8.11.21

MEMULAI USAHA BARU DI MASA PANDEMI


Nama : Devi Nurmala Sari

NIM : 19310410048

Mata kuliah : Psikologi Inovasi

Falkutas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta.

Dosen pengampu:  Dr. Arundati Shinta, M. A.

 

 Usaha Online Foto Utama

Mendapatkan uang ekstra tentu akan sangat membantu bagi kehidupan finansial kita. Namun, bagi sebagian orang, mencari tambahan uang adalah hal yang sulit. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Harus jaga-jaga jika terjadi guncangan keuangan pribadi akibat ketidakpastian ekonomi.

Caranya tidak melulu memangkas pengeluaran. Ketika pengeluaran sudah mentok atau tidak bisa dikurangi lagi, maka kamu harus putar otak. Yaitu dengan meningkatkan penghasilan. Dalam hal ini, sebaiknya kamu tidak mengandalkan pemasukan dari satu sumber saja. Misalnya gaji bulanan dari bekerja kantoran. Kamu harus punya sumber lain untuk menambah penghasilan. Tetapi harus memulai kerja cerdas, bukan lagi kerja keras.

 

Cari tahu apa yang menjadi kelebihanmu

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengetahui apa yang menjadi kelebihanmu. Setiap orang tentu memiliki kelebihan, ahli dalam bidang tertentu, atau menguasai suatu skill.

Cobalah untuk mencari tahu hal yang kamu kuasai. Pastikan skill tersebut bisa membantu orang lain menyelesaikan permasalahan mereka. Dari kelebihan yang dimiliki, kamu bisa menawarkan jasa tertentu dan mendapatkan penghasilan tambahan.

Bisa berawal dari hobimu

Ide mendapatkan uang tambahan juga bisa berasal dari hobi yang kamu miliki, loh. Tanya pada dirimu sendiri apa hal yang kamu sukai atau apa kegiatan yang sering kamu lakukan.

Mencari tambahan penghasilan dengan mengerjakan hal yang kamu suka tentu akan lebih menyenangkan. Bayangkan kamu bisa mendapatkan uang dari mengerjakan hal yang disenangi. Tentu akan terasa bukan seperti sedang bekerja.

Perhatikan juga trend yang sedang terjadi

Selain mencari tahu apa skill atau hobimu, kamu juga bisa perlu memperhatikan trend yang sedang terjadi saat ini. Mengikuti trend adalah salah satu cara baik untuk menemukan ide.

Hal yang sedang trend tentu memiliki banyak peminat. Oleh karena itu, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Penuhi permintaan pasar

Untung mendapatkan penghasilan tambahan, kamu bisa menawarkan jasa atau barang kepada pasar. Namun, jasa atau barangmu tidak akan laku bila tidak sesuai dengan permintaan pasar.

Karena itu, penting juga untuk mengetahui pasar. Cari tahu barang atau jasa yang dibutuhkan oleh calon pelanggan. Kamu bisa menentukan apa produk yang akan kamu jual ke pasar. Dari situ, kamu bisa mendapatkan uang tambahan.

 

            Ada banyak ide bisnis di masa pandemi yang tidak memerlukan modal usaha, tetapi untung tetap banyak. Berikut ini 7 ide bisnis di masa pandemi yang dapat menjadi sumber pendapatan.

1. Bisnis Ritel Online

Menurut laman Forbes, bisnis ritel online menjadi sektor yang bertahan cukup baik di tengah Pandemi Covid-19. Ada berbagai produk mulai dari kuliner, pakaian, dan aneka perabotan dapat menjadi pilihan konsumen.

2. Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner cukup banyak diminati lantaran tidak semua orang bisa dan mau memasak sendiri di rumah. Cara mempromosikan bisnis kuliner sekarang terbilang mudah. Cukup dengan mengiklankan lewat Facebook, Instagram, dan WhatsApp Status.

3. Menjadi Ahli Kebugaran

Di tengah pandemi Covid-19, kondisi kesehatan menjadi hal yang paling diperhatikan. Hal ini turut membuka peluang bagi mereka yang gemar berolahraga untuk membuka jasa seperti menjadi tutor fitness.

4. Tutor Bimbel

Masa pandemi membawa banyak perubahan termasuk sekolah dari rumah. Tak ayal, banyak orang tua yang memerlukan jasa tutor bimbingan belajar (bimbel). Terlebih bagi orang tua yang memiliki kesulitan mengerti pelajaran dan menyelesaikan pekerjaan rumah anaknya. Tutor bimbel dapat melakukan kunjungan langsung ke rumah dengan tetap menerapakan protokol kesehatan maupun secara daring.

5. Bisnis Budidaya Tanaman dan Ikan Hias

Berada di rumah saat pandemi membuat tak sedikit orang merasa bosan. Tak heran bila ada banyak orang mencari kesibukan termasuk dengan melakukan hobinya. Masyarakat kini cenderung hobi menananm tanaman hias dan memelihara ikan cupang. Kesempatan ini dapat dijadikan peluang bisnis berjualan tanaman dan ikan hias.

6. Bisnis Membuat Hand Sanitizer dan Masker Kain

Menjaga kebersihan menjadi hal yang mutlak untuk dilakukan di tengah pandemi. Menurut Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menkomarinvest) dalam laman resmi covid19.co.id, masyarakat wajib mematuhi 3M dan 3T. Mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak serta tracing, testing, dan treatment. Wajib dilakukan demi menekan penyebaran virus Covid-19. Hal tersebut tentu membuka peluang baru yakni menjual masker kain dan hand sanitizer.

Namun, dalam melakukan bisnis ini perlu diperhatikan soal ketelitian dan kehigienisan. Selain itu, perlu diperhatikan imbuan Badan Kesehatan Dunia (WHO) tentang formulasi alkohol khusus untuk membuat hand sanitizer melalui laman resminya.

7. YouTuber dan Influencer

Selain berbagai ide bisnis di masa pandemi tersebut, Youtuber dan Influencer menjadi jenis pekerjaan lain yang ramai di tengah Pandemi Covid-19. Pasalnya, banyak orang memerlukan hiburan di tengah rutinitasnya di rumah.

Kamu bisa mulai aktif bersosial media dan mengumpulkan banyak followers untuk menjadi influencer maupun YouTuber. Berbagai konten dapat dibuat seperti mengcover lagu, berbagi tips dan informasi, membagi resep masakan, atau pun hal menghibur lain yang positif.

 

Itulah beberapa ide bisnis di masa pandemi yang banyak dilakukan dan menghasilkan untung besar. Ingin mencobanya?

 

Sumber:

Aditya, R. (2021). 7 Ide Bisnis di Masa Pandemi yang Menghasilkan Untung Besar.

Ferdiani, K, R. (2020). Cari Uang Tambahan saat Pandemi Tidaklah Sulit, Yuk Mulai dengan 4 Hal ini.

Sumber gambar:

https://www.rumah.com/panduan-properti/15-usaha-online-yang-bisa-dikerjakan-di-rumah-23544
 

0 komentar:

Posting Komentar