6.4.21

PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA GUNA MEMINIMALISIR SAMPAH PLASTIK

 


Electra Alnurin (19310410004)
Tugas Essay 1 Psikologi Lingkungan Tahun 2020/2021
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M.A

Sering kita dapati masalah yang sering muncul akibat sampah plastik juga mengakibatkan banyak masalah lingkungan. Karena itu, sebisa mungkin pengelolaan sampah plastik di rumah tangga perlu dilakukan secara bijak. Sampah akan menumpuk terus menerus apabila tidak dikelola dengan baik. Apalagi sampah yang menumpuk lama kelamaan akan menjadi padat dan berserakan, sehingga dapat mengganggu suasana. Lingkungan menjadi kumuh dan kotor. Sampah menjadi penyebab banjir apabila musim hujan tiba dan sampah akan mudah terbakar di saat musim kemarau yang menyebabkan pencemaran lingkungan dan mengganggu pemukiman.

Setiap saat masyarakat menghasilkan sampah baik organik, anorganik maupun bahan beracun atau berbahaya, tetapi tidak banyak yang menyadarinya. Salah satu sumber sampah yaitu berasal dari pemukiman warga masyarakat atau yang biasa disebut sampah rumah tangga. Sampah yang tidak dikelola dengan baik akan mencemari lingkungan dan sebagai sumber penyakit yang pada akhirnya akan menghambat laju gerak ekonomi masyarakat. Memilah sampah merupakan sebagian kecil dari serangkaian kegiatan dari Bank Sampah. Mengolah sampah dengan konsep 3R yaitu reuse (menggunakan kembali), reduce (mengurangi), recycle (mendur ulang). Merupakan cara untuk mengolah sampah dari hulu dalam artian sampah rumah tangga.

Dari 3R bisa dibuat sebuah produk kerajinan misalkan dari plastic atau koran bekas sehingga dapat memberikan manfaat secara ekonomi bagi masyarakat dan aman bagi lingkungan. Banyak kita jumpai kerajinan tangan yang dibuat berasal dari hasil pemilahan sampah. Mengolah sampah dengan memilah mana yang masih bisa di pakai dan di daur ulang dan jumlahnya cukup banyak, misalkan sampah plastik dibuat tas, untuk bahan dasar koran dapat dibuat keranjang. Dan tentu saja barang-barang kerajinan tangan yang sudah jadi dapat dijual, dengan harapan dapat meningkatkan taraf ekonomi keluarga.

 

 

 

Referensi :

Agus, RN. (2019). 3R: Suatu Alternatif Pengolahan Sampah Rumah Tangga. Serang: UNSERA

Marleni, Y., Mersyah, R., & Brata, B. (2012). Strategi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Kelurahan Kota Medan Kecamatan Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan.

0 komentar:

Posting Komentar