12.11.21

LANGKAH MUDAH MENJAGA KESEHATAN MENTAL

 

Tulisan Ini Untuk Ujian MID Psikologi Inovasi 

Diampu Oleh : Dr. Arundati Shinta, M.A

Electra Alnurin Marta 

19310410004/ A

Fakultas Psikologi

Unoversitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Kesehatan mental merupakan sebuah kondisi dimana individu terbebas dari segala bentuk gejala-gejala gangguan mental. Individu yang sehat secara mental dapat berfungsi secara normal dalam menjalankan hidupnya khususnya saat menyesuaikan diri untuk menghadapi masalah-masalah yang akan ditemui sepanjang hidup seseorang dengan menggunakan kemampuan pengolahan stres. Kesehatan mental merupakan hal penting yang harus diperhatikan selayaknya kesehatan fisik. Diketahui bahwa kondisi kestabilan kesehatan mental dan fisik saling mempengaruhi. Gangguan kesehatan mental bukanlah sebuah keluhan yang hanya diperoleh dari garis keturunan. Tuntutan hidup yang berdampak pada stress berlebih akan berdampak pada gangguan kesehatan mental yang lebih buruk.

Arti sehat bukan berarti hanya sekedar terhindar dari segala penyakit yang datang ke dalam diri manusia. Sehat itu mencakup segala kondisi mental, fisik dan sosial yang dimiliki setiap manusia. Kondisi mental setiap orang berbeda-beda. Ada yang bisa menanggapi masalah tersebut dengan baik dan hati yang tenang dan ada juga yang bisa menanggapi masalah tersebut dengan rasa takut, kecewa, serta marah. Dan hal tersebut berarti kondisi mentalnya memiliki suatu gangguan. Banyak masyarakat yang hanya mementingkan kesehatan fisik dibandingkan kesehatan mental. Padahal, kesehatan mental itu bisa berdampak juga bagi kesehatan fisik. Ketika kita stress akibat permasalahan yang dihadapi dan tidak bisa mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut, mengakibatkan kita mudah jatuh sakit karena pikiran yang tidak tenang.

Seseorang pasti sangat terpuruk, putus asa, merasa dirinya sudah tidak berguna lagi di hidupnya, jika kesehatan mentalnya tidak terjaga dengan baik dan pasti mereka mencari cara untuk memperbaikinya tetapi tidak tahu jalan keluarnya. Setiap manusia pasti ingin tetap menjaga kesehatan mentalnya agar tetap sehat dan baik. Kita harus mengetahui bagaimana cara mencegah apabila kita atau orang disekitar merasa stress atau terdapat beban pikiran akibat masalah yang dimiliki. Berikut beberapa tips menjaga kesehatan mental.

1.    Hindari stress. Stress adalah bagian kehidupan di sehari-hari, sehingga hal ini hampir tidak mungkin untuk dihindari. Cara yang bisa dilakukan untuk mengelola stress antara lain dengan berjalan santai di luar ruangan, menonton film, mendengarkan lagu, dan menulis kejadian sehari-hari di buku harian.

2.   Lakukan vibes positif pada diri sendiri. Berpikir tentang diri sendiri dapat memiliki efek yang kuat pada kejiwaan. Ketika memandang diri dan hidup secara negatif, maka individu juga akan merasakan efek yang negative. Begitu juga sebaliknya, jika membiasakan diri menggunakan atau berpikir yang positif, maka hal ini akan membuat diri individu lebih optimis.

3.  Jalin hubungan baik dengan orang lain. Individu dengan hubungan sosial yang baik terbukti lebih mampu mengatasi stress dan memelihara kesehatan fisik maupun mentalnya.

4.     Istirahat cukup. Tidak dianjurkan untuk begadang dan saat semua pekerjaan terasa terlalu banyak dan berat. Segera menjauh dan lakukan apapun kecuali hal yang membuat semakin lelah hingga stress. Setidaknya sampai merasa sedikit lebih baik, hal ini bekerja baik untuk membantu melawan stress.

5.    Capai tujuan sesuai minat dan kemampuan. Menetapkan tujuan dan target dapat membuat hidup menjadi lebih terarah. Hal ini pada akhirnya juga dapat membantu kesehatan mental.

6.    Tulis hal yang berkesan positif. Rasa bersyukur akan hal positif dapat dikaitkan dengan peningkatan kesejahteraan, kualitas kesehatan mental, serta kebahagiaan. Cara sederhana untuk meningkatkan rasa beryukur adalah membuat jurnal dan menukiskan berbagai hal yang patut disyukuri setiap harinya.


 

 

Referensi :

Putri AW, Wibhawa B, Gutama AS. 2015. Kesehatan mental masyarakat Indonesia (pengetahuan, dan keterbukaan masyarakat terhadap gangguan kesehatan mental). Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2.2 (2015).

Chelsea M. 2021. Mengenal Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental. TarFomedia, ISSN 2720-9431.

dr. Gabriella. 9 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental. https://www.halodoc.com/artikel/9-cara-sederhana-menjaga-kesehatan-mental.

0 komentar:

Posting Komentar