8.11.21

PENTINGNYA DISIPLIN UNTUK HIDUP YANG LEBIH BAIK

 

ELECTRA ALNURIN/ 19310410004

TUGAS ESSAY PSIKOLOGI INOVASI

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Disiplin merupakan sebuah kesadaran seseorang untuk mau dan mampu mengendalikan diri dan mematuhi aturan atau nilai-nilai yang telah disepakati, yang berkaitan dengan aturan maupun norma yang berlaku diri sendiri maupun dalam lingkungan sosial. Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya merupakan tanggung jawabnya.Disiplin juga bisa artikan taat aturan. Contoh sikap disiplin dalam kehidupan sehari bangun pagi,masuk sekolah sebelum bel masuk,belajar setiap malam hari, beribadah tepat waktu, dan masih banyak lagi. Disiplin itu dilakukan secara rela bukan paksaan dari orang lain. Sebagai makhluk hidup yang produktif harus menghargai waktu.

Menurut Suharsimi Arikunto (1980: 114), Disiplin adalah kepatuhan seseorang dalam mengikuti peraturan atau tata tertib karena didorong oleh adanya kesadaran yang ada pada kata hatinya tanpa adanya paksaan dari pihak luar. Menurut Thomas Gordon (1996: 3), Disiplin adalah perilaku dan tata tertib yang sesuai dengan peraturan dan ketetapan, atau perilaku yang diperoleh dari pelatihan yang dilakukan secara terus menerus. Disiplin diri menurut Jasin (1989) merupakan disiplin yang dikembangkan atau dikontrol oleh diri sendiri. Hal ini merupakan manifestasi atau aktualisasi dari tanggungjawab pribadi, yang berarti mengakui dan menerima nilai-nilai yang ada di luar dirinya.

Orang Jepang sudah terkenal dengan budaya kedisiplinannya, sehingga ekonomi nya mampu bersaing dengan dengan negara-negara maju di eropa bahkan bisa lebih. Orang Jepang mempunyai etos kerja yang sangat tinggi,meraka tidak pernah menunda-nunda pekerjaannya sekali pun. Kedisiplinan orang Jepang juga terlihat dalam budaya antre, mentaati peraturan lalu lintas, peraturan perusahaan, sekolah, dan peraturan lainnya. Contoh lain dalam hal-hal sepele adalah dalam membuang sampah. Tak heran jika kedisiplinan merupakan salah satu karakter yang paling terkenal dari bangsa Jepang.

Menerapkan kedisiplinan tidaklah mudah. Namun bukan berarti tidak mungkin karena merasa sulit. Berikut beberapa manfaat disiplin yang dapat diperoleh:

1.    1. Pintar mengatur waktu

Orang yang disiplin pintar dalam mengatur waktu. Baik untuk belajar, jalan-jalan, dan sejumlah aktivitas lainnya. Seluruh kegiatan dapat dilakukan sesuai jam yang sudah ditentukan.

2.    2. Memiliki tanggung jawab tinggi

Manfaat disiplin dapat membantu dalam menyelesaikan seluruh pekerjaan. Dari hal tersebut diajarkan bahwa melakukan pekerjaan harus maksimal. Karena itu merupakan tanggung jawab.

3.    3. Tujuan hidup yang terarah

Dengan menerapkan sikap disiplin pasti akan memiliki agenda rutin dan berkomitmen untuk tidak terlambat dalam melakukan segala hal.

4.    4. Tidak takut gagal

Pada hal lainnya yang dapat diperoleh adalah individu dapat menerima kegagalan dengan lapang dada. Sikap disiplin mampu membuat individu tetap semangat dan lebih mudah untuk memperbaiki kesalahan.

Referensi :

https://disperkimta.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/pentingnya-disiplin-waktu-99

https://www.enervon.co.id/news/1692/berbagai-manfaat-baik-disiplin-pada-kehidupanmu/

Helmi Fadilla. 1996. Disiplin Kerja. Bulletin Psikologi Tahun IV, Nomor 2, Desember 1996, Edisi Khusus Ulang Tahun XXXII.

Sumber Gambar :

https://images.app.goo.gl/NNfNyUNbj1Rf99ro6

0 komentar:

Posting Komentar