11.11.21

MENJAGA KESEHATAN MENTAL

 

Tulisan diBuat untuk Memenuhi Ujian Mid Psikologi Inovasi

Eunike Oktavia (19310410010)

Kelas A 

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA. 

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



 

 

Isu kesehatan sering kali menunjuk pada berbagai aspek kesehatan secara fisik dan “melupakan” aspek kesehatan mental. Padahal jika direnungkan lebih dalam, berbagai tindakan dan perbuatan yang dilakukan oleh manusia adalah buah dari dorongan pikiran dan sikap mental yang dimilikinya, sehingga kualitas kesehatan mental menjadi kunci bagi seseorang untuk dapat berfungsi secara sosial di dalam masyarakat. Secara individual, seseorang dikatakan sehat secara mental apabila terhindar dari gejala-gejala gangguan jiwa (neurose) dan dari gejala-gejala penyakit jiwa (psychose).

 Baumgardner & Crother (2010) menjelaskan bahwa kesehatan mental yang positif memberi kontribusi kepada peningkatan kebahagiaan subjektif dalam diri seseorang ternyata berhubungan dengan harapan hidup yang lebih lama, kemungkinan tertular penyakit yang lebih rendah, dan rekoveri yang lebih baik apabila seseorang mengalami suatu keadaan sakit. Orang yang memiliki kesehatan mental yang baik adalah orang tersebut mempu menyesuaikan diri melalui cara-ara pemecahan masalah yang relevan. Keberadaan kesehatan mental dapat ditunjuka oleh gejala penerimaan diri (self acceptance) dan perasaan keamanan diri (self security) yang optimum (Strickland, 2001). Berikut beberapa tips menjaga kesehatan mental :

1. Terbuka Dengan Orang Lain : Mengetahui bahwa kamu dihargai oleh orang lain adalah penting untuk membantu kamu berpikir lebih positif. Belajar terbuka kepada orang lain, yang membuat kamu lebih mampu berpikir positif dan semakin mengenal diri sendiri. 

2. Katakan Hal Positif pada Diri Sendiri : Cara kita berpikir tentang diri sendiri memiliki efek yang kuat pada kejiwaan kita.

3. Tuliskan Hal-Hal yang Patut Disyukuri : Cara sederhana untuk meningkatkan rasa syukur adalah dengan membuat jurnal dan menuliskan berbagai hal yang disyukuri setiap harinya.

4. Fokus pada Satu Tujuan : Fokus pada tujuan mampu melepaskan emosi negative atau sulit dari masa lalu.

5. Olahraga yang Cukup : Tubuh akan melepaskan endorfin yang membantu menyingkirkan stres dan meningkatkan suasana hati kamu sebelum dan sesudah berolahraga. Itulah sebabnya olahraga adalah cara penangkal stres, kecemasan, dan depresi yang ampuh.

6. Lakukan Sesuatu untuk Orang Lain : Bersikap membantu dan ramah adalah cara yang baik untuk membangun harga diri. Makna yang ditemukan dalam membantu orang lain memperkaya dan memperluas hidupmu.

PUJI DIRIMU SENDIRI. BERSEMANGATLAH DAN AKUI BETAPA DIRIMU MENAKJUBKAN.

 

 


 

 

Referensi : Baumgardner, S.R. & Crother, M.K. 2010. Positive Psychology. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education Inc.

Strickland, B. R. (Ed.). 2001. Gale Encyclopedia of Psychology. Farmington Hills, M.I.: Gale Groups.

 

0 komentar:

Posting Komentar