11.11.21

CARA MENJAGA KESEHATAN MENTAL

 

UJIAN MID PSIKOLOGI INOVASI SEMESTER GANJIL 2021/2022

Dosen pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA

ELLA SAPULETTE / 163104201128 ( kelas A)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Pandemi covid-19 sudah membuat banyak orang dari berbagai belahan bumi ini , terpaksa menjalani kebiasaan baru yang berpengaruh menurunkan kesehatan mental. Kesehatan mental menurut seorang ahli kesehatan Merriam Webster, merupakan suatu keadaan emosional dan psikologis yang baik, di mana individu dapat memanfaatkan kemampuan kognisi dan emosi berfungsi dalam komunitas, dan memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari (Dewi dalam Zulkamain dan Fatimah, 2019) . berikut ada beberapa cara menjaga kesehatan mental yang perlu dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

1.       Katakan sesuatu yang positif pada diri sendiri

 Cara pandang dalam menilai diri sendiri sangat mempengaruhi kondisi perasaan atau mental. Ketika mempersepsikan diri dengan sudut pandang positif , seseorang jadi memiliki tambahan kekuatan untuk mengerjakan sesuatu.

 

2.       Aktif bergerak dan rajin olahraga

Tubuh yang aktif bergerak tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga berkontribusi positif pada kesehatan mental. Aktif bergerak dapat meningkatkan harga diri, memotivasi diri sendiri, dan mengubah kimia di otak menjadi lebih positif. Tidak perlu selalu, mencoba rutin beranjak dari tempat duduk setiap 20 menit untuk jalan kaki sambil minum atau ke kamar mandi. Fisik dan mental juga makin prima jika seseorang rutin berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari. Pilih jenis olahraga di luar ruangan . menghirup udara di luar ruangan bisa membantu meredakan stres.

 

3.       Jalin hubungan baik dengan orang lain 

Membangun hubungan baik dengan orang lain bisa membantu menjaga kesehatan mental. Terhubung dengan orang dapat meningkatkan harga diri, memberikan kesempatan berbagai pengalaman positif, sampai memberikan dukungan emosional. Dari pada menyendiri, coba sesekali luangkan waktu bersama teman atau keluarga. Jika tidak memungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung , coba  memanfaatkan teknologi dengan media sosial dll. 

Cara-cara di atas tidak harus dilakukan secara berurutan dan wajib semuanya , tentunya membutuhkan waktu untuk memproses semuanya . tidak terlihat mudah dan bisa berjalan dengan lancar namun juga tidak sulit bilah di lakukan dengan senang hati. Saat pandemi seperti sekarang ini wajib menjaga fisik ataupun mental dan jangan sampai kesehatan mental terganggu , oke ! 


Daftar pustaka :

Zulkarnain dan Fatimah.(2019). Kesehatan Mental dan Kebahagiaan. Mawa’izh: Jurnal Dakwah dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan. Vol. 10, no. 1 (2019), pp. 18 38.DOI:https://doi.org/10.32923/maw.v10i1. 715

https://health.kompas.com/read/2020/10/11/090100068/10-cara-menjaga-kesehatan-mental?page=all (diakses 11 november 2021) 






 


0 komentar:

Posting Komentar