14.6.21

KONTES FOTO ASPIRASI ANAK MUDA UNTUK SUMBER DAYA ALAM

 

Tugas Essay Psikologi Lingkungan

Falkutas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

              

Nama : Rika Rachmawati

NIM : 19310410027

Mata Kuliah : Psikologi Lingkungan

Dosen pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.

Untuk memperingati Hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh pada tanggal 5 juni 2021 UNDP mengelar kontes foto yang bertemakan perempuan dan energy bersih. Kompetisi ini memiliki tujuan agar generasi muda menyapainkan aspirasinya dalam peran perempuan dari segi sector energy bekelanjutan dan untuk membangkitkan kesadaran tentang peran penting perempuan pada sector energy berkelanjutan. Peserta lomba yang ingin mengikuti lomba foto ini harus mengetahui apa saja presyartan dan batas  waktu pengiriman foto. Kontes foto ini memiliki presyaratan yang mudah dan untuk penguploadtan foto memiliki batas waktu sampai 30 Mei 3021.



Foto yang saya upload di akun instagram untuk mengikuti kontes foto ini diambil di Pantai Sepanjang Gunungkidul Yogyakarta. Foto tersebut saya upload pada tanggal 29 Mei 2021 dengan caption:

“Setiap langkah ada senyummu. Senyum yang indah bersinar bagaikan mentari pagi yang hangat dan menyenangkan. Senyummu adalah energi baru. Energi positif dan bersih yang terpancar darimu.

Wahai para perempuan jagalah senyummu dan senyum alam untukmu. Buatlah mereka tersenyum dengan keindahan yang kau jaga dan berikan aura positif sebagaimana karunia yang alam berikan kepada kalian.

Keluarkan aura positif antara kalian dan alam.  Agar semua orang yang ada di sekitar kalian, mengikuti ritme yang sama, menapaki jalan tuk melestarikan alam. Jangan biarkan mereka hanya menikmati keindahan alam, akan tetapi ajak mereka untuk menjaga dengan bijak alam agar generasi penerus dapat terus menikmatinya dan melestarikannya”.

Pantai merupakan sumber daya alam yang harus dijaga oleh setiap orang. Sumber daya alam mempunyai peranan yang cukup penting untuk makhluk hidup terutama manusia, maka dari itu pentingnya menjaga sumber daya alam dengan tetap membuang sampah pada tempatnya atau menjaga kebersihan. Di pantai sepanjang sudah banyak wisatawan yang peduli akan kebersihan walaupun masih ada beberapa yang membuang sampah sembarangan. Wisatawan dengan kesadaran diri yang tinggi akan membuang sampah ditempat sampah bahkan ada satu tempat sampah yang terisi sampah sangat banyak sampai tempat sampah tidak cukup untuk menampungnya.

Sampah menurut Damanhuri & Padmi, Fadhilah et al ( dalam Shinta, 2019:7 ) merupakan material sisa yang tidak digunakan kembali , sehingga harus dimusnahkan. Sampah berasal dari kegiatan uang dilakukan manusia namun bukan kegiatan biologis berdasarkan sifatnya: sampah organic ( sampah basah), sampah anorganik (sampah kering) dan sampah B3 ( bahan beracun dan berbahaya).

         Wisatawan yang membuang sampah pada tempatnya telah membantu pemerintah menjaga sumber daya alam agar bisa menjadi energy yang bermanfaat, tidak hanya untuk perekonomian saja tetapi juga untuk dinikmati keindahanya yang tetap bersih sehingga anak cucu kita juga tetap dapat menikmatinya

Daftar pustaka

Shinta,Arundati. (2019). PENGUATAN PENDIDIKAN PRO-LINGKUNGAN HIDUP Di Sekolah-Sekolah Untuk Meningkatkan Kepedulian Generasi Muda Pada Lingkungan Hidup. Yogyakarta : Best Publisher.

 

0 komentar:

Posting Komentar