23.10.21

APA SUKSES ITU?

 

APA SUKSES ITU?

 

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.

Oleh : Windyangreni Mika/ 19310410047

 

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

      Kebanyakan orang berpikir bahwa kesuksesan dipandang dari seberapa besar materi yang ia punya atau yang di miliki, atau kepintaran atau hard skillss apa yang dia punya untuk mencapai kata sukses. Padahal sukses bukan hanya suatu tujuan akhir dengan kualitas seadanya dan menghalalkan segala cara untuk mencapainya. Tetapi sukses merupakan sebagai suatu proses yang harus di lakukan setahap demi setahap, dan hari demi hari, bahkan dari menit demi menit itulah suatu proses menuju kesuksesan. Sukses adalah kemampuan untuk menjalani hidup sesuai dengan keinginan dan melakukan apa yang yang paling dinikmati, dikelilingi oleh orang-orang di senangi dan hormati. Menurut Poerwardaminta (2007:27), kamus besar bahasa indonesia sukses memiliki arti yang sederhana tapi mendalam. Sehingga kesuksesan berarti keberhasilan atau keberuntungan. Dalam kamus besar bahasa inggris succes berarti keberhasilan dan hasil baik. Jadi, kesuksesan itu merupakan keberhasilan seseorang dalam mencapai sesuatu.

    Bill Gates, Warren Buffet, dan Mark Zuckerberg menilai bahwa kesuksesan tidak melulu mengenai tahta atau harta karena ada hal yang tampak sederhana, tetapi sangat bernilai dan tidak dapat dibeli dengan uang. Bill Gates yang mendefinisikan kesuksesan dengan kebahagiaan. Bukan harta yang melimpah atau ketenaran yang menjadi tolak ukur setiap pencapaiannya, tetapi kebahagiaan. Salah satu orang terkaya di dunia ini menganggap bahwa kebahagiaan mampu mendatangkan kekayaan. Seperti yang dikatakan diatas bahwa suatu proses merupakan proses yang Panjang dan akan memerlukan banyak waktu dan pengorbanan untuk mencapai keberhasilan tersebut. Bahkan proses dalam pencapaian kesukseskan terkadang sangat melelahkan. Karena untuk meraihnya tentu saja kita harus bisa menetapkan tujuan dan sasaran apa saja yang ingin kita capai terlebih dulu. Selain itu harus tahu bagaimana strategi terbaik dan langkah  apa yang akan kita ambil jika mengalami kendala selama proses berlangsung. Berikut adalah beberapa cara yang dapat kita terapkan untuk menjalani proses kesuksesan yang diinginkan.

1.   1.  Selalu ingin Berkembang

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan sebagai cara menjadi orang sukses adalah memiliki rasa yang tidak pernah puas. Dalam artian di sini, ketika berhasil mencapai hal yang diinginkan mereka akan memikirkan target selanjutnya yang akan dicapai.

2. Jangan Terpaku pada Uang

Banyak orang berpikiran jika kesuksesan dapat dilihat dari berapa banyak uang atau harta yang kamu miliki. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar dan bagi orang sukses uang bukanlah tolok ukur utamanya. Mereka lebih melihat pada sebuah proses dalam mencapai dan mendapatkan apa yang mereka inginkan.

3. Memiliki Rasa Tanggung Jawab

Langkah selanjutnya yang masuk dalam cara menjadi orang sukses ialah selalu menanamkan rasa tanggung jawab terhadap apa yang telah dia jalani. Baik itu untuk dirinya sendiri, keluarga hingga bisnis yang dirintisnya. Tanggung jawab ini bisa dilihat dari cara kerja orang sukses yang cenderung memiliki rasa kemandirian yang tinggi.

4. Membangun relasi

Membangun relasi dan koneksi tentu memiliki banyak manfaat. Beberapa di antaranya adalah kamu akan mendapatkan ilmu baru dari orang yang dikenal. Khususnya bila orang tersebut memiliki bisnis. Kamu bisa belajar kiat sukses tentang bisnis tersebut. Membangun relasi juga akan memudahkanmu dalam memecahkan sebuah masalah yang dihadapi. Sebab, dari berbagai orang tersebut kamu akan mendapatkan sudut pandang yang berbeda dan solusi yang beragam dari permasalahan yang dihadapi.

Referensi:

https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=5scsDAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA7&dq=pengertian+sukses+menurut+para+ahli&ots=eJ4L2

http://repositori.unsil.ac.id/699/5/BAB%20II.pdf

http://www.journal.unair.ac.id/filerPDF/2-12_1.pdf

https://www.dewaweb.com/blog/agar-berhasil-inilah-5-cara-menjadi-orang-sukses/

0 komentar:

Posting Komentar