5.4.21

Strategi Pengelolaan Sumber Mata Air

Ujian Tengah Semester Psikologi Lingkungan 

Tahun 2020/2021



Risva Subekti (NIM. 19310410063) 

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 

Yogyakarta

Mata air merupakan pemunculan air tanah ke permukaan tanah. Pemanfaatan mata air sangat beragam, namun lain penggunaan untuk keperluan air minum, irigasi, perikanan, untuk obyek wisata. Beruntung di desa Sombomerten Maguwoharjo terdapat sumber mata air yang sangat jernih. Lebih beruntung lagi, di desa ini warganya sangat melek akan kekayaan sumber mata air tersebut. Air merupakan kebutuhan mutlak bagi kehidupan manusia, tidak ada kehidupan yang dapat berlangsung tanpa air. Kebutuhan manusia akan air diperoleh dari berbagai macam sumber, baik yang berupa air hujan, air permukaan maupun ait tanah. Kebutuhan air dari air tanah antara lain dapat diperoleh dari mata air, yang merupakan permunculan air tanah ke permukaan tanah (Todd, 1980).

Di samping itu, mata air di desa ini dikelola menjadi obyek wisata. Pengelolaan yang dilakukan warga desa ini bukan semata-mata sebagai konsumen para pengunjung. Dari pernyataan salah satu warga desa yang merupakan salah satu pengelola tempat obyek wisata tersebut. Tujuan dari di buatnya obyek wisata ini agar orang-orang sadar serta menjadikan contoh cara mengelola air dengan baik, bahwa sumber mata air ini seharusnya kita jaga serta di lestarikan.

Persoalan yang berhubungan dengan pengelolaan sumber mata air adalah keterbatasan teknologi pengelola air. Tulisan ini lebih tertuju pada bagaimana strategi yang baik untuk mengelola sumber mata air. Hal ini penting karena kita sudah diberi Tuhan sumber kekayaan, sekarang tergantung kita cara memanfaatkan. Bisa dibayangkan bagaimana terabaikannya sumber mata air ini jika tidak adanya kesadaran masyarakat dalam mengelola. Idealnya, warga masyarakat sangat memiliki peran untuk mengelola sumber mata air. Dibutuhkan strategi dalam mengelola sumber mata air.

Jadi pertanyaan yang harus dijawab dalam tulisan ini adalah bagaimana strategi yang bisa dilakukan untuk mengelola sumber mata air. Hal ini penting karena dua alasan. Pertama, untuk menjaga keberlangsungan sumber mata air tersebut. Alasanya, tidak di semua daerah terdapat sumber mata air yang jernih maka suatu keberuntungan jika di tempat tersebut terdapat sumber mata air untuk keberlangsungan hidup. Kedua, karena tidak di semua tempat terdapat sumber mata air, maka di tempat tersebutlah bisa menjadi contoh di tempat lain bagaimana cara melestarikan serta mengelola air.

Strategi pengelolaan sumber mata air di dusun Sombomerten Demangan Maguwoharjo

1. Perikanan

Warga masyarakat dusun sombomerten gemar memeliara ikan maka dibuatnya lahan pertanian perikanan sehingga juga dapat menghasilkan uang dari panen ikan. Di dusun ini juga telah mendirikan KPI (Kelompok Peternak Ikan) Mina.

2. Tempat Mandi serta Mencuci Pakaian

Kegiatan ini biasa dilakukan warga masyarakat pada saat sebelum terbentuknya obyek wisata. Hal ini takut mengganggu kegiatan pengunjung.

3. Obyek wisata

Pembukaan obyek wisata belum lama. Ide pembuatan obyek wisata ini di pelopori oleh salah satu warga desa.

Jadi untuk melaksanakan strategi pengelolaan sumber mata air maka diperlukan keterlibatan warga masyarakat serta kesadaran akan berharganya sumber kekayaan yang diberikan Tuhan. Sumber daya air dapat menjadi objek emas jika berada pada tempat yang kekurangan air. Namun, air akan menjadi sangat berharga jika berada pada orang tepat dan bersyukur.

Daftar Pustaka

Todd, D.K., 1980. Ground Water Hydroloy. John Willey and Sons, Inc., New York. 

0 komentar:

Posting Komentar