13.6.21

 

MEMANFAATKAN WAKTU DENGAN MENGIKUTI LOMBA FOTO HIGH ANGLE

Nama : Tri Wahyu Ningsih

NIM : 19310410026

Mata Kuliah : Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Lomba Foto merupakan kegiatan yang positif bagi anak muda sebagai ajang unjuk hasil karya foto setiap orang. Lomba fotografi sendiri adalah kompetisi menyajikan sebuah karya berbentuk foto dengan tema tertentu melaui proses pengambilan foto, editing minimal, dan presentasi hasil foto tersebut (bisa melalui caption/keterangan). Tujuan dari lomba fotografi adalah meningkatkan kreatifitas pelajar atau mahasiswa untuk menceritakan suatu bentuk kehidupan melalui seni fotografi dan menghasilkan makna khusus karya visual bernilai seni. Kali ini tema yang diambil adalah “HIGH ANGLE.

High angle adalah pengambilan gambar dilakukan dari sudut yang lebih tinggi dari objek, selama kamera masih berada lebih tinggi dari objek sudah dianggap high angle. Teknik ini bertujuan agar objek terlihat lebih kecil. High angle memberikan kesan lemah, tak berdaya, kesendirian, dan kesan lain yang mengandung dilemahkan atau dikerdilkan pada pengambilan gambar. Sudut pengambilan gambar dengan high angle selalu ‘memojokkan sosok objek’. Portrait, landscape, dan street photography cocok menggunakan teknik high angle. High angle bisa menghasilkan foto terbaik dengan kreativitas dan imajinasi kita.

Lomba foto ini diadakan oleh akun instagram @anekafotopb pada periode tanggal 7 – 13 Juni 2021. Lomba ini diadakan sebagai challenge “Anekafoto Monday Challenge” dengan tema “High Angle” di akun instagram tersebut. Jika memenangkan lomba ini, maka akan mendapatkan hadiah “Sandisk SDHC Extreme 32 GB / 90 MB”. Persyaratan untuk ikut lomba ini pun sangat mudah, yaitu:

1.      Follow, tag, dan mention @anekafotopb

2.      Mention 3 teman kita dan hashtag #Captureaneka #Captureaneka_HIGHANGLE. Tidak boleh campur hastag lain dan retag

3.      Bebas menggunakan kamera apa saja dan editing sebatas warna / tone

4.      Periode 7 – 13 Juni 2021

5.      Keputusan pemenang tidak bisa diganggu gugat

6.      Kirim foto sebanyak-banyaknya dan foto boleh yang baru atau lama

                                                             (poster lomba)

Dengan syarat diatas, kita bisa mengikuti lomba ini. Saya mengirimkan sebanyak 2 foto dengan persyaratan diatas. Saya menggunakan kamera dari smartphone pribadi yang sebenarnya kamera tidak bisa menghasilkan foto yang bersih, pasti ada yang blur. Tetapi dengan sedikit edit warna / tone, blur tersebut tidak terlalu terlihat. Dengan lomba foto ini, saya bisa mengekspresikan atau menunjukkan hasil foto saya yang pastinya sudah diapresiasi oleh akun yang mengadakan acara. Lomba ini juga membuat saya menggunakan waktu luang kita menjadi lebih bermanfaat. Berikut 2 foto yang saya upload beserta linknya:

    

    
                  (gambar 1)                                                              (gambar 2)

1.      https://www.instagram.com/p/CQBxmLOHk3F/?utm_medium=copy_link

2.      https://www.instagram.com/p/CQClJWyHpxh/?utm_medium=copy_link

         Foto yang pertama, saya ambil dengan objek buku, kacamata, pena, dan laptop dengan bunga agar terlihat lebih cantik. sedangkan foto yang kedua, saya mengambil foto di sawah dengan objek pohon cabai. 

 

 

 

Daftar Pustaka

Lomba Fotgrafi | Akademik UNISKA https://akademik.uniska-bjm.ac.id/lomba-fotografi/

Digital Fotografi. Mengenal Angle Dalam Fotografi. http://digitalfotografi.net/mengenal-angle-dalam-fotografi/

 

 

0 komentar:

Posting Komentar