12.11.21

Hidup Sehat dengan Menjaga Mental Kita

 

Hidup Sehat dengan Menjaga Mental Kita

Tulisan untuk Ujian Mid Semester Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Hijriyanto Purnawan/20310420052

Kelas Reguler (A)

 

 

    Setiap hari kita beraktivitas menjalani kegiatan kita sehari – hari dari bangun tidur hingga tidur lagi, namun terkadang kita suka melupakan kesehatan tubuh kita yang dimana dengan menurunnya kesehatan tubuh kita maka akan berefek ke kegiatan kita sehari – hari, sehingga dapat menghambat kegiatan yang seharusnya menjadi rutinitas kita namun karena menurunnya kesehatan maka menjadi terhambat. Hidup sehat merupakan kunci kehidupan kita, dengan hidup sehat berarti hidup kita tanpa ada gangguan masalah yang bersifat fisik maupun non fisik. Gangguan fisik berupa penyakit – penyakit yang menyerang tubuh dan fisik seseorang. Sementara non fisik menyangkut kesehatan kondisi jiwa, hati, dan pikiran seseorang. Artinya, kesehatan meliputi unsur jasmani dan rohani.

    Kesehatan mental merupakan atau lebih dikenal dengan kesehatan jiwa merupakan salah satu aspek yang paling penting dalam mewujudkan kesehatan secara menyeluruh. Kesehatan mental sangatlah penting diperhatikan layaknya kesehatan fisik. Kesehatan mental merupakan komponen paling mendasar dari definisi kesehatan itu sendiri. Kesehatan mental yang baik memungkinkan orang untuk menyadari potensi yang ada pada diri mereka, mdapat mengatasi tekanan kehidupan yang normal, bekerja secara profesional dan produktif serta berkontribusi mereka. Kondisi mental yang sehat pada setiap individu tidaklah dapat disamaratakan. Kondisi yang seperti ini semakin membuat urgensi kesehatan mental yang mengarah padabagaimana memberdayakan individu, keluarga, maupun komunitas untuk menemukan, menjaga, dan mengoptimalkan kondsi sehat mentalnya dalam menghadapi kehidupan sehari-hari pada diri sendiri dan terutama pada lingkungan.

Beberapa cara menjaga kesehatan mental kita:

    1.      Katakan hal positif pada diri sendiri

Pada dasarnya setiap individu harus memiliki mindset atau pola pikir yang positif. Pola pikir yang positif akan menjadikan diri individu itu sendiri semakin sehat karna dengan kita berpikir secara positif maka akan memberikan dampak kebahagiaan pada diri sendiri dan menjadi vibes positif bagi lingkungan sekitarnya.

    2.       Olahraga

Olahraga yang dilakukan secara rutin akan memberi dampak sehat bagi tubuh kita. Fisik yang kuat akan menjadi individu yang disenangi oleh orang lain dan menjadi pencegah stress dan depresi yang baik.

    3.       Tidur tepat waktu

Penelitian menunjujkkan bahwa kurang tidur memiliki efek negatif yang signifikan pada suasana hati. Sehingga orang yang kurang tidur dapat dilihat dari fisiknya yang memiliki mata hitam (mata panda) dan terlihat tidak bersemangat dalam menjalani aktivitas.

    4.       Terbukalah pada seseorang

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, setiap manusia pasti membutuhkan orang lain untuk kesehariannya, salah satunya adalah sharing atau bercerita.

    5.       Kurangi penggunaan media sosial

Terlalu sering membuka media sosial dapat membuat diri menjadi cemas karena informasi-informasi yang masuk secara berlebihan tanpa adanya saringan.

    6.       Membantu orang lain

Bersikap membantu dan ramah adalah cara yang baik untuk membangun harga diri.

 

    Maka dengan menjaga kesehtan mental kita, kita dapat menjadi pribadi yang sehat dan tidak mudah depresi. Sehigga kita dapat menjalankan aktivitas kita sehari – hari dan membuat vibe lingkungan kita menjadi positif

 


 

Daftar Pustaka

Ayuningtyas D, Misnaniarti, Rayhani M. 2018. Analisis Situasi Kesehatan Mental pada Masyarakat di Indonesia dan Strategi Penanggulangannya. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 9(1):1-10.

Hanifa E. 2010. Cara Hidup Sehat. Sarana Bangun Pustaka : Jakarta Timur

0 komentar:

Posting Komentar