3.4.21

Pentingnya Beradaptasi Di Lingkungan Baru

 

Putri Sartika / 19310410001

Dosen pengampu: Dr. Arundati Shinta, M. A

Essay Ujian Tengah Semester 4 Psikologi Lingkungan

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

  


Kemampuan Beradaptasi biasa dikenal sebagai kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Dengan memiliki kemampuan beradaptasi yang baik akan sangat berpengaruh pada kelangsungan pendidikaan atau karier seseorang, yang dimaksud kemampuan beradaptasi sendiri adalah suatu keterampilan yang mengacu pada kemampuan seseorang untuk mengubah perilakunya biar sesuai dengan situasi baru.

Saat ini ada beberapa individu yang sering berpindah-pindah tempat sekolah, universitas, kerja dengan alasan tertentu semisalnya, pindah tugas, atasan yang tidak bisa diajak berkomunikasi dengan baik, rekan kerja yang tidak menyenangkan, atau tekanan kerja yang terlalu berat. Sebenarnya, semua masalah tersebut adalah sama, yaitu kurang bisa beradaptasi di lingkungan tempat sekolah, kuliah, dan kerja yang baru.

Kemampuan beradaptasi tidak hanya tentang mengubah sesuatu atau menyesuaikan diri dengan situasi yang baru. Kemampuan beradaptasi mencakup semua kemampuan yang dibutuhkan untuk melakukan perubahan baik dalam tindakan maupun ucapan secara halus, tepat, dan konsisten.

Ketika menjalani keseharian, kita memang seringkali lupa untuk mengenali hal yang satu ini. Apalagi untuk mengaplikasikannya. Dalam proses beradaptasi sebaiknya kita perlu tahu beberapa alasan kenapa seseorang harus bisa menyesuaikan diri di setiap keadaan. Berikut lima di antaranya :

1.    Setiap individu yang kita temui selalu memiliki watak, karakter, sikap dan temperamen yang berbeda-beda.

2.    Gak semua situasi dan kondisi akan selalu memberimu rasa nyaman

3.    Kamu dapat terhindar dari hal-hal yang mungkin dapat kamu sesali setelahnya

4.    Kehadiranmu mudah diterima oleh orang lain

5.    Membantumu untuk survive di segala keadaan

Refernsi :

https://www.idntimes.com/life/inspiration/daysdesy/kemampuan-beradaptasi-adalah-bakat-penting-untuk-dimiliki-c1c2/5

https://www.kompasiana.com/asihlestariani/55005b508133111918fa7607/pentingnya-beradaptasi

 

 

 


0 komentar:

Posting Komentar