14.6.21

BEFORE AFTER DENGAN MENJAGA KEBERSIHAN RUMAH

 

Tugas Essay Psikologi Lingkungan

Falkutas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

           

Nama : Rika Rachmawati

NIM : 19310410027

Mata Kuliah : Psikologi Lingkungan

Dosen pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.

Menjaga kebersihan lingkungan merupakan hal yang sering kita lakukan sehari-hari tak hanya saat diluar rumah tetapi juga saat ada didalam rumah. Kebersihan sendiri menurut Sa’di ( 2008: 3) kebersihan yaitu suatu usaha yang dilakukan untuk menghilangkan kotoran pada tempat-tempat yang kotor. Dalam menjaga kebersihan diperlukan perilaku hidup bersih untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan untuk menjaga kesehatan.  Menurut Proverawati ( 2012:2) pola hidup bersih harus diterapkan sedini mungkin agar menjadi kegiatan yang positif. Pola hidup bersih yang sudah diterapkan dari kecil berawal dari melakukan kegiatan bersih-bersih rumah atau tempat tinggal yang merupakan langkah awal mengenalkan pola hidup bersih pada anak-anak. Menjaga kebersihan merupakan tanggung jawab bersama tidak hanya orang tua tetapi juga anak-anak harus bertanggung jawab akan kebersihan lingkungannya.

Salah satu kegiatan menjaga kebersihan didalam rumah yaitu dengan menyapu dapur dan merapikanya. Menyapu dapur atau lantai merupakan hal yang mudah dilakukan tetapi masih ada orang yang berangapan hal tersebut berat dilakukan karena malas ataupun alasan lain. padahal dengan menyapu dapat membuat lantai menjadi bersih. Ada bebrapa orang malas menyapu karena pasti menemukan hal-hal yang tidak menyenangkan saat menyampu lantai terutama di daerah yang susah tercapai seperti bawah lemari dan meja yang sering sekali didatangi oleh tikus dan kecoa. Hal itulah yang sering menjadi salah satu alasan kenapa beberapa orang malas menyapun dan malah menyuruh orang lain atau mungkin lebih dibiarkan saja.  Pengalaman menemukan hal yang tidak terduga saat bersih-bersih pasti dirasakan oleh banyak orang tidak hanya saya sendiri. Pengalaman saya saat membersihkan dapur, saya menemukan kotoran tikus dibawah meja dan anak-anak tikus atau bayi tikus. Rumah saya dekat dengan persawahan dan got, hal itu kenapa rumah saya ada banyak tikus.

Banyaknya hewan-hewan yang tidak dinginkan dapat menyebabkan penyakit bermunculan. Maka dari itu kebersihan sentiasa harus dijaga agar rumah tetap bersih dan terhindar dari penyakit. Menyegah penyakit dapat dilaukan dengan menjaga lingkunagn rumah kita, adapun cara untuk tetap menjaga kebersihan rumah yaitu merapikan dapur dan  kamar tidur, menyapu lantai sampai area yang sulit dicapai, mengepel  lantai dengan sabun pembersih lantai agar dapat membersihkan kuman yang menempel dilantai, mencuci pakaian dan mmbuang sampah pada tempatnya.  Kegiatan bersih-bersih merupakan salah satu kegiatan before after  yang biasa kita lakukan sehari-hari. Kegiatan before after  yang saya lakukkan dilingkungan saya untuk menjaga kebersihan rumah agar terhindar dari penyakit yang disebabkan dari kurangnya kebersihan dilingkunagn rumah, yaitu :

Merapikan tempat tidur

Before

Proses pembersihan

After








Merapikan tempat makan

Before

Proses pembersihan

After





Menyapu lantai dan merapikan dapur

Before

Proses pembersihan

After



Merapikan meja belajar

Before

Proses pembersihan

After






Kegiatan before after yang saya lakukan pada hari minggu tanggal 12 juni 2021.  Diawali dengan merapikan tempat tidur, lalu  merapikan tempat menyimpan makan  dan minuman, setealh itu menyapu dapur dan merapiakan dan serta merapikan tempat belajar. Alasan sayya melakukan kegiatan before after  dengan membersihkan rumah karena hal ini dapat membantu kita menerapkan pola hidup bersih dan untuk menyegah penyakit-penyakit yang ada dikarenakan kurangnya menjaga kebersihan serta dalam melakukan kegiatan before after   bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Daftar pustaka

Proverawati, Atikah dan Eni Rahmawati. 2012. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Yogyakarta: Nuha Medika.

Sa’di, Adil. 2008. Fiqhun-Nisa Thaharah-Shalat. Jakarta Selatan: PT Mizan Publika.

0 komentar:

Posting Komentar