12.11.21

Mental dan Fisik harus Tetap Sehat! Yuk Jaga Kesehatan Mental

 

LOMBA POSTER ILMPI “BAGAIMANA MENJAGA KESEHATAN MENTAL”

Mental dan Fisik harus Tetap Sehat! Yuk Jaga Kesehatan Mental

 Artikel ini dibuat untuk memenuhi Ujian Mid Psikologi Inovasi
Nama : Maily Qisti Rofiq
NIM  : 19310410095
Kelas : Reguler A
Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta, MA

Kesehatan mental merupakan sektor penting dalam mewujudkan kesehatan secara meyeluruh. menjaga kesehatan mental sama pentingnya menjaga kesehatan fisik. Kesehatan mental merupakan kondisi dimana individu terbebas dari segala ganguan-gangguan mental/psikis. Individu yang sehat secara mental dapat berfungsi secara normal dalam menjalankan hidupnya khususnya saat menyesuaikan diri untuk menghadapi masalah-masalah yang akan ditemui sepanjang hidup seseorang dengan menggunakan kemampuan pengolahan stres (Ayu dkk, 2015).

Perhitungan beban penyakit pada tahun 2017 menunjukan gangguan jiwa yang diprediksi dialami oleh penduduk Indonesia diantaranya gangguan depresi, cemas, skizofrenia, bipolar, gangguan perilaku, autis, gangguan perilaku makan, cacat intelektual, dan attention deficit hyperactivity  disorder (ADHD). Dimana ganggguan depresi dialami oleh semua kelompok usia. Dari hasil Riskesdas 2018 menunjukan bahwa gangguan deperesi sudah terjadi sejak rentang usia remaja (15-24 tahun), dengan prevelensi 6,2% . pola prevelensi depresi semakin meningkat seiring dengan peningkatan usia. Usia 65-74 tahun sebesar 8,0%, 55-64 tahun sebesar 6,5%, dan usia 75 keatas sebesar 8,9% (Pusat data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI). Riset Kesehatan Dasar (RiskesDas) 2018, menunjukan lebih dari 9 juta penduduk berusia lebih dari 15 tahuu mengalami gangguan mental emosional, dan lebih dari 12 juta penduduk usia lebih dari 15 tahun mengalami depresi.

Kesehatan mental saat ini bukan menjadi hal yang asing lagi bagi masyarakat. banyak dari masyarakat yang mulai peduli terhadap pentingnya menjaga kesehatan mental dengan melakukan berbagai macam campaign kesehatan mental. Seperti lomba yang diadakan oleh ILMPI pada tanggal 4-18 Oktober 2021 dengan tema “Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mental?”. Lomba ini bertujuan untuk memperingati hari kesehatan mental sedunia tanggal 10 Oktober. campaign ataupun lomba yang diadakan bertujuan untuk menyerukan pentingnya menjaga kesehatan mental baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Meskipun begitu, menjaga mental tetap sehat kerap luput dari perhatian.

Seseorang dengan kondisi mental yang buruk akan sulit mengendalikan emosi, stres, serta tidak dapat berpikir dan membuat keputusan dengan tepat. Kesehatan mental merupakan komponen penting dalam setiap jenjang kehidupan manusia. Dengan memiliki mental yang sehat seseorang dapat merasakan berbagai manfaat dalam kehidupannya seperti lebih mampu mengatasi stres dan tekanan hidup, dapat menjalin hubungan yang baik, bekerja secara produktif, dapat berkontribusi di masyarakat, serta sadar dengan potensi yang dimilikinya.

 Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan mental kita? Menjaga kesehatan mental dapat dilakukan dari hal-hal yang sederhana seperti :

a) Istirahat yang cukup, istirahat tidak hanya membat tubuh segar tetapi juga mampu menjaga kesehatan mental.

b) Rajin Olahraga. Olahraga tidak hanya membuat tubuh menjadi sehat, namun juga mampu menjaga kesehatan mental. Dalam diri yang kuat terdapat jiwa yang sehat.

c) Me Time. Luangkan waktu untuk diri sendiri dengan belajar kenali diri sendiri atau melakukan hobi.

d) Membangun Hubungan yang Sehat dan Positif. Bangun hubungan dengan keluarga, pasangan, dan teman yang sehat dan positif. Jangan biarkan diri Anda berada dalam hubungan yang toxic.

e) Bersahabat dengan hal yang mempengaruhi fisik dan mental. Jangan biarkan stres, kesepian, maslaah keluarga dan pekerjaan membuat Anda terpuruk. Coba memahami semua masalah yang ada dan segera cari jalan keluarnya.

Referensi :

Putri, A. W.,  Budhi, W. & Arie, S. G. 2015. Kesehatan Mental Masyarakat Indones

(Pengetahuan dan Keterbukaan Masyarakat Terhadap Gangguan Kesehatan Mental). Jurnal Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 2(2), Hal. 147-300, 2442-4480

Situasi Kesehatan Jiwa di Indonesia. Pusat data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI, 2442-7659 https://pusdatin.kemenkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/infodatin/infoDatin-kesehatan-jiwa.pdf

 

Widyawati. 2021. Kemenkes Beberkan Masalah Permasalahan Kesehatan Jiwa di Indonesia https://sehatnegeriku.kemenkes.go.id/baca/rilis-media/20211007/1338675/kemenkes-beberkan-kesehatan-jiwa-di-indonesia/




0 komentar:

Posting Komentar