12.11.21

PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN MENTAL

 

Tulisan ini dibuat untuk memenuhi Ujian Mid Psikologi Inovasi

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 


Hosianna Ronauli Simbolon 19310410032 (A)

Dosen Pengampu: Dr. Arundhati Shinta, MA

Kesehatan mental merupakan hal yang sangat penting bagi manusia sama halnya seperti kesehatan fisik pada umumnya. Dengan sehatnya mental seseorang maka aspek kehidupan yang lain dalam dirinya akan bekerja secara lebih maksimal. Kondisi mental yang sehat tidak dapat terlepas dari kondisi kesehatan fisik yang baik. Kesehatan mental merupakan sebuah kondisi dimana individu terbebas dari segala bentuk gejala-gejala gangguan mental. Individu yang sehat secara mental dapat berfungsi secara normal dalam menjalankan hidupnya khususnya saat menyesuaikan diri untuk menghadapi masalah-masalah yang akan ditemui sepanjang hidup seseorang dengan menggunakan kemampuan pengolahan stres. Kesehatan mental merupakan hal penting yang harus diperhatikan selayaknya kesehatan fisik. Diketahui bahwa kondisi kestabilan kesehatan mental dan fisik saling mempengaruhi.

Kesehatan mental yang baik untuk individu merupakan kondisi dimana individu terbebas dari segala jenis gangguan jiwa, dan kondisi dimana individu dapat berfungsi secara normal dalam menjalankan hidupnya khususnya dalam menyesuaikan diri untuk menghadapi masalah-masalah yang mungkin ditemui sepanjang hidupnya. Menurut WHO, kesehatan mental merupakan kondisi dari kesejahteraan yang disadari individu, yang di dalamnya terdapat kemampuan-kemampuan untuk mengelola stres kehidupan yang wajar, untuk bekerja secara produktif dan menghasilkan, serta berperan serta di komunitasnya.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan mental:

1.      Katakan hal positif dan bersyukur

Pikiran dan perkataan yang positif membantu kita untuk lebih optimis. Sikap optimis dan rasa syukur  meningkatkan kesejahteraan, kualitas kesehatan dan kebahagiaan. Penelitian menunjukkan bahwa cara kamu berpikir tentang diri sendiri dapat memiliki efek yang kuat pada kejiwaan. Ketika kita memandang diri kita dan hidup kita secara negatif, maka kita juga merasakan efek negatifnya. Sebaliknya, jika membiasakan diri menggunakan kata-kata yang membuat lebih positif, maka hal ini membuat kita menjadi lebih optimis

2.      Makan makanan enak

Makanan yang enak akan membuatmu senang dan dapat menenangkan suasana hati. Selain memberikan nutrisi yang dibutuhkan, makan lezat dan sehat juga menyehatkan otak. Karbohidrat (dalam jumlah sedang) meningkatkan serotonin, bahan kimia yang terbukti memiliki efek menenangkan pada suasana hati. Sementara itu makanan kaya protein membantu kamu tetap waspada.

3.      Istirahat

Ketika merasa lelah, coba untuk berhenti sebentar dari kekacauan disekitarmu. Lepaskan tugas, pekerjaan, dan bebanmu sejenak. Pada saat-saat semua pekerjaan terasa seperti terlalu banyak, menjauhlah, dan lakukan apa pun kecuali hal yang membuat kamu semakin stres, setidaknya sampai kamu merasa sedikit lebih baik. Istirahat kecil seperti memejamkan mata dan ambil 10 tarikan nafas dalam-dalam saja sangat berguna bagimu.

4.      Olahraga

Olahraga adalah salah satu cara yang ampuh untuk menangkal stres, kecemasan dan depresi. Tubuh akan membantu kita dalam menyingkirkan stres dan meningkatkan suasana hati sebelum dan sesudah kita berolah raga. Tubuh akan melepaskan endorfin yang membantu menyingkirkan stres dan meningkatkan suasana hati sebelum dan sesudah berolahraga. Itulah sebabnya olahraga adalah cara penangkal stres, kecemasan, dan depresi yang ampuh. Carilah cara-cara kecil untuk menambah aktivitas olahraga, seperti naik tangga, atau jalan kaki ke tempat yang dekat

5.      Terbuka pada orang lain

Terbuka kepada orang lain dan memahami bahwa dirimu dihargai membantumu berfikir positif dan mengenal diri lebih lagi. Mengetahui bahwa kamu dihargai oleh orang lain adalah penting untuk membantu kamu berpikir lebih positif. Belajar terbuka kepada orang lain, yang membuat kamu lebih mampu berpikir positif dan semakin mengenal diri sendiri. 

Diatas ini merupakan 5 langkah-langkah positif sederhana untuk menjaga kondisi kesehatan mental. Cara menjaga kesehatan mental seperti yang disebutkan diatas tidaklah sulit dilakukan, cukup dengan menerapkannya secara bertahap dan penuh ketelatenan supaya mendapatkan manfaat jangka panjang. 


Daftar Pustaka:

Putri, A. W., Wibhawa, B., & Gutama, A. S. (2015). Kesehatan mental masyarakat Indonesia (pengetahuan, dan keterbukaan masyarakat terhadap gangguan kesehatan mental). Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat2(2).

0 komentar:

Posting Komentar