5.4.21

MENERAPKAN PERILAKU 3R DILINGKUNGAN SEKOLAH SD/SMP/SMA


Tugas Essay Psikologi Lingkungan Genap 

                               2020/2021 

           Inry Riyanty Pieter / 19310410077

   Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi                                45 Yogyakarta 

Dosen Pengampu: Dr.Arundati Shinta, MA.

Sampah merupakan suatu benda yang tidak ternilai atau tidak berharga yang ada di sekitar lingkungan masyarakat. Sampah di Indonesia merupakan masalah yang sangat serius dan juga menjadi masalah social, ekonomi dan budaya.Sampah merupakan musuh bagi lingkungan karena mampu menimbulkan dan mencermari lingkungan. Lingkungan yang tercemar oleh pembuangan sampah akhirnya akan kotor, kumuh, jorok dan bau kemuadian akan menimbulkan penyakit seharusnya pembuangan sama merupakan masalah yang harus di tangani pada awal yang harus di perhatikan secara pokok atau utama agar tidak mengakibatkan masalah yang begitu cukup serius dalam masalah lingkungan. 

Kurangnya kesadaran siswa akan kesehatan dan kebersihan lingkungan tetap saja melakukan hal tersebut. Bahayanya membuang sampah sembarangan dapat menyebabkan berbagai masalah dan berbagai penyakit sampah yang tidak teratur (tidak pada tempatnya) menjadi kebiasaan beberapa siswa  walaupun itu akhirnya menjadi penyebab kerusakan lingkungan dan ketidak nyamanan untuk mereka sendiri. telah di sediakan tempat sampah di masing-masing ruang kelas dan , lingkungan , toilet,kantin dll. Akan tetapi, tetap saja tangan-tangan kotor yang tidak peduli akan kebersihan membuang sampah di sembarang tempat. Ada juga di tempat umum yang tidak peduli dengan kebersihan lingkungan, habis makan buang sembarangan walaupun sampahnya kecil dan tidak jauh tempatnya dengan pembuangan sampah(tong sampah). Akibatnya sifat malas membuang sampah pada tempatnya menimbulkan pencemaran lingkungan.

Agar siswa menghindari kejadian tersebut sekolah harusnya melakukan kegiatan sosialisasi kebersihan lingkungan.dan suatu cara mempelajaran akan membuat siswa dapat aktif mengembangkan potensi suatu cara pembelajaran yang mampu mengaktifkan siswa dalam kegiatan pembelajaran yaitu melalui kegiatan 3R. kegiatan 3R atau Reuse, Reduce, dan Recycle merupakan cara yang baik dalam menangani sampah. Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat di gunakan . Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah. Recycle berarti mendaur ulang sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.

Ada beberapa cara agar siswa melakukan kegiatan 3R di sekolah yaitu contoh :

reuse ( pemakaian kembali ) : menggunakan sapu tangan dari pada menggunakan tissu, menggunakan tas belanja dari kain dari pada menggunakan kantong plastik. Menggunakan alat-alat penyimpan elektronik yang dapat dihapus dan ditulis kembali.Menggunakan sisi kertas yang masih kosong untuk menulis.

Reduce ( mereduksi ) : membawa tas belanja sendiri untuk mengurangi sampah kantong plastik.

Recycle ( daur ulang ) : Mengolah sampah kertas menjadi kertas atau karton kembali.                     melakukan pengolahan sampah organik menjadi kompos.

melalui kegiatan bertema 3R ini, anak-anak bisa mengetahui pola hidup yang bijak untuk masa depan lingkungan. Melalui kegiatan yang menyenangkan, pesan ramah lingkungan mudah diterima oleh anak-anak.

Kesadaran pendidikan karakter di sekolah bisa di terapkan oleh orang tua keluarga , masyarakat, media massa.agar bangsa kita menjadi bangsa yang bersih dan sehat. 


Referensi : Jurnal Pemukiman, Vol 6 (1), p. 40-46.2011. Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Dengan Cara 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Di Lingkungan Permukiman Ditinjau Dari Segi Sosial Ekonomi Masyarakat. Jurnal Permukiman, Vol 6 (2), p. 75-83. http://sdtunasharapanmuntok.sch.id/read/23/pengelolaan-sampah-yang-ramah-lingkungan-di-sekolah-adiwiyata

0 komentar:

Posting Komentar