12.11.21

KESEHATAN MENTAL : BAGAIMANA CARA MENJAGANYA?

 

KESEHATAN MENTAL : BAGAIMANA CARA MENJAGANYA?

Tulisan untuk Ujian Mid Psikologi Inovasi 

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta 

Poppy Intan Permatasari/19310410013

Kelas Reguler (A)

 

10 Oktober sudah dikenal masyarakat sebagai peringatan hari kesehatan mental sedunia. Tepat ditanggal 10 Oktober 2021 kemarin Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia mengadakan lomba untuk mahasiswa psikologi di seluruh Indonesia. Lombanya yaitu terbagi menjadi dua bentuk diantaranya membuat poster serta reels instagram dengan tema “Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mental?”. Sebelum kita membahas dan menjawab terkait cara menjaga kesehatan mental alangkah baiknya kita untuk mengenal secara sigkat definisi kesehatan mental terlebih dahulu.

Pieper dan Uden (2006) mengatakan bahwa kesehatan mental adalah suatu keadaan dimana seseorang tidak mengalami perasaan bersalah pada dirinya sendiri, memiliki estimasi yang realistis terhadap dirinya sendiri dan dapat menerima kekurangan dan kelemahannya, mampu mengahadapi masalah dalam hidupnya serta memiliki kebahagiaan dalam hidupnya. Jadi kesehatan mental ini sangatlah penting untuk setiap individu miliki karena hal ini nantinya akan berkaitan dengan dirinya dalam kehidupan sehari-harinya.

Orang yang memiliki mental sehat maka dia akan merasakan kebahagiaan didalam hidupnya dan dia akan jauh sekali dari yang namanya keterpurukan. Alasannya karena orang yang sehat secara mental mampu menerima semua hal yang terjadi pada dirinya, entah itu hal negatif maupun positif sekaligus. Jadi orang yang memiliki mental ini juga akan ditandai degan sifat atau ciri yang khas seperti memiliki tujuan hidup yang jelas, punya konsep diriyang jelas serta mampu untuk bertindak secara efisien (Kartono, 1989). Tetapi tidak kala pentingnya antara kesehatan mental dan juga kesehatan fisik ini harus diimbangi agar tercapai kehidupan sehat yang sesungguhnya.

Namun persoalan yang masih sering terjadi terkait kesehatan mental yaitu  dimana masyarakat masih menganggap tabu terkait kesehatan mental ini. Dimana stigma masyarakat terhadap pengidap gangguan kesehatan mental di Indonesia masih sangat kuat. Menurut Rokom (2021) saat ini Indonesia memiliki prevalensi orang dengan gangguan jiwa sekitar 1 dari 5 penduduk, artinya sekitar 20% populasi di Indonesia itu mempunyai potensi-potensi masalah gangguan jiwa. Jadi hal ini membuat masyarakat masih perlu untuk menjaga kesehatan mental dengan berbagai cara agar bisa terhindar dan mengurangi permasalahan kesehatan mental di Indonesia.  

Tulisan ini tertuju kepada masyarakat yang mengalami masalah terkait kesehatan mental. Jadi pertayaan yang harus dijawab yaitu bagaimana cara untuk mengurangi kesehatan mental di Indonesia ? Tentunya ada beberapa tips yang harus kita siapkan. Berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mental dan mengurangi masalah mental:

1.      Menjaga Hubungan Sehat dan Positif

Artinya kita harus membangun hubungan dengan keluarga, teman, dan pasangan dengan cara yang sehat dan positif. Jangan biarkan diri kita rusak dengan hubungan beracun.

2.      Pilah dan Batasi Informasi

Artinya kita mengakses informasi yang akurat dari sumber resmi dan terpercaya serta membatasi menonton, membaca, dan mendengarkan berita yang berlebihan.

3.      Jaga Kesehatan Fisik dan Pola Makan

Artinya kesehatan fisik itu dapat mempengaruhi kesehatan mental begitupun sebaliknya. Pola hidup sehat bisa dinilai dari makanan, minuman, asupan nutrisi, serta kebiasaan berolahraga seseorang. Pada dasarnya, penerapan pola hidup sehat memang identik dengan faktor makanan yang biasa dikonsumsinya.

4.      Istirahat yang Cukup

Artinya dengan tidur yang cukup akan membuat tubuh kita segar dan membantu untuk bisa menjaga kesehatan mental kita. Jadi kita harus beristirahat sesuai kebutuhan kita, jangan berlebihan dan jangan kekurangan

5.      Me Time

Artinya luangkan waktu kita untuk diri sendiri dan belajar mengenali diri sendiri atau mengetahui hobi dan bakat kita. Salah satu manfaat me time adalah untuk menghilangkan stres. Melakukan hobi atau kegiatan yang disukai tanpa gangguan orang lain dapat menurunkan tingkat stres. Dengan demikian, risiko kita terkena berbagai penyakit seperti kesehatan mental, hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung pun akan berkurang.

6.      Rajin Olahraga

Artinya ketika kita rajin olahraga maka didalam diri kita yang kuat maka jiwa kita akan juga sehat. Salah satu manfaat olahraga yang baik untuk kesehatan mental adalah mengurangi stres dan mencegah terjadinya depresi. Dengan rutin berolahraga, tingkat hormon stres seperti kortisol, adrenalin, dan norepinefrin dapat dikurangi

            Jadi dengan cara-cara tersebut diharapkan bisa membantu individu terhindar dari permasalahan gangguan mental. Karena individu yang sehat secara mental masih perlu beradaptasi untuk bisa benar-benar terhindar dari sebuah masalah gangguan. Jika dirasa cara diatas masih kurang efektif karena permasalahannya sudah cukup berat maka segera konsultasikan dengan psikolog dan psikiatri terdekat di kotamu. Yuk sama-sama jaga kesehatan mental, wujudkan Indonesia menjadi negara yang bisa secara cepat mengatasi sebuah permasalahan kesehatan mental.

Daftar Pustaka :

Kartono, K. (1989). Hygiene Mental. Bandung: CV. Mandar Maju.

Pieper, J. &. (2006). Religion in Coping and Mental Health Care, Yord. New York : University Press.

Rokom. (2021). Kemenkes Beberkan Masalah Permasalahan Kesehatan Jiwa di Indonesia. Jakarta: Sehat Negeriku Sehatlah Bangsaku. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20211007/1338675/kemenkes-beberkan-masalah-permasalahan-kesehatan-jiwa-di-indonesia/ (Diakses pada 12 November 2021)

 

0 komentar:

Posting Komentar