14.6.21

PLOGGING : KEGIATAN MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN DAN KESEHATAN TUBUH

 

PLOGGING : KEGIATAN MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN DAN KESEHATAN TUBUH

Tugas Essay Psikologi Lingkungan Butir 7

(Essay Sampah)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

                    

Poppy Intan Permatasari

 19310410013

Dosen Pengampu :Dr. Arundati Shinta, M. A

 

Lingkungan merupakan sumber daya alam yang sangat berharga bagi mahluk hidup. Lingkungan ini juga memberikan dampak terhadap kesehatan. Kesehatan yaitu hal yang penting bagi diri setiap individu karena kesehatan sendiri merupakan salah satu aset yang sangat berharga. Kesehatan tubuh pada setiap individu tidak luput dari kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal. Kebersihan lingkungan ini dimana bisa terbebas dari sampah, kotoran, bau, serta debu. Dengan lingkungan yang sehat maka kita mampu menopang keseimbangan ekologi untuk bisa mendukung tercapainya kualitas hidup manusia yang sehat dan bahagia (HAKLI, 2010).

Permasalahan yang sering terjadi pada lingkungan saat ini yaitu masih banyak masyarakat yang tidak peduli terhadap kebersihan lingkungan sehingga berdampak pada kesehatan mahluk hidup disekitarnya. Misalnya, masih banyak masyarakat yang membuang sampah sembarang di jalan umum, di sungai, di selokan, dll. Tentunya perilaku ini menimbulkan dampak yang negatif untuk lingkungan kedepannya. Oleh karena itu, hal yang bisa kita lakukan sebagai milenial yaitu memberikan contoh bagi masyarakat sekitar dengan cara baru yaitu plogging.

Plogging merupakan tren baru yang pertama kali dilakukan di Swedia pada tahun 2016 dimana hal ini merupakan cara baru untuk menyelamatkan bumi. Plogging merupakan gabungan dari dua kata yaitu plocka upo yang berarti memungut atau mengambil serta jogging yang berarti joging atau berlari. Jadi plogging itu adalah kegiatan berlari sambil mengambil sampah disekitar jalan (Maharrani, 2018). Kegiatan ini memiliki banyak manfaat terutama bagi kebersihan lingkungan dan kesehatan tubuh kita.

Dalam tulisan ini saya membagikan kegiatan peduli lingkungan yang saya lakukan yaitu plogging yang di lakukan selama 4 kali di bulan ramadhan.

1.  1.  Plogging pertama saya lakukan pada ramadhan ke 11 yaitu hari Jum'at, 23 April 2021 sekitar pukul 15.30 hingga 17.00 WIB dijalan utama penghubung perkebunan Gondang dengan Perkebunan Sumber Bulus. Sampah yang saya dapatkan cukup banyak yaitu 1 katong plastik dengan berat +- 2 kg dengan berbagai jenis mulai dari sampah basah dan sampah kering.

1.      2. Plogging kedua dilakukan pada ramadhan ke 13 yaitu hari Minggu, 25 April 2021 sekitar pukul 15.00 hingga 16.00 WIB dijalan sekitar sekolah TK. Sampah yang saya temukan lumayan banyak juga karena dari pihak sekolahnya tidak peduli terhadap lingkungan sekitar sekolah TK. Sampah yang saya dapatkan selama melakukan plogging yaitu +- 1,5 kg dengan sampah terbanyak adalah sampah makanan snack.

 

2.     3.  Plogging ketiga saya lakukan pada ramadhan ke 15 yaitu hari Selasa, 27 April 2021 sekitar jam 15.00 hingga 16.50 WIB dijalan dusun Gondang. Dimana sampah yang saya temukan selama plogging lebih banyak daun-daun yang kering, kayu-kayu kecil serta daun tanaman yang oleh masyarakat dipotong tanpa dibersihkan kembali. Sampah yang saya dapatkan lumayan dengan +- 3 kg.

3.      4. Plogging yang keempat dilakukan pada ramadhan ke 27 yaitu hari Minggu, 9 Mei 2021 sekitar pukul 15.00 hingga 17.00 WIB, tempatnya dijalan sekitar kuburan dusun Gondang. Disini saya menemukan banyak sekali sampah yang masyarakat buang dijalan dan juga disekitar selokan dekat kuburan. Tentunya hal ini membuat saya sangat bersedih dan prihatin dengan ketidakpedulian masyarakat dusun Gondang terhadap sampah disekitar kuburan. Pada kegiatan plogging yang keempat ini saya menemukan sampah paling banyak dari plogging-plogging sebelumnya yaitu 2 kantong plastik dengan berat +- 4,5 kg.

 

Alasan saya melakukan kegiatan plogging sendiri yaitu karena saya ingin menyadarkan masyarakat disekitar lingkungan tempat tinggal saya yaitu betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan guna menjaga kesehatan tubuh. Meskipun kegiatan yang saya lakukan ini banyak masyarakat yang menertawakan dan mencibir karena dirasa aneh. Hal ini tidak memutuskan semangat saya untuk menunjukkan yang terbaik untuk mereka. Selain itu manfaat yang saya dapatkan dengan melakukan plogging ini bukan hanya  membuat tubuh makin sehat tetapi saya juga banyak belajar hal positif dari lingkungan sekitar.

 

Daftar Pustaka

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia. 2010. HAKLI.

Mahharrani, A. 2018. Dengan plogging, tubuh bugar bumi pun bersih. Beritagar.id. https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/dengan-plogging-tubuh-bugar-bumi-pun-bersih


0 komentar:

Posting Komentar