14.6.21

BELAJAR NILAI NILAI AGAMA SEMENJAK DINI

 

BELAJAR NILAI NILAI AGAMA SEMENJAK DINI

TUGAS ESSAY PSIKOLOGI LINGKUNGAN

(BUTIR 4 : PENGABDIAN MASYARAKAT)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

Fa Shintariesa Adanty Naufaline

Mata Kuliah : Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA

Taman Pendidikan Al-Qur'an (disingkat TPA atau TPQ) merupakan lembaga atau kelompok masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan nonformal jenis keagamaan Islam yang bertujuan untuk memberikan pengajaran membaca Al-Qur'an sejak usia dini pada anak usia taman kanak-kanak, sekolah dasar dan atau madrasah ibtidaiyah (SD/MI) atau bahkan yang lebih tinggi. Belajar Al-Qur'an dengan mengunakan strategi pemebelajaran yang tepat untuk menghasilkan pencapain pebelajaran yang maksimal. Karna kemapuan membaca Al-Qur'an merupakan kecakapan yang dimilki oleh seseorang yang diperoleh dari pengalaman. Dengan demikian, kemampuan membaca Al-Qur'an merupakan hasil yang dicapai oleh seseorang setelah melakukan aktifitas dalam jangka waktu tertentu.

Pembelajaran anak di usia dini merupakan pembinaan yang tepat karena pembinaan di usia dini pengaruhnya sangat besar, karena anak kecil mudah memahami serta menirukan apa yang diajarkan. Berbeda dengan anak dewasa yang pembinaannya lumayan memakan waktu yang lama. Namun, dalam pembinaan tersebut membutuhkan dukungan wali murid secara menyeluiruh dalam belajar mengaji agar sesuai dengan apa yang diinginkan, tentunya mampu memahami dan membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar.


Seperti halnya yang dilakukan di TPQ Al-Ikhlas didekat rumah saya yang lokasinya diMushola dan dekat dengan Sekolah Dasar membuatnya mudah dijangkau oleh anak anak waktu pembelajaran di TPQ tersebut menggunakan enam hari dalam seminggu,antara jam di sore hari mulai pukul 14.00 hingga 15.30, dan Jum`at libur. Memang kebanyakan tempat Pendidikan Al-Qur’an setiap hari Jum’at libur dikarenakan hari Jum’at dianggap sebagai hari baik dibandingkan hari lainnya bagi umat muslim. Dengan liburnya aktivitas di hari Jum’at, masyarakat muslim memiliki banyak waktu untuk melakukan shalat Jum’at dan Ibadah lainnya secara total.

Kegiatan setiap hari yaitu pertama berupa pembukaan dengan membaca Bersama surat al fatihah, hafalan surat-surat pendek, dan do’a belajar. Kemudian kegiatan utama, yakni proses belajar baca Qur`an dan terakhir pembelajaran materi tambahan, yang ditutup dengan membaca do’a. Kemudian kegiatan yang dilakukan setiap harinya selain mengaji ada juga pembelajaran lainnya untuk menunjang pembekalan agama mereka yakni setiap sabtu ada kelas Bahasa Arab atau Tajwid diharapkan dengan hal itu bukan hanya lancar Al-Qur’an tetapi juga bisa memahami Bahasa Arab atau Tajwid. Kemudian di hari senin setiap peserta didik diwajibkan untuk membawa peralatan Sholat karena ada kelas pembelajaran tata Sholat yang baik agar peserta didik yang kebanyakan masih TK dan SD bisa ibadah dengan benar. Dan kegiatan rutin yang dilakukan setiap 2 minggu sekali di hari kamis yaitu dengan cinta Mushola, kegiatan ini yaitu dengan membersihkan area mushola mulai dari membersihkan karpet, mencuci mukenah dan peralatan sholat, membersihkan atap plafon, kamar mandi, menyapu dan mengepel, meskipun setiap harinya ada piket bergilir tetapi piket bergilir ini hanya untuk menyiapkan meja, menyapu. Dan untuk kegiatan cinta Mushola di harapkan peseta didik lebih peduli terhadap area Mushola dan untuk mengajarkan nilai nilai agama.

 

0 komentar:

Posting Komentar