17.10.21

Mencari Beruang Motivasi dalam kehidupan sehari-hari

Tugas Psikologi Inovasi Semester
 Ganjil 2021/2022 

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, MA


 Sekar Pramesthi Armindariani/193104100072

 Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Motivasi bukan merupakan kata dengan kekuatan sihir yang muncul secara ajaib, seseorang sering kali mencari motivasi kehidupannya untuk apa kita melakukan ini hal itu mungkin sering muncul di dalam pikiran. Motivasi itu adalah sesuatu yang bisa anda manfaatkan dengan merancang inovasi kehidupan anda.

Banyak di luar sana penulis, pembicara atau mungkin mentor yang memiliki tips motivasi kehidupan di bagikan melalui media sosial, seminar, atau YouTube. "Gimana kita mencari motivasi", "Apa yang harus kita lakukan untuk mendapatkan motivasi" dan banyak judul tentang motivasi di luaran sana. Menurut saya inti dari materi motivasi yang memotivasi orang-orang adalah setiap pilihan miliki nilai berharga ketika di dorong oleh motivasi. 

Salah satu hal yang menakjubkan yang paling mengejutkan tentang motivasi adalah seringkali muncul setalah memulai aktivitas perilaku baru. Bukan dari menonton video motivasi atau membaca buku inpirasi secara pasif. Namun, inspirasi aktif yang bisa menjadi motivator yang jauh lebih kuat. 

Sering kali kita salahpaham tentang motivasi kehidupan kita sendiri menemukan motivasi tetapi tidak melakukan inovasi kehidupan motivasi terucap hanya sebuah omongan. Tidak tau apa mau di capai atau tujuan dalam kehidupan. Gimana cara mencari motivasi dalam diri kita? gimana mengubah kehidupan kita? Bukannya itu pertanyaan yang sering kali muncul dalam benak diri kita sendiri.

Mengubah kehidupan diri kita sendiri harus mengetahui apa yang menjadi tujuan kita dalam mencapai suatu target dari hal yang terkecil, tujuan kecil ini kita ubah menjadi suatu kebiasaan sehari-hari. Misal memiliki hidup yang sehat, melakukan pekerjaan dengan hasil yang terbaik. pasti Kita langsung bikin plaining dan target dalam hidup sehat, kita langsung membuat list pekerjaan untuk menghasilkan yang terbaik, tapi apakah bisa konsisten dalam menjalani nya? Apakah kita tidak memiliki kebosanan dalam melakukan?. 

Pasti hal membosankan itu akan muncul ketika kita melakukan suatu tujuan, awal nya bersemangat dan akhirnya mencapai target tapi setelah itu apa yang kita lakukan lagi kalau sudah mencapai nya? Kita jadi tida memiliki semangat bukan? 

Dalam mencapai suatu tujuan perlu nya ada konsisten menjadi kebiasaan dengan itu apa yang kita lakukan seperti olahraga atau yg lainnya tidak merasa monoton atau cepat membosankan, dalam video juga di sebutkan gimana caranya menjadi kebiasaan konsisten seperti olahraga dalam seminggu kita membuat jadwal 2x dalam olahraga misal kamis dan Sabtu apabila kebiasaan ini kita lakukan dengan konsisten kita akan mencapai suatu tujuan dengan perlahan dan menikmati setiap proses bukan secara cepat dan instan membuat kita bosan.

Dengan melakukan pelan-pelan mencapai target dari hal yang terkecil kita dapat menemukan motivasi dan melangkah ke tahap berikutnya ke target yang besar dalam kehidupan.


0 komentar:

Posting Komentar