3.4.21

PROBLEM FOCUSED COPING SEBAGAI STRATEGI MENGATASI STRESS PADA MAHASISWA AKIBAT TUGAS KULIAH

 

PROBLEM FOCUSED COPING SEBAGAI STRATEGI MENGATASI STRESS PADA MAHASISWA AKIBAT TUGAS KULIAH

TUGAS ESSAY PSIKOLOGI LINGKUNGAN

 

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


 

TRIAS SABILA RAHMAH / 19310410036

MATA KULIAH : PSIKOLOGI LINGKUNGAN

DOSEN : DR. ARUNDATI SHINTA, MA

 

Mahasiswa merupakan seseorang yang sedang dalam proses belajar atau menuntut ilmu dan terdaftar dalam perguruan tinggi. Menurut Siswoyo (dalam Zelika dkk, 2007) mahasiswa dapat didefinisikan sebagai individu yang sedang menuntut ilmu ditingkat perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta atau lembaga lain yang setingkat dengan perguruan tinggi. Mahasiswa dinilai memiliki tingkat intelektualitas yang tinggi, kecerdasan dalam berpikir dan kerencanaan dalam bertindak. Berpikir kritis dan bertindak dengan cepat dan tepat merupakan sifat yang cenderung melekat pada diri setiap mahasiswa, yang merupakan prinsip yang saling melengkapi.

Salah satu problem atau permasalahan yang dialami oleh mahasiswa dalam dunia perkuliahan adalah stress. Stres adalah hubungan antara individu dengan lingkungan yang dinilai oleh individu sebagai tuntutan atau membebani sumber dayanya dan membahayakan kesejahteraannya yang dapat memunculkan respon fisiologis dan psikologis. Intinya, stress merupakan suatu keadaan tertekan yang dialami oleh individu, penyebab stres yang dialami oleh individu juga berbeda-beda. Salah satu penyebab stress di kalangan mahasiswa adalah karena tuntutan tugas kuliah.

Lazarus  dan  Folkman  (dalam Maryam, 2017) mengatakan  bahwa keadaan  stres yang  dialami seseorang akan menimbulkan efek  yang kurang menguntungkan  baik  secara  fisiologis  maupun psikologis. Individu tidak akan membiarkan efek negatif ini terus terjadi, ia akan melakukan suatu tindakan  untuk  mengatasinya.

Coping behavior merupakan semua bentuk perilaku dan pikiran baik negatif maupun positif sebagai usaha untuk mengurangi atau menetralisir kondisi yang membebani individu supaya tidak menimbulkan stress. Maryam (2017) mengatakan strategi  coping ini dapat  dipengaruhi  oleh  latar belakang  budaya,  pengalaman  dalam menghadapi  masalah,  faktor  lingkungan, kepribadian, konsep diri,  faktor sosial serta hal lainnya yang  sangat  berpengaruh  pada  kemampuan individu dalam menyelesaikan masalah.

                Problem focused coping merupakan salah satu strategi coping yang dapat diterapkan oleh mahasiswa dalam mengatasi stress akibat tugas kuliah. Problem focused coping atau strategi coping berfokus pada masalah adalah suatu tindakan yang diarahkan kepada pemecahan masalah. Individu akan cenderung menggunakan perilaku ini bila dirinya menilai masalah yang dihadapinya masih dapat dikontrol dan dapat diselesaikan. Perilaku coping yang berpusat pada masalah cenderung dilakukan jika individu merasa bahwa sesuatu yang kontruktif dapat dilakukan terhadap situasi tersebut atau ia yakin bahwa sumberdaya yang dimiliki dapat mengubah situasi (Maryam, 2017).

                Penerapan strategi problem focused coping ini adalah dengan melakukan usaha-usaha tertentu yang bertujuan untuk mengubah keadaan, diikuti pendekatan analitis dalam menyelesaikan masalah. Contohnya, mahasiswa yang melakukan strategi ini akan bekerja dengan penuh konsentrasi dan perencanaan yang cukup baik serta mau merubah gaya hidupnya agar masalah atau tugas yang dihadapi secara berlahan-lahan dapat terselesaikan. Dengan memfokuskan diri pada permasalahan dan berkonsentrasi penuh untuk menyelesaikan tugas, maka stress karena tugas akan dapat teratasi dengan baik.

 

Daftar Pustaka :

Maryam, S. (2017). Strategi Coping : Teori Dan Sumberdayanya. Jurnal Konseling Andi Mantappa Volume 1, Nomor 2.

Zelika, Aprilia dkk. (2017). PERSEPSI TENTANG PERAYAAN PENGUCAPAN SYUKUR MINAHASA (STUDI KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA PADA MAHASISWA LUAR SULAWESI UTARA DI FISPOL UNSRAT). E-Journal "Acta Diurna" Volume VI. No. 1

0 komentar:

Posting Komentar