13.6.21

PENGABDIAN MASYARAKAT: MEMBANTU MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN PADA KEGIATAN MASYARAKAT DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Tugas Essay Psikologi Lngkungan Butir 4 

(Pengabdian Masyarakat) 

Fakultas Psikologi 

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta 

Risva Subekti 19310410063 

Mata Kuliah Psikologi Lingkungan 

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M.A.

Pengabdian masyarakat merupakan pengamalan kepada segenap masyarakat dari usia anak-anak sampai orang dewasa. Pengamalan ini dapat berupa tindakan, ilmu pengetahuan serta tenaga pembantu pada kegiatan atau kondisi tertentu. Pada masa yang semakin modern rendah sekali kesadaran seseorang untuk mengabdikan diri kepada masyarakat walau hanya sekedar membantu. Secara umum pengertian pengabdian kepada masyarakat ialah pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya. Pengabdian masyarakat adalah suatu kegiatan yang bertujuan membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun (Menristekdikti, 2016)

Di samping itu, tujuan dibentuknya kegiatan yaitu agar bertambahnya kecepatan proses peningkatan kemampuan sumber daya manusia serta agar terbinanya masyarakat yang harmonis serta dinamis untuk perubahan-perubahan menuju lebih baik dan kemajuan modern. Pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang bila ingin mengadakan acara maka harus menjalankan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, cek suhu badan, memakai masker dan menjaga jarak serta harus meminta izin untuk menjalankan kegiatan. Penysuaian baru ini bisa disebut modernisasi atau bahkan situasi baru dalam kegiatan.

Persoalan klasik yang berhubungan dengan pengabdian masyarakat pada masa pandemi Covid-19 adalah rendahnya kesadaran masyarakat pada protokol kesehatan Covid-19. Saat kegiatan saya bertugas mengecek suhu tubuh dan memastikan sebelum masuk dalam kegiatan harus mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer menggunakan masker namun masih ada beberapa orang yang sampai lupa memakai masker saat sudah tiba di acara, untuk mengatasi masalah itu kami juga menyediakan masker gratis sebelum cek suhu tubuh dan masuk ke acara. Idealnya, masyarakat yang ingin mengikuti acara harus mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

 Kegiatan yang saya jalankan adalah kegiatan masyarakat berupa sedekah bumi / merti dusun Sendang Sombomerti & Mina 21 di Dusun Demangan, Maguwoharjo, Depok, Sleman pada Minggu, 28 Februarui 2021. Acara ini dihadiri oleh bupati sleman yaitu Ibu Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo yang merupakan tugas lapangan pertama Ibu Bupati setelah dilantik tanggal 26 Februari 2021. Tentu saat kondisi pandemi seperti ini semua kegiatan harus dijalankan sesuai protokol kesehatan Covid-19 tujuan ini agar penyebaran virus Covid-19 tidak menular. Selain itu acara ini hanya di hadiri oleh masyarakat dusun Sombomerten, Maguwoharjo saja guna tidak adanya penyebaran virus Covid-19 serta sudah ada izin resmi untuk menyelenggarakan kegiatan. Pengecekan suhu tubuh serta cuci tangan atau menggunakan cairan hand sanitizer dan memastikan orang-orang menggunkan masker sebelum masuk acara adalah salah satu tugas yang saya jalankan. Dalam pandemi saat ini, tugas yang saya jalankan sangat penting agar tidak adanya penyebaran Covid-19.

Menghadapi situasi seperti ini kita harus tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 seperti mencuci tangan, memakai hand sanitizer, menjaga jarak dan memakai masker pada situasi apapun. Menjaga diri kita sama dengan menjaga orang lain juga. Jangan sampai kita terlena dari protokol kesehatan yang sangat bergantung pada nasib kita, kelurga serta orang-orang sekitar.

Referensi

Menristekdikti, 2016. Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Mayarakat di Perguruan Tinggi Edisi X Tahun 2016. hlm 4 

0 komentar:

Posting Komentar