8.4.21

Pengaruh Sosisal Media Terhadap Perilaku Remaja



PERAN SOSIAL MEDIA DALAM PERILAKU  HIDUP REMAJA




OLEH : Jhuan Riswanda Anasay 

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M.A 

Tugas psikologi sosial Fakultas Psikologi UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 




        Sosial media merupakan salah satu fenomena yang muncul seiring berkembangnya teknologi dan inovasi di internet. Selain sebagai media baru dalam berinteraksi dan bersosialisasi,Masa remaja merupakan masa yang menunjukan dengan jelas sifat transisi atau peralihan, karena masa remaja belum memperoleh status dewasa dan tidak lagi memiliki status anak-anak. Masaremaja merupakan masa transisi sebab pada saat itu seseorang telah meninggalkan masa kanak-kanak namun ia juga belum memasuki masa dewasa.



            Disamping masa transisi remaja juga memiliki perubaham yang mencakup kematangan mental, emosional, sosial dan fisik. Kalangan remaja yang menjadi hiperaktif di sosial media ini juga sering memposting kegiatan sehari-hari mereka yang seakan menggambarkan gaya hidup mereka yang mencoba mengikuti perkembangan zaman. Namun apa yang mereka posting di sosial media tidak selalu menggambarkan keadaan sosial life mereka yang sebenarnya.


Dari banyaknya sosial media, ada remaja yang hanya sekedar menggunakan tapi tidak terpengaruh untuk mengikutinya dan dipraktikkan di kehidupannya dari apa yang dilihat dari sosial media dan ada juga remaja yang memang gemar mengikuti apa saja yang di lihat dari sosial media dan mempraktikkan dalam kehidupannya hanya untuk dianggap mengikuti trend yang sedang hangat di sosial media. Remaja inilah yang paling rawan melakukan berbagai pelanggaran, karena mereka mudah terpengaruh dan ingin mencari sensasi pergaulan agar dapat disebut sebagai remaja gaul.


Bagi yang memiliki ilmu pengetahuan sosial media dianggap sebagai sarana untuk mendapatkan ilmu pengetahuan tetapi bagi para remaja sosial media malah digunakan untuk hal – hal yang tidak berguna seperti nonton melalui You Tube, dan main Game online yang mana bisa merugikan waktu mereka, sosial mediaini juga bisa menjauhkan seseorang dari orangtua dan bisa menimbulkan sifat malas, mencuri, membunuh, mengapa bisa demikian ? karena mereka telah belajar melalui sosial media dengan tidak benar.


Dari permasalahan diatas  dapat disimpulkan bahwa sosial media memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap berbagai aspek kehidupan manusia baik secara individual maupun sosial terlebih khusus bagi remaja yang sedang mengalami pertumbuhan baik secara fisik maupun psikis.



DAFTAR PUSTAKA:

 Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial : Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.


Nurul Zuriah, Metode Pendidikan Sosial Dan Pendidikan Teori-Aplikasi, (Jakarta: Bumi Aksara, 2009)





0 komentar:

Posting Komentar