3.4.21

SADAR LINGKUNGAN DENGAN 3R

 SADAR LINGKUNGAN DENGAN 3R


TUGAS ESSAY PSIKOLOGI LINGKUNGAN

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, MA

Oleh : ANDRI WIJAYANTO  (19310410023)

 Saat ini, pemerintah sangat gencar menyosialisasikan beberapa program untuk melindungi lingkungan. Salah satunya adalah program yang dikenal dengan sebutan 3R, yaitu Reduce, Reuse, dan Recycle. Ini dipercaya sebagai salah satu solusi mengurangi kerusakan lingkungan hidup yang bisa dilakukan dalam kegiatan sehari-hari. 
  Reduce adalah mengurangi penggunaan bahan-bahan yang bisa merusak lingkungan. Reuse berarti pemakaian kembali barang-barang yang masih layak digunakan, sedangkan recycle berarti mendaur ulang barang-barang. Reduce bisa dimulai dengan mengurangi belanja barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Reuse dengan menyumbangkan barang-barang yang masih layak digunakan tapi sudah tidak dipakai lagi, sedangkan recycle dengan mengolah sampah menjadi barang-barang yang bisa digunakan kembali

  Contoh aksi reduce adalah adalah membawa tas belanja yang awet atau bisa berulang kali pakai daripada kresek yang biasanya hanya sekali pakai. Bisa juga dengan tidak menggunakan sedotan plastik saat minum, dan menggunakan wadah makan/minum yang berulang kali pakai

  Tantangannya adalah melibatkan jutaan dan miliaran penduduk Bumi ini agar menerapkan aksi reduce sampah. Sebab, kebanyakan manusia lebih suka menerapkan gaya hidup serba instan yang biasanya identik dengan produk berkemasan non organik sekali pakai. 

  Penggunaan plastik sebaiknya dikurangi dengan cara:

Membawa selalu tas atau kantung kain dari rumah saat berbelanja; Menghindari pembelian produk kebutuhan sehari-hari dalam kemasan plastik kecil-kecil (sachet)
Alangkah bijaksana jika mulai sekarang dan mulai dari diri sendiri kita melakukan gerakan 3R (reduse, reuse, recycle). Jangan tunda dan tidak perlu menanti orang lain atau pemerintah. Mari kita mulai menuju hidup modern dengan Gaya Hidup Green Life.




.

0 komentar:

Posting Komentar