23.10.21

KEGAGALAN BUKANLAH AKHIR DARI SEGALANYA: INI ADALAH KESUKSESAAN YANG TERTUNDA

 Exwati Miatari (193010410030)

PSIKOLOGI INOVASI

Dosen Pengampu: Dr. Arundhati Shinta, MA

 

            Kegagalan merupakan suatu kondisi yang dialami oleh individu ketika sedang dihadapkan dengan sebuah kondisi antara yang sedang mereka harapkan dan apa yang tidak mereka harapkan atau diluar dari ekspetasi yang telah mereka pikirakan sebelumnya. Kegagalan ini sering kali membuat individu menjadi putus asa, bahkan menganggap bahwa kegagalan adalah akhir dari segalanya. Sedangkan kesuksesaan sendiri ialah kemampuan dalam mejalani hidup pada individu sesuai dengan apa yang diinginkan, melakukan apa yang paling disukai serta diminati, kemudian dikelilingi dengan orang-orang yang kita senangi dan hormati (Kompasiana,2015).

            Individu seringkali menganggap bahwa saat dirinya gagal atau tidak bisa mendapatkan apa yang di inginkan maka individu akan menyerah dan menganggap bahwa semuanya telah selesai. Seakan-akan ketika telah gagal berakhirlah semuanya. Tidak sedikit yang menggap bahwa kegagalan juga merupakan musibah dan beranggapan semuanya akan berakhir, serta tidak ada harapan atau jalan lain. Banyaknya persepsi yang menggangap kegagalan adalah akhir dari mimpi atau cita-cita ini membuat individu menjadi kecil kemungkinan akan merasakan sebuah kesuksesan dalam hidupnya. Karena, apa yang telah direncanakan sejak awal gagal begitu saja dan tidak ada hal yang dapat dilakukan lagi. Individu yang gagal beranggapan bahwa kegagalan tidak dapat dimulai kembali, mengenai apa yang telah di dambakan (Kompasiana, 2021). Dari adanya anggapan tersebut tentunya tidaklah benar. Kegagalan sudah seharusnya membuat individu menjadi lebih giat lagi serta melakukan evaluasi terhadap apa yang telah mereka kerjakan.

            Kegagalan semestinya bisa memperkuat kita dari berbagai rintangan dan juga permasalahan-permasalahan yang akan datang dalam kehidupan. Karena adanya kegagalan membuat individu bisa memulai suatu hal dari awal kembali untuk mencapai suatu kesuksesan dengan lebih baik dan lebih matang. Tanpa disadari, kegagalan merupakan sebuah awal dari adanya kesuksesaan. Individu yang memulai suatu usaha ataupun segala sesuatu tidaklah berjalan dengan begitu saja atau tanpa ada rintangan sebelumnya (Kompasiana,2021). Banyak lika-liku dalam perjalanan untuk mencapai kesuksesaannya. Namun dari kegagalan tersebut, membuat individu menjadi termotivasi untuk selalu berubah dan berproses setiap harinya, serta melakukan evaluasi terhadap kekurangan ataupun kesalahan sebelumnya.

            Kesuksesaan dapat kita raih dari kegagalan yang telah terjadi. Bahkan, dari adanya kegagalan akan membuat diri kita untuk terus berkembang dan terus berusaha melakukan suatu perubahan dengan sungguh-sungguh. Tidak ada proses yang instan ketika ingin mencapai sebuah kesuksesaan. Maka dari itu, kegagalan adalah salah satu hal yang harus kita lewati. Dari kegagalan tersebut kita juga akan mengerti akan rasanya dari jatuh dan bangkit kembali, serta rasa kesungguhan dalam mengerjakan sesuatu. Kegagalan juga mengajarkan kita akan arti sebuh usaha dan tekat. Tidak ada akhir dari sebuah kegagalan, karena kegagalan yang sesungguhnya adalah sebuah proses untuk menuju kesuksesans yang tertunda (Kompasiana, 2021).


DAFTAR PUSTAKA:

triyana, A. (2021, Maret Minggu). Kegagalan adalah Kesuksesan yang Tertunda. Retrieved from Kompasiana.com: https://www.kompasiana.com/triyana/605135c7d541df146a32a882/kegagalan-adalah-kesuksesan-yang-tertunda

Wijaya, W. H. (2015, September Minggu). Arti Kesuksesan yang Sesungguhnya. Retrieved from Kompasiana.com: https://www.kompasiana.com/williamhirowijaya

0 komentar:

Posting Komentar