihat buruk. Sebaliknya, jika adanya rasa keterikatan yang tinggi tentu akan membuat karyawan sepenuhnya bertanggung jawab atas semua pekerjaanya, sehingga menjadi karyawan yang sukses karena kinerjanya akan dinilai baik, serta perusahaan pun akan menuai kesuksesan.

                  Persoalan klasik yang sering timbul akibat tidak adanya rasa keterikatan karyawan terhadap perusahaan, salah satunya adalah karyawan tidak memiliki komitmen. Bayangkan saja jika seorang karyawan tidak memiliki komitmen, maka yang ia lakukan adalah hanya memberikan ketidakpastian mengenai kontribusinya dalam perusahaan sehingga cenderung tidak mampu menyelesaikan segala tugas dan tanggung jawabnya dan berpengaruh terhadap kinerjanya di perusahaan tersebut, apakah hal ini harus dibiarkan? Tentu tidak boleh dibiarkan Idealnya, karyawan yang memiliki rasa keterikatan tinggi terhadap perusahaan cenderung dapat memberikan kontribusi terbaiknya sehingga kinerjanya dinilai baik.

                    Tulisan ini tertuju pada para karyawan yang ingin sukses dengan kinerja yang baik. Jadi pertanyaan yang harus dijawab dalam tulisan ini adalah bagaimana caranya agar memiliki rasa keterikatan yang tinggi sehingga bisa sukses menjadi karyawan yang kinerjanya baik? Hal ini penting karena dua hal. Pertama, rasa keterikatan yang tinggi akan meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja. Kedua, rasa keterikatan yang tinggi tentu akan membuat karyawan tidak bersikap acuh terhadap tugas dan tanggung jawabnya sehingga sukses dalam meningkatkan kinerjanya.

                        Tips dan trik  untuk meningkatkan rasa keterikatan  :

  1. Memiliki rasa bahwa perusahaan dan pekerja memiliki arti. Sebagai karyawan harus merasa bahwa perusahaan dan pekerjaannya memiliki arti bagi diri sendiri sehingga hal ini akan membuat hubungan karyawan-perusahaan menjadi lebih dekat dan karyawan akan merasa menjadi bagian dari perusahaan yang akan membuat mereka dapat memberikan kontribusi untuk kepentingan kedua belah pihak.
  2. Peluang pengembangan diri/karir. Sebagai karyawan, harus ada 60% rasa untuk menginginkan peluang untuk berkembang sehingga membuat diri tetap puas terhadap pekerjaan.
  3. Hubungan manajer-karyawan yang kuat. Ini juga merupakan unsur penting untuk meningkatkan employee engagement dan mempertahankan karyawan di perusahaan (Clifton, 2008).

         Menjadi karyawan yang sukses harus memiliki rasa keterikatan. Rasa keterikatan merupakan unsur yang penting bagi perusahaan dan keryawan. Rasa keterikatan yang tinggi akan berdampak positif bagi kesuksesan karyawan dalam meningkatkan kinerjanya dan juga bagi kesuksesan perusahaan itu sendiri. Yuk tingkatkan rasa keterikatan Anda terhadap perusahaan!


DAFTAR PUSTAKA

Clifton, James K. (2008). Engaging your employees: Six keys to understanding the new

workplace. 2002 SHRM Foundation Thought Leaders Remarks. Society for             Human Resource Management

Macey W.H and Schneider B. (2008). The Meaning of Employee Engagement.

Industrial and Organizational Psychology, 1 (2008), 3-30.


SUMBER GAMBAR

https://www.hipwee.com/list/bisa-sukses-sebagai-karyawan-kenapa-enggak-                       wujudkan-dengan-lakukan-hal-ini/

0 komentar:

Posting Komentar