8.10.21

STEP BY STEP TO SELF CHANGE

 



Tugas Psikologi Inovasi Semester Ganjil 2021/2022

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, MA

ANDI PURNAWAN / 19310410002

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Tidak terasa 2021 tinggal menghitung bulan. Tiga bulan hanya akan mengalir terlewati biasa-biasa jika kita berdiam diri sama sekali tidak melakukan perubahan. Perubahan yang dimaksud adalah perubahan diri kea rah yang lebih baik, melawan segala kelemahan yang ada dalam diri. Individu yang baik adalah individu yang selalu mengaktualisasikan diri dan merasa bahwa diri selalu membutuhkan perubahan diri untuk mengubah kekurangan-kekurangan menjadi suatu kekuatan diri. Melakukan perubahan sama halnya mau keluar dari zona nyaman.

Perubahan diri atau yang sering disebut self change kemampuan individu guna melakukan perubahan menuju arah yang baru, serta berubah menjadi individu yang baik dari sebelumya (Andayani, Dharsana & Suranata, 2019). Perubahan tentu muncul dari kesadaran dan kemauan diri sendiri. Seseorang yang melakukan perubahan sama halnya dengan mencambuk diri sendiri. Mengapa demikian? Karena individu biasanya merasa tidak nyaman di saat baru pertama kali melakukan perubahan. Untuk itu perubahan hendaknya dilakukan dari hal yang ringan dan tidak terlalu lama.

Keberhasilan dari self change sendiri terletak pada prosesnya. Itu sebabnya melakukan perubahan baiknya dilakukan berulang-ulang namun dengan durasi yang sebentar. Poin pentingnya adalah adanya konsinten pada diri. Contohnya, seseorang remaja perempuan merasa tidak percaya diri pada tubuh yang dimilikinya karena memiliki berat badan yang berlebih. Untuk mengurangi berat badan sekaligus membuatnya sehat maka remaja tersebut melakukan perubahan. Biasanya tiap hari Minggu pagi ia bangun kesiangan, maka saat ini ia rutin olah raga dan itu ia lakukan hanya 1 jam per-minggunya. Ia percaya bahwa melakukan perubahan kecil namun konsisten jauh lebih baik daripada melakukan perubahan besar yang hanya dilakukan sekali.

Pada akhirnya, dengan melakukan perubahan kecil kita dapat melihat seberapa jauh kemampuan kita dalam mengatasi keterbatasan-keterbatasan yang ada pada. Tentu perubahan itu dilakukan atas dasar kesadaran dari individu itu sendiri. Tidak ada perubahan yang sifatnya instan. Langkah demi langkah, sedikit demi sedikit akan membuat diri kita belajar menjadi individu yang konsisten dan tentunya selalu mengingat tujuan awal melakukan peberubah, yaitu menemukan kekuatan dari dalam diri. 

Referensi:

Adnyani, N. N. S. A., Dharsana, I. K., & Suranata, K. (2020). Konseling behavioral dengan teknik modeling dan teknik latihan keterampilan sosial untuk meningkatkan self change. Jurnal Jurusan Bimbingan Konseling Undiksha10(2), 65-72.

0 komentar:

Posting Komentar