13.6.21

Generasi Milenial Agen Perubahan Lingkungan : Menumbuhkan Rasa Kesadaran dan Kepedulian Menjaga Lingkungan di Mulai dari Lingkungan Sekitar

Tugas Essay Before After Psikologi Lingkungan  

Sekar Pramesthi Armindariani/19310410072 

Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu : 

Dr. Arundhanti Shinta, M.A 

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Lingkungan adalah suatu yang sangat dengan kehidupan interaksi alam dengan masyarakat. Lingkungan memberikan ruang dalam pertumbuhan dan perkembangan komponen di dalamnya, selain memberikan ruang pertumbuhan lingkungan juga memberikan sumber hidup secara melimpah.

Lingkungan hidup yang baik akan memberikan manfaat yang baik bagi makhluk di sekitarnya begitu juga sebaliknya lingkungan rusak akan memberikan manfaat tidak bagi untuk makhluk di sekitarnya.

Tetapi saat ini bumi lingkungan kita sangatlah memerlukan perhatian kita, sudah tidak mampunya bumi mengelola lingkungan dengan baik, banyak tangan-tangan tak terlihat secara sengaja atau tidak sengaja merusak lingkungan hidup. Terkadang slogan atau imbauan membuang sampah tidaklah memiliki arti kadang pula terabaikan begitu saja

Oleh karena itu sebagai generasi penerus atau generasi Milenial sudah seharusnya kita menjaga lingkungan dan peduli lingkungan demi keberlanjutan kehidupan, di mulai dari lingkungan sekitar kita seperti lingkungan di sekitar rumah atau di tempat kerja.

Rumah merupakan tempat tinggal bagi kita, dengan rumah yang nyaman dan bersih tentu hal ini memberikan kita energi positif bagi dalam diri. 


(Before)

Salah satunya dapur, dapur merupakan tempat yang sering berlama-lama di sana terutama dalam memasak membutuhkan menghabiskan waktu yang lama apalagi bagi seseorang yang memiliki hobby memasak. Tapi bagaimana kalau dapur kita kotor terutama di bagain lantai pasti tidaklah nyaman bukan? Berlama-lama di dapur.

(After)

Karena itulah kita harus menjaga lingkungan sekitar hal yang paling dekat dengan kita adalah rumah, selesai memasak atau menggunakan dapur hendaklah kita membersihkan nya tidak membutuhkan waktu yang lama, memisahkan sampah dapur organik dan non-organik itu merupakan salah satu peduli kita terhadap lingkungan.


(Before)

Tempat ke dua yaitu di lingkungan luar rumah kalian membersihkan entah dari daun berjatuhan atau sampah-sampah plastik yang berserakan di sekitar. 

(Before)

(Before)

Kalau di biarakan begitu saja, baik daun daun berjatuhan atau sampah-sampah plastik akan mempuk begitu saja tanpa ada yang peduli. 

(After)

(After)

(After)

Tempat yang ke tiga yaitu selokan Air

(Before) 

Selokan adalah saluran untuk menyalurkan air pembuangan dan / atau air hujan untuk dibawa ke suatu tempat agar tidak menjadi masalah bagi lingkungan dan kesehatan. Namun bagaimana selokan yang merupakan tempat penyaluran air tersumbat? Pasti menimbulkan genangan air dan timbul bintik-bintik nyamuk yang dapat menggangu kesehatan. Oleh karena itu membersihkan selokan sekaligus menjaga lingkungan kita agar tetap sehat dan bersih 

(After)

Sampah-sampah yang kita kumpul kan dan kita pisahkan antara sampah non-organik dan sampah organik terutama sampah daun. Dari sampah daun kita bisa membuatnya pupuk kompos dan sangat bermanfaat sampah daun bisa kita biarkan begitu saja di atas tanah dan terurai dengan sendirinya menjadi pupuk kompos alami atau Kita bisa mengelola nya ada cara yang mudah membutuhkan waktu sedikit lama atau dengan menggunakan zat stater EM4. Dan sampah plastik kita buang pada tempat sampah yang telah disediakan.


Tempat yang ke empat linkungan tempat kerja.

Lingkungan tempat kerja adalah tempat dimana kita menghabiskan waktu seharian setelah rumah kita sendiri, berangkat kerja dengan penuh semangat dan optimis tetapi sampai tempat kerja keadaan kurang berantakan, kotor dan jarang di bersihkan oleh karena itu setiap tempat kerja masing-masing pasti memiliki petugas kebersihannya atau memiliki jadwal untuk bersih-bersih tapi bagaimana ada tempat-tempat yang tidak terpantau dalam pengecekan kebersihan lingkungan kerja? 




(Before)

Pasti sangat tidak nyaman bukan? Semangat bekerja menjadi hilang dan mood menjadi turun dalam bekerja dan hal ini mempengaruhinya efisiensi dan produktivitas dalam melakukannya pekerjaan. Oleh karena itu peduli lah terhadap lingkungan sekitar sadar akan kebersihan lingkungan dapat menjaga lingkungan di mulai dari hal yang terdekat. 



(After)


Kepedulian terhadap lingkungan merupakan keharusan kita sebagai generasi milenium,  dengan kepedulian kita terhadap bumi dan lingkungan menjadi satu merupakan adalah langkah kecil yang dapat kita lakukan demi lingkungan hidup yang lebih baik dan berkelanjutan dalam hidup karena kita makhluk hidup sangat bergantung terhadap alam oleh karena itu sebagian salah satu makhluk hidup sudah sepatutnya Kita menjaga alam. Di mulai dari lingkungan sekitar kita.


Referensi

Rimba kita.com. Lingkungan – Pengertian, Jenis, Unsur,Fungsi,Manfaat, Kerusakan & Pelestarian. Diakses dari  https://rimbakita.com/lingkungan/ 

Biananda, beladina.(2020). 4 Cara membuat pupuk kompos yang mudah dan sederhana. 
Kontan.co.id. diakses dari 

https://www.google.com/amp/s/amp.kontan.co.id/news/4-cara-membuat-pupuk-kompos-yang-mudah-dan-sederhana. 








 




0 komentar:

Posting Komentar