6.4.21

SAMPAH YANG BERMANFAAT

 

Sampah yang Bermanfaat

 

                                       TUGAS ESSAY PSIKOLOGI LINGKUNGAN

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Dosen: Dr. Arundati Shinta, MA

Penulis: Muhammad Rasyid Ridha(19310420088)

              Sampah adalah sisa kegiatan seharihari manusia dan/atau dari proses alam yang berbentuk padat (Suyoto, 2008). Laju produksi sampah terus meningkat, tidak saja sejajar dengan laju pertumbuhan penduduk tetapi juga sejalan dengan meningkatnya pola konsumsi masyarakat. Di sisi lain kapasitas penanganan sampah yang dilakukan masyarakat maupun pemerintah daerah belum optimal. Sampah yang tidak dikelola dengan baik akan berpengaruh terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat sekitarnya
Sampah bagi sebagian masyrakat di indonesia adalah kotoran yang menjijikan, sehingga masyarakat di indonesia berfikir sampah sudah barang yang tidak layak untuk di daur ulang kembali dan memang harus di tempatkan di tempat sampah dan harus di buang, padhal banyak sampah-sampah yang ada di sekitar kita itu justru bisa menjadi kerajinan tangan atau beberapa sampah yang bisa di daur ulang kembali dan menjadi hiasan untuk kita pakai untuk sehari-hari.
lantas apasaja sampah yang bermanfaat yang bisa di buat kerajinan tangan dan bisa di daur ulang?



Jenis-jenis sampah berdasarkan sifatnya terbagi menjadi tiga yakni sampah organik atau degradable, sampah anorganik atau undegradable dan sampah beracun atau B3.

·         Organik (Degradable) ...

·         Anorganik (Undegradable) ...

·         Beracun (B3)


        Sampah organik ( Degradable)
merupakan jenis sampah mudah membusuk misal sisa makanan, sayuran, daun kering dan lainnya. Kelebihan dari sampah ini dapat diolah sehingga dapat digunakan sebagai pupuk kompos.

         Anorganik (Undegradable) Selanjutnya adalah jenis sampah anorganik yang merupakan sampah tidak mudah membusuk, antara lain seperti plastik wadah, kertas, botol, gelas minuman, kayu, pembungkus makanan, dan masih banyak lagi. Sampah ini dapat Anda jadikan sampah komersial atau sampah yang pada nantinya laku dijual guna dijadikan produk lain. Dengan sampah ini Anda juga dapat membuat suatu kerajinan tangan seperti tas yang menarik.

          Beracun (B3) Berikutnya adalah sampah B3 atau beracun, biasanya sampah ini berasal dari limbah rumah sakit, limbah pabrik atau lainnya. Menurut Undang-Undang Republik Indonesia No. 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, yang termasuk sampah B3 ialah sampah yang mengandung bahan berbahaya dan beracun. Sampah B3 ini memiliki ciri lain yakni sampah yang belum dapat diolah dengan cara teknologi dan timbul secara periodik.

Sampah yang bisa di daur ulang



Kebanyakan sampah yang bisa di daur ulang yaitu sampah-sampah yang kategori anorganik, karena sampah yang masuk kedalam kategori ini tidak mudah membusuk seperti botol, plastik, gelas minuman, pembungkus makanan dan masih banyak lagi.

Hasil daur ulang sampah yang bermanfaat

1.    1.   Sebagai pupuk organik untuk tanaman. Limbah dari sampah organik dapat dijadikan sebagai pupuk penyubur tanaman dengan memproses sampah menjadi kompos.

2.     2.  Sumber humus. Sampah organik yang sudah membusuk bisa menjadi humus yang dibutuhkan untuk menjaga kesuburan tanah.

3.    3.   Sampah dapat didaur ulang. Limbah sampah dari plastik dan kertas dapat didaur ulang menjadi berbagai barang uang bermanfaat seperti menjadi produk kerajinan yang bagus.

4.     4.  Dijadikan bahan bakar, pembusukan sampah dapat menghasilkan gas yang bernama metana.

5.     5.  Menjadi sumber listrik. Secara tidak langsung sampah bisa dijadikan sebagai sumber listrik, dengan cara merubah sampah agar menjadi gas metana.

 


Daftar Pustaka

 

Novi Marliani; PEMANFAATAN LIMBAH RUMAH TANGGA (SAMPAH ANORGANIK) SEBAGAI BENTUK IMPLEMENTASI DARI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP.       Jurnal Formatif 4(2): 124-132, 2014 ISSN: 2088-351X

0 komentar:

Posting Komentar