16.10.21

Kiat Menambah Pundi Rupiah di Bawah Bayangan COVID-19


Ujian Mid Psikologi Inovasi Semester Ganjil 2021/2022

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, MA

Yudit Ilham Ramadhana / 19310410018

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Oleh : Yudit Ilham Ramadhana / 19310410018

    Pandemi covid-19 yang begitu cepat persebarannya begitu banyak menyisakan duka bagi kalangan masyarakat. Mulai dari kehilangan keluarga, teman dan bahkan pekerjaan yang berimbas ke penurunan ekonomi. Persebaran virus yang cukup luas dan cepat ini tentunya menumbuhkan kekhawatiran yang berdampak ke banyak sektor. Ekonomi merupakan sektor yang dirasa sangat terdampak oleh adanya persebaran virus ini. Mulai dari pengusaha hingga para pekerja atau karyawan dan para serabutan merasakan imbas dari persebaran virus ini.

    Dalam mengatasi Covid-19 ini, pemerintah telah mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti Undang-Undang No 1 Tahun 2020 yang kemudian berubah menjadi Undang-Undang No 2 Tahun 2020 sebagai landasan dan strategi bagi pemulihan ekonomi nasional sekaligus memberi dukungan negara bagi penanggulangan Covid-19. Penurunan perekonomian di Indonesia tidak terlepas dari meningkatnya pengangguran dan pemotongan upah oleh perusahaan selama pandemi yang membuat sebagian masyarakat mengurangi intensitas belanja. Lantas apa saja kiat yang dapat kita lakukan agar dapat menghasilkan tambahan uang meskipun sedang mengalami penurunan perekonomian?

1. Membaca Tren dan Kebutuhan Masyarakat

Diawali dengan menentukan produk apa yang ingin dipasarkan. Terlebih, ditambah dengan meningkatkan kualitas produk secara berkala agar tidak kalah bersaing dengan merek dagang lain sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

2. Optimasi Media Sosial

Bahkan sebelum era pandemi melanda, media sosial dianggap sebagai alat pemasaran terbaik, dan ini harus menjadi fokus. Munculnya lockdown justru makin meningkatkan pengguna media sosial karena ada lebih banyak waktu luang tercipta. Guna memasarkan bisnis dengan maksimal di tengah situasi yang minimal, optimalkan semua bentuk media sosial. Satu fakta baik di balik buruknya pandemi yaitu bahwa ini merupakan waktu yang pas untuk promosi bisnis secara online. Promosi tak harus selalu membayar, memulai dengan meninggalkan komentar juga tak apa. Trik lain, coba untuk posting lebih sering, membuat kontes sederhana, memberi update terbaru, atau cara lain yang sekiranya relevan dengan bisnis yang digeluti.

3. Bangun Relasi Virtual

Membangun relasi barangkali termasuk satu kiat mengembangkan bisnis yang mudah dikatakan meski sulit dilakukan, apalagi secara online. Tapi jika ingin bisnis tetap eksis di masa pandemi, membangun dan menguatkan relasi bisnis merupakan satu keharusan. Trik menguatkan relasi sebenarnya cukup mudah, cukup tempatkan diri pada posisi konsumen untuk memahami ekspektasinya. Dengan begitu, relasi menjadi lebih baik dan koneksi terjalin lebih optimal. Semisal komunikasi dirasa kurang, perbaiki aspek ini dengan setidaknya mulai mengirim email atau semacamnya.


Sumber :

https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/137323/uu-no-2-tahun-2020


0 komentar:

Posting Komentar