12.11.21

LOVE YOUSELF TODAY

 

Ujian Mid Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu: Dr.Arundati Shinta,MA

Ganjar Dwi Lestari/19310410012 (Kelas A)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 



Pada tanggal 10 Oktober 2021 lalu diperingati hari Kesehatan Mental Dunia.Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia (ILMPI) mengadakan lomba poster dan video reels.Setiap peserta diperbolehkan memilih lomba yang akan diikuti membuat karya poster atau video reels.Untuk pendaftran lomba bisa diakses melalui website yang sudah disediakan.Pendaftaran lomba dilaksanakan mulai tanggal 4 Oktober 2021 dan batas pengumpulannya sampai tanggal 18 Oktober 2021.Untuk penilaian lomba dilaksanakan tanggal 19 Oktober 2021 sampai dengan tanggal 23 Oktober 2021,untuk pengumuman pemenang dilaksanakan tanggal 25 Oktober 2021.

Pengertian kesehatan secara umum menurut WHO yaitu: “keadaan (status) sehat utuh secara fisik, mental (rohani) dan sosial, dan bukan hanya suatu keadaan yang bebas dari penyakit, cacat dan kelemahan” (Smet, 1994). Artinya, seseorang dinilai sehat apabila terjadi keseimbangan yang baik antara kondisi fisik dan mentalnya. Realitanya masih banyak masyarakat Indonesia yang masih awam tentang kesehatan jiwa dan mental.

Secara khusus, menurut Karl Menninger, individu yang sehat mentalnya adalah mereka yang memiliki kemampuan untuk menahan diri, menunjukkan kecerdasan, berperilaku dengan menenggang perasaan orang lain, serta memiliki sikap hidup yang bahagia.

Pieper dan Uden (2006) mengatakan bahwa kesehatan mental adalah suatu keadaan dimana seseorang tidak mengalami perasaan bersalah terhadap dirinya sendiri, memiliki estimasi yang realistis terhadap dirinya sendiri dan dapat menerima kekurangan dan kelemahannya, kemampuan menghadapi masalah-masalah dalam hidupnya, memiliki kepuasan dalam kehidupan sosialnya serta memiliki kebahagiaan dalam hidupnya.

Selain itu, World Health Organization (WHO, 2001), menyatakan bahwa kesehatan mental merupakan kondisi dari kesejahteraan yang disadari individu, yang di dalamnya terdapat kemampuan-kemampuan untuk mengelola stres kehidupan yang wajar, untuk bekerja secara produktif dan menghasilkan, serta berperan serta di komunitasnya.

Berdasarkan pendapat para ahli tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kesehatan mental adalah kemampuan seseorang untuk mengembangkan potensi diri dan memiliki kepuasan dalam hidupnya.

Dari poster yang saya buat terdapat 3 cara mencintai diri sendiri:

1.      - Tersenyum dan ucapkan kata-kata positif kepada dirimu didepan cermin

Untuk Sebagian orang mersa insecure atau minder dengan kemampuan yang ada dirinya,untuk itu makan perlu adanya motivasi dari diri sendiri

2.      - Berani kata ‘’TIDAK’’ terhadap sesuatu yang membuat kamu tidak nyaman

Kebanyakan orang merasa tidak enak untuk menolak suatu ajakan,tetapi dengan rasa tidak enakan tersebut maka membuat diri kita merasa tidak nyaman.Maka,mulai mengatakan TIDAK untuk hal yang membuat anda tidak nyaman

3.      - Tuliskan hal-hal yang membuat kamu bersyukur setiap hari

Kebanyakan orang merasa tidak merasa cukup,kurang bersyukur untuk hal yang telah dicapainya,padahal belum tentu orang lain bisa merasakannya.

 





       Daftar Pustaka:

Dewi,Kartika Sari. 2012. Buku Ajar Kesehatan Mental. UPT UNDIP Press Semarang.

Putri, Anisha S.Hari Kesehatan Jiwa 2018 Fokus Pada Kesehatan Mental Remaja.

 

        



0 komentar:

Posting Komentar