12.10.21

Kelemahan Bukanlah Penghalang Untuk Kita Bahagia Dengan Diri Sendiri

 

Putri Sartika

19310410001

Dosen pengampu: Dr. Arundati Shinta, M. A

Tugas Psikologi Inovasi Semester Ganjil 2021/2022

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Setiap individu mempunyai kelemahan dan kelebihannya masing-masing, yang terkadang kelemahan kita inilah yang membuat kita merasa kalau kita tidak bisa membahagiakan diri  kita  sendiri karena kita khawatir tidak sesuai ekspetasi yang kita inginkan. Masing-masing dari kita juga memiliki cara dan perjuangan sendiri dalam usaha untuk mencintai diri sendiri.

Terkadang sesuatu yang buruk bisa terjadi pada diri kita, kita jadi dijauhkan teman karena kita merasa insecure pada diri kita, kita merasa kurang percaya diri kepada bakat atau kemampuan yang kita miliki, dan terkadang kita merasa kalau kita tidak bisa bahagia seperti yang lain. Khawatir tidak akan mengubah hasil dari apa pun. Itu akan menimbulkan kecemasan dan membuat Akita tidak menemukan kesenangan dalam hal-hal yang dapat kita kendalikan.

Kita boleh saja mencoba untuk memperbaiki kelemahan diri kita agar kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan kita bisa menutupi kelemahan itu dengan kelebihan yang kita miliki, tapi jangan lupa kamu juga punya kelebihan yang gak boleh diabaikan. Dengan fokus pada kelebihan diri kita sendiri, kita bisa menjadi lebih positif bila didukung cara yang tepat. Namun, untuk bisa fokus pada kelemahan diri bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, berikut yang dapat kita lakukan agar kita bisa menerima dan mencintai diri kita sendiri:

1.    Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

2.    Mencintai Diri Sendiri Membantu Kita Lebih Menghargai Orang Lain

3.    Yakin dengan diri sendiri.

Setiap orang memiliki caranya tersendiri dalam menaklukkan pencapaian dalam hidup. Tak perlu membandingkan pencapaian dengan orang lain, yakin saja dengan kemampuan diri sendiri. Tidak bisa mencetak prestasi seperti orang lain yang seusia bukan berarti kekurangan. Setiap orang punya caranya sendiri.

4.    Memaafkan

Jika masih ada hal yang mengganjal dan belum termaafkan, coba lupakan dan maafkan hal itu. Merasakan dendam atau sakit hati hanya akan membuat seseorang tak bisa berkembang. Justru, hal ini dapat membuat seseorang terus menerus mengulik apa kekurangan dirinya.

Referensi:

https://www.kompas.com/skola/read/2021/02/10/115027769/mengenali-kelebihan-dan-kekurangan-pada-diri-sendiri

https://www.idntimes.com/life/inspiration/frederick/tips-agar-bisa-fokus-pada-kelebihan-diri-sendiri-c1c2

0 komentar:

Posting Komentar