12.11.21

Menjaga kesehatan mental

 


Ujian Mid Psikologi Inovasi Semester Ganjil 2021/2022

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, MA

ANDRI WIJAYANTO  / 19310410023 (Kelas B)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta




   Kesehatan mental mungkin kerap luput dari perhatian. Padahal, kondisi mental yang sehat menjadi salah satu kunci untuk menjaga kesehatan tubuh serta terhindar dari berbagai penyakit. Namun, apakah Anda sudah memahami apa itu kesehatan mental? Untuk lebih mengenalnya, simak ulasan berikut mengenai serba-serbi kesehatan mental yang perlu Anda tahu.

Mental adalah hal-hal yang berkaitan dengan batin dan watak manusia. Dengan kata lain, kesehatan mental adalah kondisi ketika batin dan watak manusia dalam keadaan normal, tenteram, dan tenang, sehingga dapat menjalankan aktivitas dan menikmati kehidupan sehari-hari.

Sebaliknya, seseorang dengan kondisi mental yang buruk akan sulit mengendalikan emosi, stres, serta tidak dapat berpikir, merasa, bertindak, dan membuat keputusan dengan tepat. Bahkan, seseorang dengan mental yang buruk pun cenderung memiliki hubungan yang tidak baik dengan orang di sekitarnya atau kerap menarik diri dari kehidupan sosialnya.

Kesehatan mental adalah komponen yang penting dalam setiap jenjang kehidupan manusia, mulai dari masa kanak-kanak, remaja, hingga dewasa. Bahkan, seringkali disebutkan, kondisi mental pada masa kanak-kanak dapat memengaruhi perkembangan kejiwaan seseorang hingga dewasa nantinya.

Oleh karena itu, penting bagi seseorang untuk memiliki mental yang sehat sedari kecil. Dengan memiliki mental yang sehat, seseorang dapat merasakan berbagai manfaat dalam menjalankan kehidupannya, seperti:

Lebih mampu mengatasi stres dan tekanan hidup.

Sehat secara fisik atau jasmani

Dapat menjalin hubungan yang baik dengan sesama manusia.

Dapat berkontribusi di masyarakat.

Bekerja secara produktif.

Sadar potensi yang dimiliki.

Tak hanya itu, kesehatan mental dan fisik pun sangat berkaitan. Seseorang yang memiliki gangguan mental, terutama depresi, dapat meningkatkan risiko berbagai masalah fisik pada masa mendatang, seperti stroke, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.


Referensi 

Chelsea M. 2021. Mengenal Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental.TarFomedia, ISSN 2720-9431.

dr. Gabriella. 9 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental.https://www.halodoc.com/artikel/9-cara-sederhana-menjaga-kesehatan-mental.







0 komentar:

Posting Komentar