14.6.21

INDAHNYA BERBAGI KEPADA SESAMA DI BULAN SUCI RAMADHAN PENUH BERKAH

TUGAS ESSAY PSIKOLOGI LINGKUNGAN

(BUTIR 4: PENGABDIAN MASYARAKAT)

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

ELECTRA ALNURIN MARTA (19310410004)

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, dan banyak orang memanfaatkan bulan suci ramadhan untuk berlomba-lomba melakukan kebaikan kepada sesama. Setiap amal perbuatan baik yang dikerjakan pasti akan diganjar pahala oleh Allah. Dalam bulan Ramadhan, seluruh amalan dan ibadah yang kamu kerjakan akan dilipat gandakan pahalanya. Dalam riwayat hadits Bukhari dan Muslim, apalagi bulan Ramadhan datang, seluruh pintu-pintu langit dibuka, pintu-pintu neraka ditutup rapat, dan setan dibelenggu. Dengan begitu, keistimewaan bulan Ramadhan sebagai momentum memperbanyak amal kebaikan dan ibadah seluas-luasnya.

Aktivitas berbagi sembako dan bersedekah sering terlihat saat Ramadhan. Berbagi sembako atau bersedekah kepada orang yang membutuhkan diyakini akan mendatangkan pahala yang sangat besar. Disebutkan Nabi Muhammad SAW bersabda, "Jauhilah neraka walupun hanya dengan (sedekah) sebiji kurma, kalau kamu tidak menemukan sesuatu, maka dengan omongan yang baik.” (HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim.) Sedekah perlu diajarkan orangtua sejak dini. Anak-anak yang dibiasakan bersedekah akan mengamalkannya secara rutin hingga mereka beranjak dewasa. Selain itu, anak juga akan tumbuh menjadi pribadi yang peduli dengan orang lain.

Kegiatan saya membagikan sembako, saya lakukan bersama dengan warga kampung Brontokusuman. Pada saat bulan suci ramadhan berlangsung warga kampung mengajak untuk berbagi sembako kepada orang-orang yang membutuhkan. Sembako yag diberikan berbagai macam seperti; mie instan, sarden, telur, beras, kecap, minyak goreng, teh, dan gula. Kami sangat senang karena dapat berbagi sekaligus membagi orang-orang yang membutuhkan sembako. Kami juga tidak lupa tetap melakukan protokol kesehatan sesuai undang-undang, karena masih adanya virus corona atau Covid-19. Kami membagikan sembako kepada keluarga yang mengalami keterbatasan ekonomi, yatim piatu, dan janda atau duda. Kegiatan ini menjadi cara positif untuk berpatisipasi dalam membantu warga yang mengalami keterbatasan ekonomi.

 

Referensi :

https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/amelia-putri/anak-wajib-tahu-ma-hadis-sedekah-yang-perlu-orangtua-ajarkan

https://www.republika.id/posts/15859/keutamaan-berbagi-makanan-saat-ramadhan


0 komentar:

Posting Komentar