8.11.21

Agar Diri Kuat Bangkit Dari Kegagalan

 Tugas Essay Psikologi Inovasi 

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta 

Nama : Inry Riyanty Pieter 

Nim : 19310410077


Sebuah kegagalan pasti pernah dihadapi oleh semua orang. Yang menjadikan pembeda adalah, bagaimana cara menyikapi kegagalan tersebut. Ada yang merutuki keadaan sambil mencari alasan, dan ada pula yang bangkit dan menjadikan pengalaman tersebut sebagai pijakkan untuk tidak jatuh pada lubang yang sama.

Kehebatan sesungguhnya tidak terletak pada pelayanan yang berhasil diraih, melainkan pada keinginan untuk terus belajar dan terus memperbaiki kualitas diri. Bangkit dari suatu kegagalan, hal yang mudah. Banyak orang yang sudah gagal tidak bisa bangkit lagi. Padahal kegagalan adalah sebuah jalan menuju kesuksesan.

Jika kita merasa berada di titik rendah hidup ini karena sesuatu yang gagal didapat, mungkin saran di bawah ini dapat diamalkan agar bangkit dari kegagalan:

1. Jangan pernah takut untuk melangkah.

Tak apa jika dirimu sedang lelah, istirahatlah dari penatnya keadaan yang ada. Di sisi lain, rencana yang matang untuk target selanjutnya, mencoba beberapa kali masalah.

Dari rencana yang tak sempurna, kita belajar bahwa hal yang diinginkan tak selalu terkabulkan, menerima apa yang ada saat ini adalah hal yang terbaik. Jika ragu ragumu untuk terus melangkah, berarti tekadmu belum kuat untuk melampaui batasmu untuk mencapai titik berikutnya.

2. Jangan menyerah dengan keadaan.

Keadaan yang memaksa untuk terus bertahan dalam kenyataan yang menyakitkan, bukan berarti dirimu harus selesai di sini. Ada banyak sekali jalan yang harus kamu tempuh selanjutnya, semua tergantung juga bagaimana cara berpikir dan mewujudkan apa yang ingin kamu raih selama ini. Jika dunia ini keras, kamu harus jauh lebih keras dan tak mudah membandingkan proses dirimu dengan yang lainnya.

3. Konsisten dengan prinsip kamu pegang.

Berprinsip dan berkarakter yaitu dua hal yang memicu dirimu untuk terus berkembang, dengan segala hal yang ada kamu dapat mengasah kemampuan di berbagai bidang. Tak semua memiliki prinsip dan dapat menjalaninya dengan baik, godaan dari luar, dan lebih kuat dari prinsip yang dipegang. Untuk itu, pola pikir dan karaktermu harus tarus kamu kembangkan dengan kreativitas dan karya, semua orang akan tahu nanti bahwa dirimu mampu melakukan segala hal yang tak mampu mereka lakukan.

4. Bertekad untuk selalu bangkit kembali.

Terpuruk dan gagal hal yang selalu menghampiri, dititik ini kamu lelah dan pasrah akan semuanya. Namun kamu harus selalu kuat menghadapinya, meski terkadang tidak bisa diterima tapi ada hal yg harus kamu mengerti akhirnya. Ada pertunjukan dari semua hal yang kamu alami, rencana Tuhan yang indah akan bersyukur nantinya. Tak ada hal yang tak mungkin kamu lewati jika kamu menyukai untuk mencapainya.

5. Potensi yang ada dalam diri Anda akan berkembang.

Menerima kesalahan dan belajar untuk memperbaikinya apakah hal yang menjadi kekuatanmu untuk terus maju, semua pernah melakukan kesalahan tetapi tidak semua dapat belajar darinya. Karena setiap proses mengajarkanmu sesuatu tentang kehidupan, meski tak semua harus berjalan dengan mulus tapi dirimu tetap harus lurus dalam berkomitmen terhadap prinsip yang kamu punya.

Karena perjalanan hidup akan selalu kamu tempuh dengan berbagai cobaan yang ada, untuk melewatinya Anda butuh ambisi dan tekad yang kuat untuk bertahan. Tak peduli seberapa kuat rintangan menghadang, kamu harus hidup demi hal-hal yang bahagia suatu saat nanti.

Semoga sukses.

Referensi :

 https://greatmind.id/article/bangkit-dari-kegagalan

https://id.scribd.com/presentation/339313475/Bangkit-Dari-Kegagalan

0 komentar:

Posting Komentar