12.11.21

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mental

 

LOMBA MEMBUAT POSTER

Tema : Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mental

ILHAM DANI AZGAR

19310420097

KELAS : A

Ujian Mid  Psikologi Inovasi

Dose Pengampu : Dr. Arundati Shinta.MA

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Poster yang bikin ini menjelaskan tentang pola hidup sehat atau tips menjaga Kesehatan mental supaya kita selalu sehat baik fisik dan pikiran kita didalam kondisi apapun,  karena sehat itu sangat penting bagi semua mahluk terutama diwaktu pandemi sekrang banyak sekali orang yang jatuh sakit bahkan sampai ada yang meninggal dunia, oleh karena itu kita harus menjaga Kesehatan dan pola makan juga harus teratur karena itu juga bagian terpenting dari menjaga Kesehatan, didalam kondisi seperti ini. Fokus kepada tujuan mampu melepaskan emosi negatif dari pengalaman masa lalu yang membebani. Mulailah dengan membawa kesadaran bahkan untuk hal-hal sederhana seperti mandi, makan siang, atau berjalan pulang. Memberi perhatian pada sensasi fisik, suara, bau, atau rasa dari pengalaman ini membantu kamu untuk fokus. Ketika pikiran kamu terbang melayang hingga menyebabkan kamu overthinking, maka bawa saja kembali ke sesuatu yang kini sedang kamu lakukan.

Remaja adalah masa peralihan diri anak menuju dewasa, pada masa ini terjadi berbagai macam perubahan yang cukup bermakna baik secara fisik, biologis, mental dan emosional maupun psikososial. Biasanya remaja sering kali merasakan kelelahan baik secara fisik maupun mental.

Untuk meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan, remaja tidak bisa hanya berfokus pada kesehatan fisik saja, karena kesehatan mental juga memainkan peran yang besar dalam kehidupan. Kesehatan mental menunjukkan kemampuan diri sendiri untuk mengelola perasaan dan menghadapi kesulitan sehari-hari.

Beberapa langkah perubahan sederhana bisa diterapkan untuk meningkatkan kualitas kesehatan mental. Dengan melakukan perubahan ini, maka dapat dipastikan hal ini memengaruhi semua aspek kehidupan. Nah, untuk remaja yang merasa mudah mengalami stress atau gangguan kecemasan, berikut ini beberapa hal sederhana yang dapat meningkatkan kesehatan mental:

 

·         Luangkan waktu untuk diri sendiri

Contoh : mengerjakan hobi, belajar mengenali diri.

·         Kenali hal-hal mempengaruhi fisik mental anda

Contoh : Kesehatan fisik dapat mempengaruhi mental, begitu pula sebaliknya.

·         Jaga Kesehatan dan pola makan

Kesehatan fisik dapat mempengaruhi Kesehatan mental begitu pula sebaliknya.

·         Berolahraga teratur

·         Istirahat dan tidur yang cukup

·         Bangun relasi yang sehat dan positif






 

 

     

0 komentar:

Posting Komentar