8.11.21

YUK MANAGEMEN WAKTU DENGAN BAIK!


 TUGAS PSIKOLOGI INOVASI

Dosen Pengampu: Dr. Arundhati Shinta, M. A

Lidya Aritonang/19310410033

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

        Manajemen waktu adalah suatu jenis keterampilan yang berkaitan dengan berbagai bentuk upaya dan tindakan individu yang dilakukan dengan terencana agar seseorang mampu memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Jika seseorang tidak bisa memanajemen waktu dengan baik, ada beberapa dampak buruk yang terjadi diantaranya;

1.PENUNDAAN

    Apakah kamu sering menunda-nunda pekerjaan kamu? Atau malah kamu sulit untuk memulai suatu pekerjaan? Sebetulnya, hanya diperlukan langkah kecil untuk mendapatkan motivasi dalam menyelesaikan pekerjaan. Contohnya, jika kamu ingin pergi ke tempat gym untuk berolahraga, yang kamu lakukan hanyalah perlu berjalan keluar. Ketika sekali kamu memulai, pastikan kamu menyelesaikan pekerjaan tersebut.

2.KURANG TIDUR

Ketika kamu tidak bisa memanajemen waktu dengan baik, kamu pasti akan mengalami jadwal tidur yang berantakan. Tentunya hal ini akan berdampak pada kesehatan kamu. 

3.MENGKONSUMSI MAKANAN YANG TIDAK SEHAT DAN KURANG BEROLAHRAGA

Alasan umum bagi sebagian banyak orang untuk tidak berolahraga adalah tidak mempunyai waktu yang cukup. Padahal sebetulnya itu hanyalah manajemen waktu yang kurang baik. orang -orang yang tidak memanajemen waktu dengan baik juga cenderung makan makanan instan yang tentunya tidak baik untuk tubuh dalam jangka panjang. 

4. KURANG BERENERGI

Jika kamu merasa tidak fokus dan tidak bersemangat, itu merupakan tanda-tanda kamu kurang memanfaatkan waktu dengan baik. Evaluasi apa saja kegiatan yang kamu lakukan dalam sehari ketika di malam atau di pagi hari. Dengan begitu kamu akan kembali fokus dan bersemangat untuk mencapai tujuan yang kamu inginkan.

5. TIDAK TEPAT WAKTU

Tidak tepat waktu merupakan salah satu akibat dari manajemen waktu yang buruk. Jika kamu datang terlambat atau pergi lebih awal dari kanor, kamu mungkin meninggalkan hal-hal yang produktif di sana. 

6. TERBURU BURU

Apakah kamu sering mengerjakan pekerjaan dengan terburu-buru? Kamu mungkin menentukan tenggat waktu yang tidak realistis atau tunduk pada komitmen yang berlebihan. Cobalah untuk mengatur waktu dengan baik, jangan katakan ‘ya’ dengan semua rencana yang ada.

7.DISORGANISASI

Kamu mungkin merasa bahwa diri kamu tidak teratur. Seperti tidur di pagi hari dan bekerja di malam hari, atau mungkin kamu terlalu lama berselancar di media sosial sehingga memakan waktu pekerjaan atau waktu tidur kamu. Hal-hal seperti itu dapat memperburuk manajemen waktu kamu, cobalah catat pekerjaan yang ingin kamu kerjakan dan tentukan waktu pengerjaannya supaya waktu sehari-harimu tetap teratur.

8. WAKTU KERJA DAN HIDUP YANG TIDAK SEIMBANG

Apakah kamu terlalu banyak bekerja? Atau terlalu banyak bersenang-senang di luar? Jika iya, berarti kamu memiliki manajemen waktu yang buruk. Tidak ada salahnya untuk bersenang-senang, namun jangan lupakan juga pekerjaan atau tujuan yang ingin kamu capai. Coba manajemen waktu mu dengan kerja dan kehidupan yang seimbang sehingga kamu merasa akan lebih produktif setiap harinya.

9. MULTITASKING

Salah satu tanda jika manajemen waktu kamu buruk adalah multitasking. Ketika kamu sedang mengerjakan satu pekerjaan dan fokus kamu teralihkan ke pekerjaan lain, cobalah untuk tidak teralihkan. Hal ini akan menimbulkan pekerjaan yang tidak selesai dengan baik dan menghambat produktivitas.

Hal-hal diatas tersebut merupakan dampak buruk dari tidak adanya manajemen waktu yang dimulai dari kebiasaan yang kita lakukan. Grameds dapat membaca buku The Habit Of Miliarder Dalam Mengelola Waktu Dan Uang yang ada dibawah ini yang berisikan tetang perbedaan kebiasaan antara miliarder dan orang biasa dalam mengelola waktu serta uang yang mereka miliki.

Dengan begitu maka perlunya kita managemen waktu agar hidup kita sehat dan waktu kita berjalan dengan berharga.

Daftar Pustaka :

Sandra, K. I. (2013). Manajemen waktu, efikasi-diri dan prokrastinasi. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia2(3).

Ginting, M. N. K., & Azis, A. (2014). Hubungan antara Lingkungan Belajar dan Manajemen Waktu dengan Motivasi Menyelesaikan Studi. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA6(2), 91-97.

0 komentar:

Posting Komentar