6.4.21

PERAN AIR DALAM BUDIDAYA IKAN

 

PERAN AIR DALAM BUDIDAYA IKAN DI TAMBAK


Oleh

Ella sapulette 163104201128

UTS Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M. A


Air adalah sumber daya alam yang sangat penting untuk kelangsungan hidup semua makhluk hidup. Air juga sangat diperlukan untuk kegiatan industri, perikanan, pertanian dan usaha-usaha lainnya. Dalam penggunaan air sering terjadi kurang hati-hati dalam pemakaian dan pemanfaatannya sehingga diperlukan upaya untuk menjaga keseimbangan antara ketersediaan dan kebutuhan air melalui pengembangan, pelestarian, perbaikan dan perlindungan.

 

Irigasi adalah menyalurkan air yang perlu untuk pertumbuhan tanaman ke tanah yang diolah dan mendistribusinya secara sistematis (Sosrodarsono dan Takeda, 2003). Irigasi adalah usaha penyediaan, pengaturan dan pembuangan air irigasi untuk menunjang pertanian yang jenisnya meliputi irigasi permukaan, irigasi rawa, irigasi air bawah tanah, irigasi pompa, dan irigasi tambak (PP No. 20 tahun 2006 tentang Irigasi)

 

Kebutuhan air untuk tambak seperti tambak ikan dipengaruhi oleh kedalaman air dalam petak, luas area tambak dan pergantian air tiap hari yang mampu dilakukan dengan siklus pasang surut harian. Untuk area tambak yang terletak dibagian muara , cukup diterapkan prinsip pasang dan surut untuk proses masuk dan keluarnya air ke dalam tambak . sedangkan untuk area di hulu, dalam kondisi tertentu diperlukan pompa air yang memadai untuk proses pemasukan dan pengeluaran air sesuai dengan zonasi area tambak. 

Kebutuhan air untuk tambak ditentukan oleh faktor-faktor berikut :

a.    Penyiapan lahan

b.    Curah hujan

c.    Saluran keluar masuk air

d.    Suhu

e.    Salinitas

f.     Warna air

g.    pH

h.    bahan organik dan nutrien terlarut ( NH3, NO2, NO3, PO4)

daftar pustaka

Sosrodarsono, Suyono dan Takeda, Kensaku. 2003. Hidrologi untuk Pengairan. Pradna Paramita, Jakarta.


0 komentar:

Posting Komentar