4.11.21

MENDAPAT PEKERJAAN TAMBAHAN SEBAGAI RESILIENSI DIRI DITENGAH PANDEMI

 

MENDAPAT PEKERJAAN TAMBAHAN SEBAGAI RESILIENSI DIRI DITENGAH PANDEMI

TUGAS ESSAY PSIKOLOGI INOVASI

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Hosianna Ronauli Simbolon (19310410032)

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA

Dunia seperti tergoncang dengan adanya virus yang mewabah, yang merambah seluruh aspek kehidupan. Manusia sebagai makhluk social yang selalu berkumpul yang selalu berinteraksi dengan sesama, yang tidak bisa hidup sendiri dan sangat membutuhkan peran orang lain, yang selalu membentuk pengelompokan sosial diantara sesama, yang memerlukan adanya organisasi, yang tidak pernah bisa dipisahkan dari kelompok-kelompok sosial kini harus dipaksakan untuk menutup diri bahkan mengasingkan diri dari lingkungan masyarakat, tetangga, pertemanan bahkan lingkungan Covid 19 yang masuk ke Indonesia pada bulan maret 2020 membawa dampak  pada perekonomian Indonesia yang menjadi terganggu. Sektor industri yang terkena dampak dari pandemi ini adalah pariwisata, ritel, dan manufaktur. Sektor UMKM juga diketahui telah terkena dampak dari kejadian ini. Supaya bisa terus bertahan, mereka melakukan beberapa kebijakan baru. Beberapa dampak COVID-19 terhadap perusahaan di Indonesia telah Triasse ketahui.

Terdapat 7 dampak COVID-19 terhadap perusahaan di Indonesia yang ditemukan oleh Triasse dari berbagai sumber. Dampak-dampak yang dimaksud mulai dari penerapan PHK, pengurangan rekrutmen, outsourcing lebih dipilih, pekerja multitasking diprioritaskan, banyak perusahaan tutup permanen, hanya perusahaan teknologi yang berkembang, dan jalannya perusahaan menjadi terganggu. Dampak COVID-19 terhadap perusahaan di Indonesia di antaranya, seperti pengurangan tenaga kerja hingga penundaan tenaga kerja baru. Mereka mengambil langkah ini supaya bisa terus bertahan di masa yang sulit ini. Kementerian ketenagakerjaan sudah mencatat sampai tanggal 1 Mei 2020 kalau ada sekitar 375 ribu pegawai yang terkena kebijakan PHK pada sektor formal. Data tersebut menunjukkan kalau perusahan akan melakukan berbagai cara agar usaha mereka terus berjalan dengan baik. Kemnaker mengatakan kalau PHK dan peniadaan lembur sampai pengurangan jam  kerja perlu dilakukan. 

Untuk tetap bisa bertahan ditengah situasi berat seperti ini ada beberapa kiat yang bisa kita lakukan untuk tetap memenuhi kebutuhan walaupun keberadaan di perusaan mulai terancam. Hal yang bisa dilakukan adalah mencari pekerjaan tambahan. Kebutuhan yang terus bertambah sedangkan keberadaan perusahaan yang hampir bangkrut tentu membuat kita mencari cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan sampingan.

Berikut beberapa pekerjaan sampingan yang mungkin bisa dilakukan :

1.      Menjadi dropshipper atau reseller

Menjadi dropshipper dengan menjual berbagai barang milik supplier tanpa harus memiliki stok. Kita hanya perlu memanfaatkan platform online untuk berjualan , tinggal menaikan harga dari supplier, dan nilai itulah yang akan menjadi keuntunganmu.

2.      Menjadi broker property atau kendaraan bermotor

Menjadi broker atau makelar adalah pekerjaan yang tugasnya menghubungkan penjual dengan pembeli. Setiap kali ada transaksi maka kita akan mendapatkan komisi

3.      Mengambil job freelance online

Ada banyak situs-situs penyedia job freelance yang bisa  di kunjungi di internet. Melalui situs-situs tersebut, kita bisa menemukan berbagai job freelance dari berbagai bidang. Misalnya job di bidang desain grafis, web development, copywriting, penerjemah dan lainnya. Kitab bisa memilih job online yang sesuai dengan skill yang kita miliki

4.      Ikuti program Affiliate marketing

Affiliate Marketing adalah metode menghasilkan uang melalui kode referral dengan cara promosi produk di berbagai platform online. Platform yang umum digunakan adalah website, landing page, blog, dan postingan status di sosial media. Komisi bisa didapatkan saat ada orang yang mengklik kode referral milik kita dan terjadi action berupa pembelian, download apps, pendaftaran member, dan lain-lain. Program affiliate marketing memang bisa memberi penghasilan tambahan online dengan nilai yang lumayan. Tapi membangunnya tidaklah mudah  harus memiliki pengetahuan teknis terutama mengenai SEO.

5.      Investasi

Investasi juga salah satu cara supaya kita bisa melipat gandakan uang secara halal. Ada berbagai jenis investasi yang bisa diambil seperti emas, trading forex, tabungan deposito, trading saham, reksa dana, dan lainnya.

Beberapa pekerjaan tambahan diatas bisa kita pilih sesuai dengan kemampuan dan passion kita masing-masing. Perlu ditanamkan didalam diri kita untuk tidak perlu ragu dan pikir panjang untuk memulai sesuatu.

DAFTAR PUSTAKA

Engko, C., & Usmany, P. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran online. Jurnal Akuntansi6(1), 23-38.

Krisida, S. H. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Individu Untuk Mempunyai Pekerjaan Tambahan Di Indonesia (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).

https://www.ekrut.com/media/ide-kerja-sampingan-online (gambar)

 

0 komentar:

Posting Komentar