8.11.21

KEBANGKITAN SELALU LEBIH KUAT DARIPADA KEGAGALAN


TUGAS PSIKOLOGI INOVASI

Dosen Pengampu: Dr. Arundhati Shinta, M. A

Lidya Aritonang / 19310410033

Fakultas Psikologi

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

       Berbagai hal yang sering terjadi dalam hidup yang menciptakan sebuah kegagalan. Misal, seseorang telah merancang sesuatu pun dengan matang belum tentu berhasil diakhir, dan pastinya yang datang. Dan pastinya akan timbul rasa kecewa dalam diri sendiri. Dengan begitu dapat diiringi dengan munculnya stress bahkan depresi dalam diri.

 Depresi merupakan gangguan emosional yang ditandai dengan perasaan tertekan, perasaan bersalah, kesedihan, kehilangan minat, dan menarik diri dari orang lain yang dapat berpengaruh pada hubungan interpersonal. Seseorang yang mengalami depresi pada umumnya menunjukkan gejala fisik, psikis dan gejala sosial yang khas, seperti murung, sedih, sensitif, gelisah, mudah marah atau kesal, kurang bergairah, kurang percaya diri, hilang konsentrasi, bahkan bisa kehilangan daya tahan tubuh pada seseorang yang mengalaminya.

Beberapa faktor yang menyebabkan depresi diantaranya, karena faktor Biologis,Psikologis, dan sosial. Dan jika dibiarkan terlalu lama akan berakibat buruk.Terutama untuk bangkit dari dari kegagalan yang dialami.

1. Calm down
Jangan pernah membiarkan kegagalan yang Anda alami membuat Anda merasa terpuruk. Hadapi dengan tenang dan sabar akan membuat Anda jauh lebih baik dalam membuat keputusan. Hal ini dapat memperbaiki kegagalan-kegagalan yang telah terjadi dalam hidup Anda.

2. Belajar Dari Kesalahan
Kegagalan adalah kesempatan Anda untuk berkembang jauh lebih baik dari sebelumnya. Belajarlah dari kegagalan yang telah Anda dapatkan cari apa yang membuat Anda gagal dan perbaiki. Hal ini akan membantu Anda untuk mengatasi setiap kegagalan yang terjadi.

3. Tetap Semangat
Jangan pernah turunkan semangat Anda untuk hal-hal yang ingin Anda raih. Tetap kobarkan semangat Anda apapun yang terjadi. Kegagalan adalah hal umum yang bisa di alami oleh setiap orang. Ambil kesempatan kembali dan tetap semangat.

4. Ubah Tujuan Anda
Terkadang kegagalan adalah cara tuhan menunjukkan jalan lain yang lebih baik untuk Anda. Cobalah untuk mengubah tujuan dan mimpi Anda, mungkin di situlah Anda akan menemukan berbagai hal yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

5. Berdoa Dan Tetap Yakin
Percaya atau tidak do'a mempunyai kekuatan ampuh untuk membuat Anda berhasil dalam segala hal yang Anda inginkan. Jangan pernah menyerah dalam membuat keinginan dan jangan pernah juga putus asa dalam setiap do'a Anda. Tetap yakin dan semangat akan membuat Anda dekat dengan keberhasilan.

    Dengan begitu, maka kita akan melakukan segala hal dengan ringan dan memiliki motivasi baru untuk bangkit. 

daftar pustaka :

Lumongga, D. N. (2016). Depresi: tinjauan psikologis. Kencana.

Sulistyorini, W., & Sabarisman, M. (2017). Depresi: Suatu Tinjauan Psikologis. Sosio Informa3(2).                       

 

0 komentar:

Posting Komentar