4.11.21

Menjadikan Pengabdian Masyarakat jadi menyenangkan dan pastinya Low Budget

 

Menjadikan Pengabdian Masyarakat jadi menyenangkan dan pastinya Low Budget


Nama : Maily Qisti Rofiq

NIM : 19310410095

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta, MA




Pengadian masyarakat merupakan suatu kegiatan yang bertujuan membantu masyarakat tertentu dalam berbagai aktivtas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun. Pengabdian masyarakat juga merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma  Perguruan Tinggi dalam memberikan kontribusi nyata bagi bangsa Indonesia, khususnya dalam mengembangkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa Indonesia. Perkembangan dan kemajuan teknologi yang saat ini semakin pesat menuntut generasi milineal menunjukan kemampuan dan keahliannya dalam bidang ilmu dan ketrampilan serta dapat mengembangkannya secara kreatif dan inovatif sehingga dapat menjadi generasi yang mandiri dan berkemajuan.  

Melakukan pengabdian kepada masyarakat membutuhkan niat dan komitmen yang kuat. Mengingat pengabdian yang dilakukan kepada sasaran masyarakat tertentu dilakukan dengan secara suka relawan. Selain itu, penggunaan budget yang tidak sedikit juga menjadi penghalang terhadap kelancaran pengabdian masyarakat tersebut.

Melakukan pengabdian kepada masyarakat tidak melulu soal harus melakukan sesuatu yang besar di lingkungan masyarakat. namun, pengabdian kepada masyarakat dapat pula dilakukan dengan hal-hal yang sederhana yang bisa meminimalkan pengeluaran budget. Salah satu contoh dengan melakukan penyuluhan secara online. Kondisi yang saat ini masih belum stabil, dengan penerapan protokol kesehatan yang masih terus dilakukan maka memberikan penyuluhan kepada masyarakat secara online menjadi suatu ide yang menarik. Selain low budget masyarakat juga bisa mengikuti seminar dari rumah.

Pembuatan vidio pelatihan juga bisa menjadi ide dalam membantu generasi milenial dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat yang pastinya minim budget. Vidio pelatihan bisa berupa cara pembuatan kompos, pelatihan daur ulang sampah, dan lain sebagainya. Dengan adanya vidio pelatihan dapat membantu masyarakat untuk menambah wawasan. Sehingga manfaat yang didapatkan masyarakat menjadi lebih peduli terhadap lingkungannya. Selain itu, vidio pelatihan dapat ditonton kapan pun oleh masyarakat.

pengabdian yang dilakukan kepada masyarakat akan memberikan dampak yang positif baik itu secara langsung ataupun tidak, besar atau kecil, banyak atau sedikit. Pengabdian kepada masyarat dapat menjadi sesuatu yang sangat berharga bagi masyarakat tersebut. dan tidak menutup kemungkinan pengabdian yang dilakukan dapat merubah karakteristik dan kebiasaan masyarakat sekitar.

 

Referensi

Pengabdian pada Masyarakat. https://universitasmulia.ac.id/pengabdian-pada-masyarakat/ 

Alivia, R. 5 Manfaat Ini Bisa Kamu Dapat dengan Mengikuti Pengabdian Masyarakat Untuk Mahasiswa. https://www.anakui.com./5-manfaat-ini-bisa-kamu-dapat-dengan-mengikuti-pengabdian-masyarakat-untuk-mahasiswa/

0 komentar:

Posting Komentar